10 Lagu Coldplay Paling Bucin Level Ultimate, Bikin Jatuh Cinta dan Patah Hati Sekaligus

Wuri Anggarini   | Selasa, 19 Mei 2020 10:35 WIB
10 Lagu Coldplay Paling Bucin Level Ultimate, Bikin Jatuh Cinta dan Patah Hati Sekaligus

Kapanlagi.com - Pecinta musik mana sih yang nggak kenal Coldplay? Band asal Inggris yang punya Chris Martin sebagai pentolannya ini memang selalu berhasil memproduksi lagu yang seolah menghipnotis para pendengarnya. Pertama kali dibentuk pada tahun 1996, hingga saat ini sudah ada total 8 album yang mengiringi perjalanan musik band yang satu ini. Dari PARACHUTES yang pertama kali dirilis tahun 2000, hingga teranyar EVERYDAY LIFE yang meluncur pada 2019, masing-masing selalu melahirkan hits single andalan.

Bicara soal gaya bermusik, band ini memang salah satu yang nggak pernah terdengar stagnan. Di awal karier, materi album mereka memang lebih mengarah pada Pop Rock, Alternative Rock, hingga Brit Pop. Namun seiring perkembangannya, Coldplay banyak meramu musiknya ke dalam sentuhan yang lebih variatif, seperti memasukkan unsur EDM yang sedang tren beberapa tahun belakangan ini.

Tapi, apapun musik yang diusung, band ini nggak pernah kehilangan pecintanya. Apalagi kalau bicara tema cinta, Coldplay ternyata menyimpan banyak banget lagu bertema jatuh cinta dan patah hati yang eargasm. The Scientist dan Fix You rasanya nggak perlu disebut lagi karena sudah pasti masuk list. Dan masih ada 10 lagu Coldplay paling bucin yang nggak boleh kamu lewatkan. Kira-kira mana yang paling pas dengan kisah cintamu nih?

1 dari 10 halaman

1. Shiver

Shiver (c) Shutterstock
Buat yang lagi mengalami unrequited love alias cinta bertepuk tangan, lagu ini rasanya yang paling pas buat mewakili keresahan hatimu. Coba dengerin sambil meresapi liriknya. Kata-katanya memang menggambarkan perjuangan yang nggak kenal lelah demi si dia agar bisa membalas perasaanmu.

From the momen I wake till the moment I sleep
I'll be there by your side, just you try and stop me
I'll be waiting in line, just to see if you care

Kesannya seperti nantangin banget kan? Tapi, satu lirik yang paling strike banget jelas yang bagian ini.

Don't you shiver?

2 dari 10 halaman

2. Trouble

Masih dari album PARACHUTES, lagu Coldplay selanjutnya yang bucin level ultimate adalah Trouble. Dari awal, liriknya udah menggambarkan tentang seseorang yang terjebak dalam sebuah situasi yang sulit. Coldplay merefleksikannya lewat ungkapan “A spider web is tangled up with me.” Bagian yang menunjukkan rasa putus asa ada di bagian reff-nya.

And I, I never meant to cause you trouble
And I, I never want to do you harm

Seolah-olah orang ini terjebak dalam situasi apapun yang dilakukan malah menyakiti orang yang dia sayangi. Ngerasa lagu ini kamu banget?

3 dari 10 halaman

3. Sparks

Kalau lagu ini cocok banget didengarkan oleh orang yang lagi jatuh cinta. Secara garis besar, lagu ini menceritakan tentang seseorang yang berusaha meyakinkan orang yang disayanginya. Saking sama-sama sayangnya, kebersamaan mereka bahkan sampai terlihat menampilkan ‘sparks of love' yang romantis banget. Coba deh dengerin lagu ini sambil chat sama gebetan, dijamin bikin senyum-senyum sendiri!

4 dari 10 halaman

4. Warning Sign

Warning Sign (c) Splashnews
Warning Sign jadi penggambaran tentang seseorang yang baru saja mengalami breakup dari orang yang sudah menemaninya selama ini. Tapi, justru setelah hubungan berakhir, dia baru sadar kalau orang yang pergi dari hidupnya itu mungkin adalah The One yang selama ini ia cari.

Sayangnya, waktu kesadaran itu hadir, momennya udah terlambat. Yang ada tinggal penyesalan karena ternyata selama ini dia melewati ‘warning sign' penting dalam hidupnya.

Dan bagian yang paling mewakili perasaanmu yang mengalami kejadian seperti ini adalah lirik yang satu ini.

When the truth is I miss you
Yeah the truth is I miss you so

Gimana, sounds familiar dengan apa yang lagi kamu rasain?

