Melanie Subono

Melanie Subono yang lahir di Hamburg, Jerman pada tanggal 20 Oktober 1976 adalah putri dari bos Java Muskindo, Adri Subono. Melanie menikah dengan Radja Simatupang pada 20 Juni 2003 dengan didahului delapan bulan pacaran. Namun mereka akhirnya berpisah secara resmi pada 12 Oktober 2006.

Melanie kemudian bertunangan dengan seorang seniman tato bernama I Gusti Ngurah Agus Wijaya pada 11 Januari 2007. Selang setahun kemudian, 11 Januari 2008, pasangan ini menikah di Hotel Mulia, Jakarta Selatan.

Tak banyak yang tahu, jika Melanie mengidap suatu penyakit. Sudah belasan tahun ia mengalami masalah datang bulan, sampai akhirnya ia harus dioperasi dan harus minum obat selama bertahun-tahun. Tapi ternyata penyakit tersebut malah berkembang menjadi tumor di perutnya. Dan hal itu membuat Melanie tampak seperti sedang hamil.

September 2009, Melanie memutuskan untu mengangkat tumor yang semakin menggerogoti tubuhnya itu. Akibat penyakitnya ini, rasanya pun mustahil baginya untuk memiliki seorang anak dari rahimnya sendiri.

Melanie yang memiliki 8 buah tato di tubuhnya ini adalah seorang yang mengagungkan persamaan hak wanita. Di antara waktu luangnya, Melanie juga kerap menyempatkan diri berkeliling Indonesia untuk mengajar membaca, serta mengajak masyarakat menaikkan minat membaca.

Bersama dengan beberapa musisi lainnya, Melanie juga dipilih menjadi duta dari SAMSUNG - Yayasan Cinta Anak Bangsa, untuk menjadi duta anti narkoba dalam program mereka. Selain itu Melanie juga dikenal sebagai aktivis HAM, perempuan dan lingkungan hidup.

KARIR
Melanie Subono dikenal sebagai selebritis Indonesia, yang mengeluti dunia musik, presenter dan promotor pertunjukan. Bahkan Melanie juga dikenal sebagai penulis buku OUCH!! terbitan Gagas Media. Buku yang ditulis sebagai blibiografi dirinya itu ditulis sebagai media tukar pengalaman terkait kemampuannya sebagai LO (Liaison Officer), semacam Event organizing.

Melanie juga telah merilis album, meski album pertamanya tak banyak mendapat sambutan masyarakat. Sebagai bukti konsistensinya, pada akhir 2007 Melanie kembali merilis album bertajuk MYSELF dan berharap tidak bernasib seperti album pertamanya.

Setelah mengantongi gelar Best Solo Female/Male Rock Singer dari AMI award 2008 ini, Melanie kembali dinominasikan dalam Ikon Asean Award 2008 yang mempertarungkan musisi dari 6 negara di Asia Tenggara untuk kategori penyanyi solo terbaik. Mungkin ini juga yang membuat Melanie diajak berkolaborasi dalam album baru milik Pas Band, pada lagu yang berjudul Paris.

Mengikuti sukses buku pertamanya OUCH!!, tanggal 1 Januari 2011 (1-1-11) tepat pada jam 11.11 malam, Melanie mengeluarkan sekuel dari OUCH!! yaitu Liaison Officer Forever yang hanya dijual online melalui website resmi Melanie dan sms.

Melanie juga berhasil mencapai suatu prestasi yang langka, yaitu menjadi band pendamping artis artis international di Singapore Festival, di mana dia akan memainkan lagu international koleksinya. Dia sadar bahwa dia akan menghadapi era international, bukan sekedar sebagai orang Indonesia yang tampil di negara orang seperti kebanyakan band yang ada.

Kembali membuktikan kosistensinya sebagai penyanyi, pada tahun 2011 Melanie kembali mengeluarkan album ketiganya, berbeda dengan kedua album terdahulunya. Untuk album ketiga ini Melanie mempersilahkan untuk diunduh secara gratis dari website resminya. Album yang didukung oleh banyak musisi seperti Anda, Luks Superglad, Steven Jam, Achi She, Iwa K, Ivan Slank, PAS Band, SID dan banyak lainnya ini membuat album yang diberi judul AKU, KAMU, MEREKA, KALIAN kaya akan berbagai jenis musik.

Dari album tersebut, sudah ada dua buah lagu yang bisa diunduh gratis di website Melanie yaitu Dia Sahabat feat. Anda dan Aku Ada Untukmu feat. Luks Superglad. Video klip dari kedua lagu tersebut juga sudah bisa dilihat di website tersebut.

Kendati sibuk dalam dunia musik dan menulis, Melanie tetap tidak meninggalkan profesi yang sudah lama ia geluti, sebagai seorang MC dan model.

Tahun 2012, Melanie bersama rekan-rekan musisi lainnya terlibat dalam proyek E.F.A (Everyone For Ambon) yang bertujuan untuk membantu korban bencana banjir dan longsor di Ambon yang terjadi pada bulan Juli. Dalam proyek ini mereka menyanyikan lagu ciptaan JFlow berjudul Harapan yang diaransemen oleh Barry Likumahuwa. Beberapa nama musisi yang berkontribusi dalam proyek ini antara lain Rejoz The Groove, Nicky Manuputty, Angga Maliq and D Essentials, Guntur Simbolon, Matthew Sayerz dan JFlow.

DISKOGRAFI
MYSELF (2007)
AKU, KAMU, MEREKA, KALIAN (2011)

BUKU
OUCH!!
Liaison Officer Forever (2011)

Lebih Lengkap