Matt Bellamy


Matthew James Bellamy adalah seorang musisi dan komposer Inggris yang lahir di Cambridge, 9 Juni 1978. Matthew dikenal oleh publik di seluruh dunia sebagai vokalis, gitaris, pianis, dan penulis lagu utama pada band rock alternative fenomenal Muse.

Bakat bermusik yang luar biasa tidak bisa dipisahkan dengan sang ayah, George, yang adalah gitaris band 60an The Tornados. The Tornados adalah band Inggris pertama yang berhasil menduduki peringkat pertama di Amerika Serikat. Beberapa lagu dari band ayahnya ini juga sering dikutip dan digunakan dalam album keempat Muse, Black Holes and Revelation, seperti Telstar dan Knights or Cydonia. Ayahnya dan Marilyn, ibunya, pindah ke Cambrige dan lahirlah kakak laki-laki Matthew, Paul, juga dirinya.

Pada pertengahan 1980, keluarga ini pindah ke Teignmouth, Devon. Namun setelah perceraian orang tuanya, Matthew tinggal bersama neneknya, yang memaksanya untuk belajar gitar di usia 14 tahun. Setelah dewasa dan memiliki banyak pengalaman hidup maupun bermusik, Matthew sangat tertarik dengan ide Georgisme. Hal ini banyak mempengaruhi lagu-lagu yang diciptakannya yang banyak berbicara mengenai pandangan revolusioner dan korupsi politik. Salah satu buku yang diakuinya paling berpengaruh adalah Confessions of an Economic Hitman oleh John Perkins. Matthew jadi memiliki pandangan bahwa seorang pelobi adalah orang yang mampu mempengaruhi politikus dan sistem politik, tentunya.

Terkait kehidupan pribadi, Matthew pernah bertunangan dengan seorang psikolog berkewarganegaraan Italia. Mereka sebenarnya akan menikah di tahun 2009, namun pernikahan ini dibatalkan. Sekarang, dirinya sedang menjalin asmara dengan aktris cantik, Kate Hudson. Hubungan mereka sudah berlangsung sejak musim semi tahun 2010.

KARIR

Matthew Bellamy yang terkenal dengan suara tinggi dan falsetto ini rupanya memiliki perjalanan yang cukup panjang di dunia musik. Bersama Muse, band yang membesarkan namanya, Matthew sudah memulai karirnya sejak 1994. Namun, pada saat itu band ini masih bernama Rocket Baby Dolls. Dengan nama ini, mereka berhasil memenangkan 'Battle of the Bands' di sekolah, yang menginspirasi mereka untuk lebih serius, dan memutuskan mengubah nama mereka menjadi sesuatu yang lebih 'profesional'. Maka lahirlah Muse.

Band ini pernah dan masih digawangi oleh tiga personil setia yang sama, dirinya, Christopher Wolstenholme, dan Dominic Howard. Matthew sendiri sebenarnya pernah membentuk band dengan Dominic, yang bernama Gothic Plague, namun karena 2 orang personil lainnya kabur, maka mereka mengajal Christopher untuk bergabung.

Pada tahun-tahun pertama band ini benar-benar harus berusaha keras, namun karena kerja keras mereka, akhirnya mereka berhasil menikmati ketenaran dan kesuksesan di seluruh dunia. Muse sendiri telah menghasilkan 5 album studio, Showbiz (1999), Origin of Symmetry (2001), Absolution (2003), Black Holes and Revelations (2006) dan The Resistance (2009). Satu album live juga sempat dirilis, HAARP (2008). Sedangkan Bellamy sendiri pernah tampil sebagai pemain gitar dalam Guitar Hero 5, dengan membawakan lagu Plug in Baby, dari Origin of Symmetry.
Lebih Lengkap