Lupita Nyong O

Wanita bernama lengkap Lupita Amondi Nyong'o ini tak hanya dikenal sebagai aktris, namun juga seorang sutradara video musik berdarah Kenya dan Meksiko. Lahir di Mexico City pada 1 Maret 1983, dia dibesarkan di antara anggota suku Luo, dan menjadi anak kedua dari enam anak yang lahir dari pasangan Dorothy dan Peter Anyang Nyong O. Lupita lahir saat sang ayah, yang dulunya menjabat sebagai Menteri Layanan Kesehatan Kenya, sedang mengenyam pendidikan di Meksiko. Dan saat usia Lupita kurang dari setahun, keluarga Nyong O kembali tinggal di negara asalnya, Kenya.

Ayah Lupita sendiri memang memiliki kapasitas yang luar biasa di dunia politik dan pendidikan. Selain pernah ditunjuk sebagai profesor Universitas Nairobi, dia juga sempat dipilih untuk mewakili Kisumu County di Senat Kenya. Sementara itu, ibu Lupita juga aktif dalam berbagai wadah masyarakat seperti Afrika Cancer Foundation. Selain itu, masih banyak anggota keluarga dan kerabatnya yang juga memiliki nama besar di Kenya.

Lupita sendiri ternyata juga bukan orang sembarangan. Wanita dari golongan middle class ini mahir bicara bahasa Luo, Inggris, Swahili dan Spanyol. Pendidikan tinggi yang sempat ditempuhnya telah membuatnya menjadi salah satu sosok yang sangat dianut dan dikagumi di negaranya.

 

KARIR

Awalnya, dia memang lebih dikenal sebagai seorang sutradara video musik. Namun pada akhirnya dia pun mulai melirik dunia akting dan memulai akting di film EAST RIVER pada tahun 2008. Siapa sangka kalau darah seninya ternyata begitu kuat sehingga penampilan aktingnya pun membuat banyak orang terkesan. Dia sempat muncul di acara televisi yang berjudul SHUGA pada tahun 2009.

Dia pun kembali dipercaya membintangi film 12 YEARS A SLAVE (2013) yang akhirnya membawa Lupita pada kejayaan. Puncaknya, dia berhasil meraih penghargaan Best Actress in Supporting Role atas perannya dalam film yang dibesut oleh Steven McQueen itu. Dan setelahnya, dia dikontrak memerankan tokoh Gwen Lloyd dalam film NON-STOP (2014). Dan sepertinya karir Lupita masih akan terus bersinar dalam beberapa waktu ke depan.

 

FILMOGRAFI

2008 EAST RIVER

2013 12 YEARS A SLAVE

2014 NON-STOP

 

TELEVISI

2009 SHUGA

Lebih Lengkap