Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

5 Fakta Band Religi Debu, Memiliki Anggota Dari Berbagai Macam Negara

Editor KapanLagi.com   | Selasa, 19 April 2022 09:05 WIB
5 Fakta Band Religi Debu, Memiliki Anggota Dari Berbagai Macam Negara
source: instagram.com/debu.online

Kapanlagi.com - Ditulis oleh: Inas Arwina Ramadhani

Insiden kecelakaan maut yang menimpa grup musik Debu terjadi di Tol Pasuruan-Probolinggo. Mobil yang ditumpangi rombongan grup musik Debu mengalami kecelakaan di KM 857.200 pada Senin dini hari 18 April 2022. 

Mobil rombongan grup musik Debu disebutkan menyeruduk bagian belakang truk dari jalur yang sama sehingga mengalami ringsek di bagian depannya. Salah satu personel grup musik islami ini yakni sang drummer, Daood Abdullah Al Daood (35) mengalami luka serius.

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

Berbicara tentang Debu, grup asal Amerika Serikat ini cukup sukses berkarier di Indonesia dengan mengusung musik religi menyentuh jiwa. Yuk simak fakta grup musik Debu berikut ini.

1. Memiliki personel dari berbagai negara

Gambar

Debu adalah grup musik Muslim yang dibentuk pada tahun 2001 dan saat ini berbasis di Jakarta Selatan, Indonesia. Sebagian besar anggota band adalah orang Amerika Serikat, dengan anggota lainnya dari Indonesia.

Saat ini, Debu mempunyai 12 personel yang terdiri dari 6 laki-laki dan 6 perempuan. Mereka berasal dari Amerika Serikat, Swedia, Inggris, dan Indonesia. 

2. Bermula dari sebuah kampus di Makassar

Gambar

Beberapa anggota aslinya adalah guru di sebuah universitas di Makassar, di mana band ini dimulai secara informal sebagai semacam kegiatan ekstrakurikuler.

Nama band mereka dalam bahasa Indonesia dan berarti “debu”, yang merupakan indikasi bagi pendengar untuk menghindari fokus pada anggota band karena mereka mengaku tidak signifikan dibandingkan dengan musik.

3. Musik multikultural

Gambar

Menyajikan musik religi dengan lirik-lirik ala sufi membuat Debu diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam. Kekuatan lain yang dimiliki Debu adalah musik multikultural yang berasal dari beragam genre.

Debu memadukan musik rebana ala Timur Tengah, jazz, country, hingga world music. Alat musik yang digunakannya pun berasal dari banyak negara seperti santur dari Iran, tambura dari Turki, hingga gendok-gendok dari Sulawesi Selatan.

4. Tema lagu yang khas

Gambar

Tema lagu-lagu mereka adalah tentang kedamaian, cinta dan kerinduan kepada Sang Pencipta.

Mereka kerap mengatakan bahwa pesan cinta dan perdamaian bukanlah hal baru; bagi mereka itu adalah esensi Islam, jalan Sufi.

5. Awalnya bernama Dust On The Road

Gambar

Sebelum berkarier di Indonesia, Debu lebih dulu merintis karier di Amerika Serikat dengan nama Dust on The Road alias Debu di Jalanan yang didirikan oleh Syekh Fattaah, seorang ahli tasawuf.

Setelah hijrah ke Indonesia pada tahun 1999, grup ini resmi mengganti nama menjadi Debu.

Editor:   Editor KapanLagi.com