13 Maskot Metal Paling Menyeramkan

Fajar Adhityo   | Selasa, 30 Oktober 2012 11:21 WIB
Kapanlagi.com - Selain musik dan logo, maskot juga menjadi penunjang utama bagi sebuah band. Maskot menjadi semacam identitas dari band tersebut agar orang mudah tahu hanya melihat dari gambarnya.

Maskot-maskot ini selalu menghiasi sampul album, merchandise, hingag backdrop saat konser. Tak hanya itu ada juga yang coba diwujudkan secara utuh dan muncul saat live.

Maskot-maskot ini ada yang diwujudkan secara biasa hanya untuk estetika saja, namun juga ada yang dibikinkan menjadi semacam cerita. Sehingga seolah-olah cerita maskot itu memang benar adanya.

Penasaran siapa dan seperti apa cerita di balik maskot ini? yuk kita simak satu persatu.

1 dari 13 halaman

1. Eddie The Head

Eddie The Head

Eddie The Head adalah maskot dari band asal Inggris, Iron Maiden. Eddie The Head atau Edward The Head atau juga dikenal Ed The Head ini banyak sekali muncul mulai dari desain di kaos, poster hingg action figures. Dan baru-baru ini Eddie merambah ke dunia game dan muncul di game Ed Hunter dan sebagai karakter di Tony Hawk Pro Sakter 4.

Nama Eddie sebenarnya dicetuskan oleh Dave Murray gitaris Iron Maiden yang disertai dengan cerita fikitifnay mengenai tokoh ini. Eddie digambarkan sebagai sebuah zombie dengan berbagai backgorund menyesuaikan tema sampul album yang digarap oleh Iron Maiden.

Ed kadang muncul sebagai cyborg, mummy atau sebagai pasien cacat mental. Maskot yang muncul pada 8 February 1980 ini dibuat pertama kali oleh Dave Beasley. Begitu melegendannya maskot ini dan telah menjadi bagian dari Iron Maiden, maka kini dibuatkan sebuah wujud nyatanya yang muncul di setiap konsernya.

2 dari 13 halaman

2. Vic Rattlehead

Vic Rattlehead

See No Evil, Speak No Evil, Hear No Evil menjadi slogan dari maskot band thrash metal asal Amerika, Megadeth. Matanya ditutupi oleh kaca pelindung yang dipaku, mulutnya dibungkan oleh kawat baja, dan telinganya ditutup oleh pelindung yang terbuat dari metal.

Vic sendiri adalah kreasi dari frontman Megadeth, Dave Mustaine. Dia menggambar sosok Vic sekaligus dengan mitosnya yang diambil dari lagu Skull Beneath the Skin. Mengenai nama, Dave mengambil dari kata-kata Ibunya yang mengomentari kebiasaanya berheadbanging. Kata-kata victim dan rattlehead pun digabungkan dan menjadi sebuah nama yang menjadi bagian dari band ini.

Seiring tahun Vic muncul dengan desain yang berbeda. Maskot ini sam legendanya dengan Eddie The Head. bahkan ada guyonan dari para metalhead jika Vic dan Eddie diadu kira-kira siapa yang bakal menang.

3 dari 13 halaman

3. Scary Guy

Scary Guy

Mungkin penggemar Metallica bangkotan saja yang tahu jika band ini juga memiliki maskot. Pasalnya di era saat itu seluruh band tengah dilanda demam maskot. Maskot Metallica sendiri bernama Scary Guy yang digambar sendiri oleh sang frontman, James Heatfiled.

Maskot bergambar tengkorak dengan rambut mohawak dan bertanduk ini mucul pada tahun 1992 di sampul CD edisi terbatas yang berisikan 3 lagu yang diambil saat mereka konser di Wembley. Scary Guy juga sempat muncul diberbagai desain kaos dan merchandise. Namun maskot ini sudah tak digunakan lagi hingga kini, entah karena malu dengan desainnya yang memang sederhana atau ada alasan lain.

4 dari 13 halaman

4. Snaggletooth

Snaggletooth

Jika orang melihat gambar babi hutan dengan taringnya yang menjulang tinggi dan tajam maka mereka tahu bahwa ini adalah maskot band asal Inggris, Motorhead. Maskot ini sangat pas dengan penggambaran dari band tersebut yang musiknya memang liar.

