10 Music Video Berusia Satu Dekade di Bulan Maret 2020, Ada Lady Gaga yang Melegenda - Justin Bieber di Masa Kecil

Wuri Anggarini   | Jum'at, 20 Maret 2020 16:22 WIB
10 Music Video Berusia Satu Dekade di Bulan Maret 2020, Ada Lady Gaga yang Melegenda - Justin Bieber di Masa Kecil

Kapanlagi.com - Pernah nggak sih nostalgia, 10 tahun lalu lagu apa yang menemani hari-harimu? Kalau sekarang dengerin lagu semudah install aplikasi streaming lagu di smartphone dan tinggal langganan aja, 10 tahun yang lalu mungkin punya cerita yang beda. Internet memang sudah jadi bagian sehari-hari, tapi aksesnya jelas belum semudah dan selancar saat ini. Jadi, nggak heran kalau kemunculan music video alias video klip yang baru dirilis nggak bisa langsung ditonton dalam hitungan detik. Ya, karena notifikasi Youtube belum ada saat itu.

Biarpun begitu, pecinta musik sejati jelas tetap bisa menikmati lagu favoritnya dong. Jadi, sudah ingat lagu apa yang paling sering kamu dengarkan atau yang music video-nya sering kamu tonton di masa 10 tahun lalu. Yuk deh nostalgia dulu di sini buat menyegarkan ingatanmu. Ada banyak musisi yang merilis video klipnya tepat di bulan Maret 2010, mulai dari lagu hits dari Lady Gaga sampai Justin Bieber di masa kecilnya ada!

1 dari 10 halaman

1. OK Go – This Too Shall Pass

OK Go – This Too Shall Pass ©Instagram/okgo
Bulan Maret 10 tahun yang lalu dibuka dengan gebrakan OK Go yang merilis music video untuk single-nya yang berjudul This Too Shall Pass. Band beraliran alternative rock tersebut sempat membuat para penikmat musik di medio 2010 tercengang lewat konsep video musik yang out of the box, yaitu dengan mengusung tema Rube Goldberg Machine.

Buat menyegarkan ingatanmu, This Too Shall Pass menampilkan rangkaian simple machine yang saling berhubungan dan tersinkronisasi dengan lagu. Demi mewujudkan video musik sesuai keinginan mereka, OK Go sampai berkolaborasi dengan para insinyur untuk menciptakan simple machine tersebut. Hingga 10 tahun berlalu, video musik ini tetap bikin tercengang karena konsepnya yang mind blowing.

2 dari 10 halaman

2. Linkin Park – Not Alone

Di tanggal 2 Maret, giliran Linkin Park yang merilis sebuah music video menyentuh hati dari single-nya yang berjudul Not Alone. Lagu ini sendiri merupakan bagian dari kampanye Music For Relief yang dikomandoi oleh Linkin Park untuk membantu korban gempa bumi yang mengguncang Haiti di tahun 2010 lalu.

Sesuai dengan temanya, Not Alone menampilkan berbagai footage gambaran korban gempa bumi di Haiti yang menggugah kemanusiaan. Dikombinasikan dengan lantunan vokal mendiang Chester Bennington yang kuat dan mendalam, lagu ini memberikan makna tersendiri yang menggugah hati siapapun.

3 dari 10 halaman

3. Boyzone – Gave It All Away

Gave It All Away menjadi salah satu lagu dalam album studio Boyzone keempat, BROTHERS. Lagu ini punya makna tersendiri bagi boyband tersebut, karena Stephen Gately sempat ikut rekaman sebelum akhirnya meninggal pada Oktober 2009. Gave It All Away kemudian menjadi lagu tribute untuk mendiang Gately dan video musiknya sendiri dirilis pada 8 Maret 2010. 

4 dari 10 halaman

4. Lady Gaga – Telephone featuring Beyonce

Lady Gaga – Telephone featuring Beyonce ©AFP
Masih ingat dengan salah satu hits andalan Mother Monster yang satu ini? Telephone sukses menjadi salah satu single paling sukses dari Lady Gaga selama berkarier di industri musik. Nggak terasa, sudah 10 tahun sejak video musiknya pertama kali diluncurkan pada 15 Maret 2010.

Konsep video musiknya memang mencuri perhatian. Durasinya yang panjang, yaitu hampir 10 menit, membuatnya nyaris menyerupai film pendek. Alurnya menceritakan Gaga saat di penjara, yang merupakan lanjutan cerita ketika ia tertangkap dalam klip Paparazzi. Plus, kehadiran Beyonce menjadi bumbu tersendiri karena chemistry keduanya begitu memanjakan para fans. Setelah 10 tahun berlalu, video musik ini masih meninggalkan pertanyaan yang belum terjawab.

