Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

10 Cover Album Ini Terburuk di Tahun 2013!!!

Trian Sulaiman   | Rabu, 18 Desember 2013 13:01 WIB
10 Cover Album Ini Terburuk di Tahun 2013!!!
10 artwork album terburuk di 2013

Kapanlagi.com - Artwork album atau sampul album adalah hal yang paling riskan dalam produksi sebuah musik. Salah menampilkan album yang baik dan menarik justru akan membuat album tersebut berakhir di gudang toko kaset.

Hal itu pun menimpa beberapa musisi yang masuk daftar cover album terburuk sepanjang tahun 2013 ini. Beberapa di antaranya adalah nama besar seperti Eric Clapton dan Yeah Yeah Yeahs, yang blunder dalam membuat cover album. Padahal materi musik mereka cukup berkualitas untuk didengarkan.

  (kpl/bil/trn)

1. Eric Clapton - Old Sock

Gambar

Dari deretan album terbaik Eric Clapton, ini mungkin salah satu cover album yang kurang oke. Nama besar dan musikalitas tingkat tinggi dari Eric harus tersisih karena terbungkus dengan cover album bak turis yang sedang mengunjungi Lombok.

2. Catholic Spray - Earth Slime

Gambar

Pemandangan wanita dengan 3 payudara tanpa menggunakan bra cukup mengganggu. Terutama bagi para wanita yang merasa terlecehkan dengan gambar tersebut. Namun, Catholic Spray sepertinya tidak sampai jauh untuk memikirkan itu.

3. Jason Derulo - Tattos

Gambar

Dalam album ketiganya ini, Jason Derulo mengajak musisi R&B dan Hip Hop ternama, seperti 2 Chainz, Jordin Sparks, The Game dan Pitbull. Namun, jika melihat cover album yang seperti ini, nama-nama tersebut menjadi ciut. Gambar tatto sebagai tema album terlihat norak, dan sorry to say, lebih seperti tatto hadiah dari snack.

4. Diplo - Revolution

Gambar

DJ, rapper, produser dan penulis lagu Diplo kali ini harus mengerutkan dahi. Pasalnya, cover mini album yang ia pakai dicap sebagai yang terburuk tahun ini oleh media Billboard. Bukan tanpa alasan, gambar wanita handstand menggunakan bikini, kemudian bersatu menjadi sekepalan tangan jauh lebih buruk dari twerking milik Miley Cyrus.

5. Disaster - Blasphemy Attack

Gambar

Untuk ukuran band metal, judul Blasphemy Attack mungkin akan terdengar gahar. Namun jika melihat album cover seperti ini, sepertinya lebih cocok untuk menjadi cover untuk kaset video game Sega.

6. Jello Biafra - White People and the Damage Done

Gambar

Nama Jello Biafra sangat diagungkan di ranah Punk Amerika, bahkan dunia. Namanya juga musisi punk, tentu akan frontal dan apa adanya dalam menyampaikan pesan. Nah, kritik Jello kali ini berkaitan dengan judul albumnya yang berjudul WHITE PEOPLE THE DAMAGE DONE, atau orang kulit putih dan kerusakkan yang diperbuatnya. Ia menampilkan seorang bayi Amerika yang nampak seperti anak iblis.

7. Tyga - Hotel California

Gambar

Tyga merupakan rapper yang konsisten. Ia konsisten membuat cover album yang kurang berkualitas. Hal itu terbukti dari album keempatnya ini, rapper ini harusnya menyeleksi seorang desainer yang mahir menggunakan photoshop. Jika tidak ada, setidaknya Tyga harus berani berfoto dengan harimau sungguhan di taman safari. Tak hanya itu, untuk cuaca summer time, kenapa Tyga menggunakan pakaian yang lebih cocok dipakai di kutub? Entahlah.

8. Yeah Yeah Yeahs - Mosquito

Gambar

Nama Yeah Yeah Yeahs adalah panutan bagi anak muda masa kini. Namun, sayang untuk album keempat ini, mereka sepertinya mengalami krisis artwork artist. Seperti yang terlihat, untuk band 'urakan' seperti Yeah Yeah Yeahs, cover seperti ini membuatnya lebih cocok untuk masuk salah satu film disney.

Yeah Yeah Yeahs Yeah Yeah Yeahs

Padahal, cover album Yeah YeahYeah sebelumnya, IT'S BLITZ, mendapatkan pujian dari kritikus musik, hingga masuk daftar salah satu cover album terbaik.

9. Voidvod - Target Earth

Gambar

Untuk band metal yang cukup dikenal di Canada dan Amerika, Voidvod cukup tidak serius menggarap cover album mereka. Voidvod menampilkan gambar alien sedang menggenggam senjata, yang mungkin saja lebih cocok seperti hasil gambar anak keciil.

10. Wasnatch - Front To Back

Gambar

Ketika mengetik Wasnatch di google, jangan harap akan menemukan artikel wikipedia ataupun review dari media ternama. Pasalnya, band antah berantah ini memang tak banyak dikenal. Meski begitu, cover album mereka ini lumayan mendapat perbincangan, hingga Billboard memasukkannya dalam daftar sampul album terburuk tahun 2013.

Kabarnya, gambar kontroversial sekaligus mengganggu itu diambil dari film porno Jerman tahun 70-an. Kami sempat tak habis pikir, kenapa gambar ini bisa menjadi sampul musik.

Editor:   Trian Sulaiman