Mocca

Bandung rupanya dipenuhi dengan band band beraliran jazz. Setelah La Luna, Mocca secara resmi mensejajarkan posisinya dengan band band lain di Indonesia pada tahun 2002.

Awalnya Mocca dibentuk oleh teman sepermainan yaitu Arina dan Riko. Dua tahun kemudian mereka bertemu dengan Indra dan Toma. Akhirnya band ini pun mempunyai personel lengkap yaitu Arina Ephipania (vocal dan flute), Riko Prayitno (gitar), Achmad Pratama atau Toma (bass), dan Indra Massad (drum).

 

KARIR

Mocca pertama kali muncul dalam kompilasi DELICATESSEN (2002).

Seteleh DELICATESSEN, mereka mengeluarkan album pertama yaitu MY DIARY pada 2003. Lagu lagu dalam album ini seperti SECRET ADMIRER dan ME AND MY BOYFRIEND meledak di pasaran.

Kesuksesan mereka ini kemudian sampai ke luar negeri. Indie records di Jepang yaitu EXCELLENT RECORDS menawari mereka kontrak untuk mengisi satu lagu dalam album yang format rilisannya adalah kompilasi book set (3 Set) yang berjudul  POP RENAISANCE. Ada 3 disc yang diedarkan di Jepang dan Mocca berada di disc no. 2 dengan lagu TWIST ME ARROUND

Tahun 2005, Mocca mengeluarkan album kedua mereka yaitu FRIENDS di bawah naungan label indie, Fast Forward Record. Di album ini mereka menggaet Bob Tutupoli di lagu This Conversation dan Swing It Bob. Mereka juga menggaet musisi luar negeri yaitu Club 8 yang merupakan duo asal Swedia di lagu I Would Never.

Setelah album kedua ini karir Mocca semakin menanjak. Mereka kebanjiran tawaran untuk manggung di Singapura, Malaysia, Thailand, dan Jepang. Sampai pada tahun 2005 mereka menggelar konser di Singapura.

Mocca juga terlibat dalam pembuatan soundtrack film CATATAN AKHIR SEKOLAH dan UNTUK RENA. Di film garapan Riri Reza ini Mocca terkenal dengan lagunya yaitu HAPPY dan SEBELUM KAU TIDUR.

Album ketiga Mocca yang berjudul COLOURS keluar pada tahun 2007. Album ini memuat materi baru, yaitu HYPERBALLAD (Bjork) dan SING (The Carpenters) serta sebuah kolaborasi dengan Pelle Carlberg (Edson) yang kemarin sempat menjadi tamu di LA Light IndieFest, dalam lagu Let Me Go.

 

DISKOGRAFI

ALBUM

MY DIARY ( 2003)

FRIENDS ( 2005)

OST. UNTUK RENA (2006)

COLOURS (2007)

MINI ALBUM (2010)

 

LAGU LAINNYA

I WILL (The Beatles cover)

 

PENGHARGAAN

AMI untuk Kategori Produksi Alternatif Terbaik (2008)

 

oleh: Febrianti Diah Kusumaningrum

 

 

Lebih Lengkap