5 dari 10 halaman

5. The Hardest Part

Lagu Coldplay yang satu ini nggak kalah bucin. Liriknya sendiri menceritakan saat kamu udah ngerasa deket sama seseorang, kalian nyambung dalam segala hal, tapi suatu hari dia tiba-tiba pergi dari hidup kamu. Lagu ini menekankan pada perasaan yang tertinggal setelah perpisahan tersebut.

Kamu bingung dengan apa yang terjadi, bahkan nggak tahu alasan kenapa dia meninggalkan kamu karena memang dia nggak kasih penjelasan apa-apa.

And the hardest part was letting go not taking part
Was the hardest part

Di lirik ini kasih penjelasan tentang almost relationship yang nggak pernah kejadian, tapi tiba-tiba kamu harus merelakan dia pergi. Jangan berani-berani dengerin lagu ini kalau nggak kuat deh.

6 dari 10 halaman

6. Always In My Head

Album GHOST STORIES yang dirilis Coldplay di tahun 2014 punya deretan lagu bucin yang siap bikin hati ambyar kalau nggak kuat dengerinnya. Misalnya Always in My Head ini.

I think of you
I haven't sleep
I think I do
But I don't forget

Lagunya sendiri masih menceritakan tema perpisahan dari orang yang disayangi. Sayangnya, salah satu pihak nggak bisa move on dari orang yang disayanginya tersebut. Dia bahkan memikirkan sosok itu siang dan malam sampai nggak bisa tidur karena malam-malamnya terasa menyiksa. Hmmm, gimana nggak bikin baper coba?

7 dari 10 halaman

7. True Love

True Love (c) Shutterstock
Ini dia lagu paling bucin selanjutnya dari album GHOST STORIES. True Love menceritakan tentang pasangan yang sudah berada dalam long relationship. Salah satu dari mereka sadar ada yang salah dalam hubungan tersebut, tapi nggak ada yang mau terbuka satu sama lain. Hingga akhirnya pasangannya pergi meninggalkan hubungan tersebut. Lirik paling bucin jelas ada dalam bagian yang satu ini.

Tell me you love me
If you don't, then lie
Lie to me

Pernah nggak sih kamu ada di situasi yang seperti ini?

8 dari 10 halaman

8. Ink

Ink menjadi lagu yang menggambarkan cinta dan patah hati dengan sempurna. Chris Martin menuangkannya dalam sebuah metafora, yaitu tato. Sakit saat tertanam di kulit, tapi lebih menyakitkan lagi saat dihapus.

All I know is that I love you so
So much that it hurts

Secara keseluruhan, lagu ini tentang seseorang yang kehilangan orang yang dicintai, tapi dia masih terobsesi dengan sosok tersebut. Cintanya kepada orang tersebut seperti tato yang digambarkan dalam hidupnya, nggak bisa dihapus dengan mudah dan terasa sakit.

9 dari 10 halaman

9. Everglow

Everglow (c) Splashnews
Lagu bucin level ultimate ini ditulis Chris Martin yang terinspirasi dari perceraiannya sendiri dengan Gwyneth Paltrow. Intinya, Everglow menggambarkan kesedihan setelah ditinggalkan oleh orang yang dicintai, yang pada akhirnya meninggalkan warmth memories dari sosok tersebut dan menciptakan ‘Everglow'. Lagu ini ditutup dengan lirik yang nggak kalah bikin nyesek.

So if you love someone, you should let them know
Oh, the light you left me will everglow

10 dari 10 halaman

10. Fun

Menggandeng penyanyi cantik asal Swedia, Tove Lo, Fun punya lirik dan melodi yang nggak kalah menyayat. Lagu ini menjadi refleksi tentang berbagai momen menyenangkan dari sepasang kekasih yang pernah bersama, tapi sekarang sudah berpisah.

Now we're stopping the world, stopping its spin
But come on don't give up, don't say we give in
Don't say it's over, don't say we're done
Oh, didn't we have fun?

Di satu sisi, salah satu pihak berusaha mempertahankan hubungan tersebut karena menurutnya mereka baik-baik saja. Tapi, pada akhirnya perpisahan tetap terjadi. Hmm, pernah ngerasain juga yang seperti ini?

Nah, 10 lagu di atas jadi bukti kalau Coldplay selalu sukses menyihir pendengar lewat lagu dengan lirik yang related dengan kehidupan percintaan yang sering dialami. Kalau menurut kamu sendiri, mana lagu paling bucin yang mewakili perasaanmu sekarang, KLovers?

(kpl/wri)

Editor:  

Wuri Anggarini