Melanie Putria

 

Melanie Putria Dewita Sari atau cukup akrab dipanggil Melanie Putria adalah aktris yang juga pernah memenangkan ajang kontes Puteri Indonesia pada tahun 2002. Dalam kontes tersebut, Melanie yang lahir pada 17 April 1982 ini mewakili propinsi Sumatera Barat.

Seiring kontraknya sebagai Putri Indonesia, putri bungsu dari tiga bersaudara pasangan Habibuddin dan Nelwetis ini banyak terlibat dalam kegiatan sosial untuk anak dan penderita HIV/AIDS. Bahkan bersama dengan Miss Universe Oxana Fedorova, dirinya pernah menjalani missi budaya bersama mengunjungi Candi Borobudur di Jawa Tengah.

Pada 7 Maret 2010 Melanie menikah dengan kekasihnya, Angga Puradireja, vokalis dari Maliq & D'Essentials. Keduanya kemudian dikaruniai seorang putra bernama Sheemar Rahman Puradireja pada 27 Januari 2011. Kesibukannya membesarkan Sheemar membuat Melanie vakum dari dunia hiburan untuk sementara waktu.


KARIR

Selain dikenal sebagai Puteri Indonesia, Melanie juga dikenal sebagai presenter, pemain film dan sinetron. Debut film pertamanya berjudul TAK BIASA (2004), yang dibintanginya bersama Duta Sheila On Seven, dirilis pada 24 Juni 2004.

Disusul kemudian film CINTA SILVER (2005) yang dibintanginya bersama aktris Luna Maya. Menyusul KEJAR JAKARTA (2005) dan film garapan Hanung Bramantyo yang diangkat dari sebuah novel dari judul yang sama, yaitu AYAT-AYAT CINTA (2008). Selain itu mantan kontestan Asia Bagus 1999 itu juga turut mendukung sinetron KEAJAIBAN CINTA.


Tak hanya berakting, Melanie juga mengikuti jejak suaminya, Angga Puradireja, vokalis Maliq & D Essentials di bidang tarik suara. Bersama Intan Nuraini dan Revalina S Temat, Melanie menyumbangkan suaranya dalam album kompilasi religi berjudul SANG PENCIPTAKU, pada single Taqwa. Album ini diluncurkan pada Ramadhan 2008

 

Melanie sebenarnya lebih dulu mendalami dunia tarik suara dibanding dunia seni peran. Sejak kelas 2 SD ia sudah aktif mengikuti beberapa lomba nyanyi. Tahun 2010 Melanie sudah menyiapkan materi untuk album solonya, namun sayang karena satu dan lain hal, album solo Melanie belum bisa dirilis.

 

FILMOGRAFI
TAK BIASA (2004)
CINTA SILVER (2005)
KEJAR JAKARTA (2005)
AYAT-AYAT CINTA (2008)

SINETRON
Keajaiban Cinta

Lebih Lengkap