Melanie Chisholm

Melanie Chisholm adalah seorang penyanyi, penulis lagu dan juga aktris berkebangsaan Inggris. Mel dilahirkan pada 12 Januari 1974 di Merseyside. Ia bersekolah di Fairfield High School dimana ia belajar menyanyi dan menari. Setelah lulus dari sekolah menengah pada usia 15 tahun, ia melanjutkan studi diploma untuk jurusan tari, nyanyi, drama, dan teater musical do Doreen Bird College of Performing Arts di Kent.

Selam duduk di bangku kuliah, Mel mengikuti iklan The Stages yang diadakan Chris dan Bob Herbert yang sedang mencari anggota untuk membentuk grup vocal wanita yang kemudian dikenal dengan Spice Girls. Chisholm menamatkan tiga tahun kuliahnya dan mendapatkan kualifikasi mengajar tari tap dan modern teater. Pada tahun 1994, Mel bergabung dengan Spice Girls yang kemudian menjadi awal mula karirnya di dunia entertaimen.

Chisholm pernah dikabarkan berhubungan dekat dengan bintang sepakbola Jason McArter dan beberapa penyanyi seperti Robbi Williams, Damon Albarn dan Anthony Kiedis. Saat ini Chisholm sedang menjalin hubungan dengan kontraktor, Thomas Starr sejak tahun 2002. Pada 22 Februari 2009, Chisholm Melahirkan seorang bayi perempuan yang diberin nama Scarlett Starr. Chisholm mengalami depresi klinis dan masalah makan.

Penyanyi beraliran pop ini terkenal dengan tato-tato ditubuhnya. Total ada sebelas tato ditubuh penggemar tim sepak bola Liverpool ini. Kebanyakan dari tato-tato tersebut berasal dari Timur, diantaranya ada bunga lotus, phoenix, naga dan simbol dari Tibet untuk cinta dan kebahagiaan.

Chisholm merupakan penggemar fanatik tim sepak bola Liverpool dan berawal dari sana ia menamai perusahaan rekamannya sendiri sebagai Red Girls Records.

KARIR
Setelah bergabung dengan Spice Girls pada tahun 1994, Chisholm bersama dengan anggota Spice yang lain, Melanie Brown, Geri Halliwell, Emma Bunton, dan Victoria Adams, menjadi terkenal dengan rilisnya single mereka Wannabe. Album debut mereka, Spice, menjadi nomor satu di seluruh dunia termasuk di Amerika. Dengan dandanan Mel C yang sporty dengan rambut di kuncir dan sikapya yang tomboy dan sporty, ia dijuluki Sporty Spice.

Mereka selanjutnya menjadi grup vocal wanita yang paling laris dengan menjual lebih dari enam puluh juta kopi album di seluruh dunia. Namun setelah album ketiga rilis, FOREVER, Spice Girls terpecah dan Chisholm memilih untuk bersolo karir.

Gadis pengagum Madonna ini mengambil langkah pertamanya bersolo karir di akhir tahun 1998 dengan bernyanyi bersama dengan penyanyi rock asal Kanada, Bryan Adams, dalam lagu When You re Gone . Album debut pertamanya adalah NORTHERN STAR yang dirilis pada tahun 1999.

Lagu dari album tersebut yang berjudul Ga Ga dimasukkan ke dalam soundtrack BIG DADDY bahkan sebelum album tersebut muncul. Lagu ketiga dari album tersebut, Never be The Same Again yang dinyanyikan duet bersama dengan anggota TLC, Lisa Lopes, menjadi single pertama yang menjadi nomor satu di Inggris, Belanda dan menjadi nomor dua di Australia. Kesuksesan lagu tersebut diikuti dengan kesuksesan lagu-lagu berikutnya di album NORTHERN STAR.

Hasil penjualan lagu kelima yang berjudul If That Were Me, didonasikan untuk orang-orang yang tidak mempunyai rumah. Lagu tersebut meraup keuntungan tiga kali platinum di Inggris, platinum di Jerman, Gold di Brazil dan Australia. Dari bulan Mei 2001 sampai November 2002 Chisholm tur untuk album tersebut. Penggemar TOY STORY ini merilis album studio keduanya yang berjudul REASON pada bulan Maret 2003. Hampir semua dari lagu-lagu dalam album tersebut diterima dengan baik di seluruh dunia, tidak hanya di Inggris namun juga di Negara lain.

Chisholm mengabiskan banyak waktunya di tahun 2004 untuk menyiapkan materi baru albumnya dan juga mendirikan perusahaan rekamannya sendiri, Red Girl Records. Tanpa ada label besar yang menaunginya, Chisholm mendanai sendiri biaya pembautan prusahaannya itu. Pada April 2005, Chisholm meluncurkan album ketiganya yang berjudul, BEAUTIFUL INTENTIONS, dibawah naungan perusahaan rekamannya sendiri. Sama seperti album-slbum sebelumnya, album ketiga ini pun diterima dengan baik oleh pecinta musik dunia.

Awal 2007, Mel meluncurkan album keempatnya, THIS TIME. Lagu pertamanya berjudul The Moment You Believe, dirilis di Jerman dan menjadi lagu internasional saat mencapai peringkat 20 teratas. Kesuksesan lagu pertama diikuti oleh lagu-lagu selanjutnya. Pada November 2007, Chisholm berkumpul kembali dengan Spice Girls untuk peluncuran album THE GREATEST HITS dan tiga bulan tur dunia. Februari 2008, Chisholm kembali pada solo karirnya dan merilis album THIS TIME untuk Kanada dan mengadakan tur Kanada.

Selain bernyanyi, Chisholm juga seorang aktris, tahun 1997, ia muncul film pertama dalam SPICEWORLD THE MOVIE bersama teman-teman Spice Girlsnya. Di tahun 200, Mel bermain sendiri sebagai Sporty Spice dalam episode THE NORM SHOW. Seperti dikemukakan dalam majalah Nylon 2009 bahwa Mel juga tertarik untuk terjun serius di bidang acting. Tahun 2009, setelah melahirkan anak pertamanya, Chisholm bermain dalam drama musical BLOOD BROTHERS yang ditulis oleh Willy Russell. Dalam drama tersebut Chisholm berakting sebagai Mrs Johnstone dan bermain selama enam bulan. Chisholm juga dinominasikan sebagai artis terbaik kategori musical tahun 2010 untuk Laurence Oliver Award.

DISKOGRAFI
1999 : NORTHERN STAR
2003 :REASON
2005 :BEAUTIFUL INTENTIONS
2007 :THIS THE


FILMOGRAFI
1997 :SPICEWORLD THE MOVIE

Televisi
2003 : BO SELECTA
2007 : KEITH S LEMON WORLD TOUR


Stage work
2009-2010 :BLOOD BROTHERS
Lebih Lengkap