Lea Michele

Lea Michele Sarfati atau yang lebih dikenal dengan nama Lea Michele adalah seorang aktris sekaligus penyanyi berkebangsaan Amerika. Ia lahir di The Bronx, New York, Amerika Serikat, pada tanggal 29 Agustus 1986 dan merupakan putri pasangan Edith Sarfati dan Marc Sarfati. Michele kecil tumbuh besar di Tenafly, New Jersey dimana ia sempat menempuh pendidikan sanggar seni Stagedoor Manor, di Catskills. Setelah itu, ia pun diterima dalam program bernama CAP21 di Tisch School of Arts di New York University.

KARIR
Pada usia delapan tahun, Michele menghadiri sebuah acara musikal bersama temannya. Tiba-tiba saja ia ingin mencoba untuk ikut bergabung dan akhirnya pada tahun 1995 ia pun mendapatkan tawaran untuk ikut bermain sebagai pemeran pengganti Young Cossete dalam sebuah produksi berjudul LES MISERABLES.

Karirnya mulai berlanjut dan ia pun berperan dalam RAGTIME sebagai Little Girl pada tahun 1998. Pada tahun 2004, ia juga bermain di sebuah acara musikal berujudul FIDDLER ON THE ROOF sebagai Shprintze dan Chava. Selanjutnya, saat ia berusia 20 tahun, dia berperan sebagai tokoh Wendla dalam versi musikal SPRING AWAKENING yang berjudul Steven Sater and Duncan Sheik.

Tak lama kemudian, dia juga berperan sebagai Eponin dalam pembuatan ulang LES MISERABLE. Michele kemudian memilih untuk tetap bermain dalam SPRING AWAKENING yang diputar pada Desember 2006. Atas perannya dalam serial drama musikal ini pun, ia dinominasikan dalam Drama Desk Award sebagai Outstanding Actress in a Musical.

Pada tangggal 18 Mei 2008, Michele meninggalkan SPRING AND AWAKENING bersama rekan aktingnya, Johnathan Groff. Kemudian dia tampil dalam acara musikal karya Sheikand Sater yang berjudul NEROpada Juli 2008 di Vassar College. Pada tanggal 8-10 Agustus 2008, Michele kembali memerankan Eponine dalam LES MISERABLE di konser Hollywood Bowl.

Selanjutnya, ia bermain dalam sebuah serial drama musikal televisi berjudul GLEE sebagai Rachel Berry yang merupakan penyanyi dalam sebuah klub SMA bernama Glee. Acara ini mulai ditayangkan pada 19 Mei 2009. Dia pun memenangkan penghargaan dari Screen Actors Guild Award dengan predikat Outstanding Ensemble Performance dan pengahargaan dari Satellite Award 2009 sebagai aktris terbaik.

Lewat perannya dalam GLEE, ia juga meraih penghargaan Emmy Award, Golden Globe Award, dan Teen Choice Award. Lagunya yang berjudul Gives You Hell dari album The All-American Rejects mampu menempati peringkat pertama di tangga lagu di Irlandia dan masuk dalam Us Billboars 200 Top 40.

Pada tahun 2010, ia masuk dalam 100 Most Influential People In the World versi majalah Time. Tak hanya itu, FHM juga menempatkan dia di posisi ke-7 dalam 2010 Sexiest Women List. Pada Mei 2010, AfterEllen.com menempatkan dia di posisi ke-16 dalam Hot 100 of 2010. Selanjutnya, di bulan yang sama, Michele juga dinobatkan sebagai pemilik senyum terseksi dalam Victoria s Secret Sexy List 2010.

Di tahun itu juga, ia mengikuti casting unttuk film animasi berjudul DOROTHY OF OZ sebagai pengisi suara tokoh Dorothy Gale. Tak hanya itu, ia juga mengikuti casting untuk fillm komedi romantic berjudul NEW YEAR S EVE karya Garry Marshal.

Michele juga berpartisipasi aktif dalam kegiatan sosial untuk membela hak kaum gay, hak binatang, dan juga kegiatan social lainnya. Pada Oktober 2010, ia tampil dalam sebuah konser amal untuk Painted Turtle, sebuah organisasi untuk anak-anak penyandang sakit. Konser tersebut merupakan perayaan ulang tahun ke-35 The Rocky Horror Picture. Di sini dia berperan sebagai Janet Weiss.

Pada bulan april 2010, ia tampil dalam PSA untuk PETA. Pada tahun 2008, ia merupakan bagian dari iklan kampanye PETA Buck Cruelty! Say No to Horse-Drawn Carriage Rides. Sebagai dukungan terhadap hak kaum gay, Michele tampil di Human Rights Campaign Dinner pada November 2009.

Di tahun yang sama, ia tampil bersama Jonathan Groff dalam True Colors Cabaret, sebuah acara sosial untuk mendukung parsamaan hak untuk kaum gay, lesbian, bisexual, dan transgender. Selain itu, Michele juga aktif dalam Broadway Cares/Equity Fights AIDS.

FILMOGRAFI
Film dan Televisi
1998 BUSTER AND CHANUCEY S SILENT NIGHT
2000 THIRD WATCH
2009 AROUND THE BLOCK
2009-SEKARANG GLEE
2010 THE SIMPSONS
2011 NEW YEAR S EVE
2012 DOROTHY OF OZ

PENGHARGAAN
2007 Broadway.com Audience Award (Favorite Leading Actress in a Broadway Musical)
2008 Grammy Award for Best Musical Show Album (Original Broadway Cast, including Lea Michele)
2009 New York Television Festival Award (Best Nonscripted Host or Star)
2010 Screen Actors Guild Award (Outstanding Performance by an Ensemble in Comedy Series)

Oleh: Lusiana Distika Sari
Lebih Lengkap