Apakah video ini bakal ada sekuelnya mengingat di bagian akhir tertulis ‘To Be Continue' yang menimbulkan rasa penasaran. Barangkali bakal ada kejutan dari Mother Monster dan Queen Bey setelah 10 tahun berlalu? Mungkin saja.

5 dari 10 halaman

5. Martina McBride – Wrong Baby Wrong

Pecinta musik country jelas nggak bisa melupakan rilisan yang satu ini dari Martina McBride. Lagunya sendiri sudah dirilis sejak Februari 2010 sebagai salah satu single andalan dari album studionya yang ke-10, bertajuk SHINE. Musik videonya sendiri menggambarkan keceriaan dan semangat untuk melepaskan diri dari keterpurukan karena patah hati yang menjadi pesan utama dari lagu ini. 

6 dari 10 halaman

6. Arctic Monkey – My Propeller

Tanggal 18 Maret 2010 menjadi momen milik Arctic Monkey yang meluncurkan video musik My Propeller. Lagu tersebut menjadi single ketiga dari album HUMBUG yang dirilis pada Agustus 2009, setelah Crying Lightning dan Cornerstone menjadi single pendahulu yang mengantarkan kesuksesan album tersebut di pasaran. Video musik My Propeller mengusung konsep animasi psychedelic dalam balutan warna hitam dan putih yang seolah mewakili jiwa lagu tersebut. Apakah ini salah satu single Arctic Monkey yang jadi favoritmu, KLovers? 

7 dari 10 halaman

7. Justin Bieber – Never Let You Go

Justin Bieber – Never Let You Go ©AFP
Masih ingat dengan masa-masa kejayaan Justin Bieber sebagai penyanyi remaja? Ternyata, hal itu sudah 10 tahun berlalu! Jejak Justin Bieber di masa lalu bisa kamu temukan dalam video musik Never Let You Go yang dirilis pada 25 Maret 2010. Saat nonton video ini, kamu bisa kembali bertemu dengan sosok JB yang imut dengan suara khasnya saat remaja dulu. Hmm, ada yang kangen?

Video musik Never Let You Go sendiri mulai menunjukkan perkembangan sisi diri Justin Bieber yang lebih dewasa dibandingkan sebelumnya. Konsepnya sendiri adalah cinta masa remaja yang penuh dengan sisi romantisme dan flirting. Hayo, siapa yang dulu dibuat jatuh cinta sama JB? Nonton ini jadi bikin kamu teringat cinta pertama, kan?

8 dari 10 halaman

8. MGMT – Flash Delirium

Band beraliran pop-rock asal Amerika Serikat yang satu ini memang dikenal sering bermain konsep nyentrik dalam video musik mereka. Nggak ketinggalan yang tampil dalam Flash Delirium. Video musik yang sudah berusia 10 tahun ini tampil dengan konsep simbolis yang menggambarkan kekacauan di masa modern, di mana ada pesta, dan orang-orang berdansa secara otomatis seperti robot. Untuk lagunya sendiri, Flash Delirium masih menyuguhkan irama psychedelic yang khas dari band tersebut. 

9 dari 10 halaman

9. Usher – OMG featuring will.i.am

Satu dekade ke belakang memang jadi masa penuh kejayaan era R&B yang dipopulerkan oleh musisi seperti Usher. Tepat 10 tahun yang lalu juga, penyanyi yang satu ini merilis music video dari lagunya yang berjudul OMG dengan menggandeng rapper ternama, will.i.am. Video musiknya sendiri mengusung konsep dance di studio, di mana Usher dan will.i.am bergantian tampil solo membawakan bagian mereka. Melodinya yang upbeat membuat lagu ini jadi dance anthem di masanya. 

10 dari 10 halaman

10. Janelle Monae – Tightrope

Janelle Monae – Tightrope ©AFP
Ini dia salah satu video musik paling artsy yang muncul 10 tahun lalu. Janelle Monae berhasil menghidupkan konsep robo pop stardom dalam video klip Tightrope. Konsepnya cukup jelas, sang penyanyi menggunakan suit dan menari ala Michael Jackson sepanjang lagu berirama upbeat ini dimainkan. Video yang disutradarai oleh Wendy Morgan ini mengambil lokasi di Palace of The Dogs, rumah sakit jiwa tempat Charlie Parker dan Jimi Hendrix pernah dirawat.

Nggak terasa ya, sudah 10 tahun sejak 10 video musik tersebut pertama kali dirilis. Menariknya, lagu mereka tetap asyik didengarkan di era sekarang ini. Mana sih video musik berusia 1 dekade yang hingga saat ini masih jadi favoritmu, KLovers?

(kpl/wri)


Editor:  

Wuri Anggarini

↑