5 Fakta Menarik 'Konser Amal Afgan' untuk Beasiswa Pendidikan yang Perlu Kamu Tahu

Ayu Srikhandi   | Minggu, 26 Januari 2020 08:35 WIB
5 Fakta Menarik 'Konser Amal Afgan' untuk Beasiswa Pendidikan yang Perlu Kamu Tahu

Kapanlagi.com - Penyanyi solo Afgansyah Reza baru menggelar konser amal perdananya yang bertajuk Konser Amal Afgan untuk Beasiswa Pendidikan pada Jumat (24/1/2020) malam di M Bloc Space, Jakarta Selatan.

Konser amal tersebut bertujuan untuk memberikan beasiswa pendidikan bagi pelajar dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Muara Enim, Yogyakarta, NTB, hingga Kalimantan Timur.

Selain itu, konser ini pun sekaligus menandai satu dekade Afgan berkarier di Industri musik Tanah Air. Lantas, seperti apa keseruan Konser Amal Afgan untuk Beasiswa Pendidikan yang digelar semalam? Yuk, kita simak bersama.

 

 

1 dari 5 halaman

1. Jadi Konser Spesial Setelah Vakum

Jadi Konser Spesial Setelah Vakum Afgan © KapanLagi.com/Akbar Prabowo Triyuwono
Nampaknya konser ini menjadi kejutan dan cukup spesial bagi Afgan sendiri. Pasalnya, dirinya menyatakan akan cuti dari dunia musik setelah 'Konser Satu Dekade' yang berlangsung 5 bulan lalu, tepatnya 9 Agustus 2019.

Maka rasanya tidak heran jika dirinya tampil maksimal dalam konser semalam. Dengan setelan kemeja putih berbalut outer hijau, Afgan tampil begitu fresh dan menawan di atas panggung.

Pelantun Panah Asmara tersebut tampil dengan penuh semangat dan enerjik. Total sebanyak 13 lagu, seperti Katakan Tidak Pada Selingkuh hingga Panah Asmara turut dibawakan.

"Selamat malam semua! Selamat datang di konser Amal Afgan. Rasanya seneng banget, udah kangen banget ngerasain konser kaya gini, terkahir dekade ya," ucapnya pada awal-awal penampilan.

2 dari 5 halaman

2. Terkumpul Donasi Sebanyak Rp 215 Juta

Donasi sebanyak itu dapat terkumpul dari tiket konser yang terjual dan melalui program Beasiswa Afgan pada platform kitabisa.com.

Selain itu, Afgan sekaligus meluncurkan sebuah situs penggalangan dana dengan berisikan program sosial yang diinisiasi langsung oleh Afgan sendiri. Situs tersebut bernama Afganfund.com.

Dana yang terkumpul sebanyak Rp 215 juta tersebut akan diberikan untuk para 'Adik Bintang', sebutan anak-anak binaan Hoshizora Foundation yang membutuhkan pendidikan. Sebagiannya lagi, donasi tersebut juga sudah disalurkan bagi para korban banjir.

"Tadinya ini cuma ide-ide. Happy banget akhirnya Ini jadi kenyataan. Kita berhasil mengumpulkan Rp 215 juta. Kalian nggak hanya have fun, tapi kalian juga ngebantu anak-anak yang putus sekolah," ucap Afgan di atas panggung.

3 dari 5 halaman

3. Rossa Hadir Jadi Kejutan!

Rossa Hadir Jadi Kejutan! Afgan - Rossa © KapanLagi.com/Akbar Prabowo Triyuwono
Para Afganisme, sebutan para fans Afgan, dibuat semakin bahagia dengan kejutan yang hadir di tengah-tengah konser. Yap, Rossa tiba-tiba bergabung di atas panggung!

"Sambutlah tamu spesial yang akan menemani saya malam ini. Sambutlah Rossa!" ujarnya seusai membawakan Percayalah.

Kehadiran Rossa membuat suasana semakin menyenangkan dan membuat penonton gemas karena tingkah lucu dan kemesraan yang mereka tunjukkan. Keduanya menyanyikan dengan intim lagu duet mereka berdua, Kamu yang Kutunggu.

4 dari 5 halaman

4. Nyanyikan Lagu Michael Jackson

Dari semua lagu hits miliknya, Afgan memilih untuk membawakan satu lagu yang berbeda. Lagu tersebut adalah Heal The World milik mendiang Michael Jackson.

Para penonton pun terlihat terbawa suasana. Mereka kompak bernyanyi seraya mengayunkan tubuhnya. Pada momen ini, sepertinya Afgan sukses meraih hati perhatian penuh para penonton.

"Semoga bisa semakin menyebar kebaikan buat dunia. Gak papa small acts, yang penting niatnya," ujar Afgan usai menyanyikan lagu tersebut.

5 dari 5 halaman

5. Hadirkan Sosok Sukani, Sang Penerima Beasiswa

Hadirkan Sosok Sukani, Sang Penerima Beasiswa Afgan © KapanLagi.com/Akbar Prabowo Triyuwono
Sebelum konser dimulai, Reza Chandika dan Natasha Abigail, sebagai MC yang amat menghibur, tidak serta merta langsung memanggil Afgan naik ke atas panggung. Mereka terlebih dahulu memberikan waktu kepada penonton untuk menyaksikan video tentang kisah anak-anak penerima beasiswa.

Salah satu anak tersebut adalah Sukani yang berasal dari Gunung Kidul, Jogjakarta. Bukan hanya video yang ditayangkan, melainkan Sukani hadir langsung di atas panggung sebagai perwakilan 'Adik Bintang' yang menerima beasiswa.

"Jadi ada salah satu, sukani, dari Gunung Kidul. Pas aku mau pulang dia nangis. Itu sedih banget. Dari situ muncul ide buat konser amal, belom pernah saya bikin konser amal," ujar Afgan di sela-sela penampilannya.

Meskipun agak sedikit kaku, ketika ditanya di atas panggung, Sukani terlihat menjawabnya dengan begitu polos. Sukani mengaku menyukai pelajaran Bahasa Indonesia dan bercita-cita ingin menjadi guru. Dirinya pun amat bersyukur bisa mendapatkan beasiswa ini.

"Saya mau mengucapkan terima kasih atas donasi yang diberikan kepada saya. Saya bisa kembali melanjutkan sekolah dan semoga bisa meraih impian saya," ucap pelajar kelas 3 SMA tersebut yang diamini oleh seluruh penonton.

(kpl/apt/jje)