Adalah Lemmy Kilmister sang frontman dari Motorhead yang menginginkan sosok maskot yang pas untuk bandnya. Hingga akhirnya tercipta sebuah maskot yang didesain oleh Joe Pentagno pada tahun 1977.  Maskot ini terus berevolusi dengan desain-desain lain yang tetap mengerikan.

5 dari 13 halaman

5. Deathbat

Deathbat

Meningkatnya popularitas Avenged Sevenfold di musik metal membuat hal yang berbau mereka semakin diminati. Termasuk logo tengkorak bersayap kelelawar yang menjadi identitas dari band tersebut.

Sebuah desain yang sangat sederhana namun mengena dan pas dengan konsep bandnya. Sayangnya logo tersebut dianggap meniru dari logo band metal lama, Overkill. Pun begitu Avenged Sevenfold tak memberikan klarifikasi lebih lanjut.

6 dari 13 halaman

6. Chaly

Chaly

Tengkorak bersayapkan kelelawar ini yang menyeramkan ini memiliki nama lucu yaitu Chaly. Maskot dari band thrash metal, Overkill ini selalu muncul di setiap album mereka. Persamaan konsep maskot dengan Avenged Sevenfold membuat Overkill serta fans marah dan menuduh band metalcore asal Orange County tersebut meniru. Perseteruan ini sempat muncul dalam kaos yang berisi pesan prvokasi dengan gambar Chaly di depan dan tulisan Get Your Own Logo!

7 dari 13 halaman

7. Manowarrior

Manowarrior

Manowarrior adalah nama untuk maskot dari grup band speed metal Manowar. Maskot tersebut digambarkan sebagai sosok ksatria barbar yang mirip dengan karakter cerita Conan. Salah satu hal yang unik dari Manowar adalah albumnay yang selallu bercerita di setiap lagunya, seakan menggambarkan kisah heroik dari Manowarrior tersebut.

8 dari 13 halaman

8. Murray

Murray

Untuk ukuran sebuah karakter iblis, nama Murray seakan kurang menggambarkan sosok imej tersebut. Namun nama tersebut dipilih oleh Dio untuk maskot yang selalu menghiasi di setiap sampul albumnya dan juga tampil di setiap konsernya.

9 dari 13 halaman

9. Set Abominae

Set Abominae

Nama yang menyeramkan dan pas dengan gamnbar iblis yang menjadi maskot dari band pengusung heavy metal asal Amerika, Iced Earth. Maskot ini kerap menghiasi album-album dari Iced Earth. Selain itu kebanyakan lirik dari Iced Earth banyak menceritakan tentang karakter fiksi ciptaan Jon Schaffer ini.

10 dari 13 halaman

10. The Guy

The Guy

Iblis yang wajahnya hanya terlihat siluet dan matanya yang merah menyala ini selalu menghiasi album, dan merchandise dari Disturbed. The Guy pertama kali muncul di album pertama berjudul The Sickness dan terus digunakan hingga kini, karena dianggap mewakili dari band sendiri.

11 dari 13 halaman

11. Not Man

Not Man

Mungkin maskot ini tidak menyeramkan sekali bahkan terkesan lucu.  Namun maskot yang diberi nama Not Man ini memberi banyak sumbangsih untuk Anthrax. Not Man sendiri digambarkan seseoarang berkepala pelontos dengan wajah bulat dan kerap divisualisasikan di setiap merchandise mereka.

12 dari 13 halaman

12. Nameless Skull

Nameless Skull

Grup band heavy metal, Black Label Society ini memiliki maskot yang mereka sendiri tak sadari. Pasalnya logo tengkorak ini selalu menghiasi di album serta merchandise mereka dan menjadi identitas tersendiri. Namun Black Label Society seakan enggan mengurus masalah maskot ini.

13 dari 13 halaman

13. Facebones

Facebones

Facebones adalah masjkot dari band animasi dari Deathklok, Maskot ini muncul di setiap video yang berhubungan dengan band dan berbicara dengan suara tinggi yang kemudian menjadi gelap di akhir video.

(kpl/faj)


Editor:  

Fajar Adhityo

↑