Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

25 Tahun Berkarya, NTRL: Kebanyakan Sukanya Sih

Dhefa Mauren Roos Mary   | Rabu, 16 Januari 2019 11:31 WIB
25 Tahun Berkarya, NTRL: Kebanyakan Sukanya Sih
Band NTRL © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Waktu cepat sekali berlalu. Tanpa disadari tahun 2019 adalah tahun ke-25 bagi grup band NTRL mengarungi blantika musik Indonesia. Dan waktu juga lah yang membawa mereka throwback ke masa 25 tahun yang lalu saat mereka memulai langkahnya dengan membentuk sebuah band bersama-sama.

Rupanya grup band yang beranggotakan Bagus, Coki, dan Eno ini memulai band ini sejak bangku SMA lho. Mau tahu bagaimana sih ceritanya hingga NTRL terbentuk saat itu?

"Nggak terasa (udah 25 tahun aja kita sama-sama). Dari band SMA, cuma ngejam-ngejam, main-main, latihan gak jelas. Sampai akhirnya bikin demo, diterima sama label, bikin album, terus sampai gonta-ganti personel, sampai sekarang. Terakhir 14 album rilis ini 25 tahun berkarya. (Rasanya) itu gak bisa digambarkan dengan kata-kata deh," terang Bagus saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (15/1).

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

1. Nggak Nyangka

Bermula dari keisengan membuat band di masa SMA, NTRL mampu membuktikan kepada blantika musik kalau mereka tegak berdiri hingga tercapailah angka 25 tahun. Angka ini bukanlah waktu yang sebentar. Bahkan para personel NTRL sampai tak menyangka kalau mereka sudah bersama selama 25 tahun.

"Gua sih gak pernah nyangka akan bisa sejauh 25 tahun ini. Karena kita kepikiran berkarya-berkarya aja, bikin album," ujar Bagus lagi.

"Main (musik) aja terus, gak pernah berhenti bikin lagu. Sampai yang ngingetin orang lain kalau udah 25 tahun. Lama, cuma gak kerasa. Kayak baru kenal kemaren, karena emang enjoy, mainnya emang klik, jadi gak pernah ngerasain timeline. Tahu-tahu udah taun baru, ntar melek tahu-tahu tahun 2020. Gak pernah terfokus kita udah begini-begitu," sambung Coki yang setuju dengan Bagus.

2. Suka-Duka NTRL

Gambar

Dalam masa 25 tahun itu tentunya banyak suka-duka yang mereka arungi bersama. Namun ternyata duka yang mereka alami tak dirasa terlalu berat alias dibawa enjoy saja. Nggak percaya?

"Kebanyakan sukanya sih hahaha. Kebanyakan senangnya," jawab Bagus.

"Dukanya paling kalo nggak ada job," sahut Coki menutup statement Bagus NTRL.

Reporter:   Sahal Fadhli