6 Klip Terpopuler Seputar Pilpres 2014, Tentukan Pilihanmu!

Nizar Zulmi | Kamis, 26 Juni 2014 12:01 WIB
6 Klip Terpopuler Seputar Pilpres 2014, Tentukan Pilihanmu!
Kapanlagi.com - Pemilihan presiden 2014 merupakan event milik seluruh rakyat Indonesia. Para pendukung masing-masing capres dan cawapres berlomba-lomba untuk meraup dukungan dengan cara yang bermacam-macam.

Para musisi tak ketinggalan ikut andil dalam menyemarakkan hajatan lima tahunan ini. Insan seni mulai mengerahkan segala kreativitas yang mereka punya untuk calon pemimpin idola mereka.

Tiga bulan terakhir, banyak beredar video kreatif yang beredar di dunia maya. Berikut merupakan enam klip terpopuler terkait pilpres 2014. Penasaran? Langsung cek di sini daftarnya.

1 dari 6 halaman

1. Salam Dua Jari - Komunitas Revolusi Harmoni

Salam Dua Jari - Komunitas Revolusi Harmoni foto-video: youtube.com/Musik Slank
Dukungan demi dukungan mengalir dari para musisi untuk pasangan Jokowi-JK. Di antara mereka terdapat nama Slank dan J Flow.

Keduanya menjadi perancang lahirnya lagu Salam Dua Jari yang jadi lagu kampanye Jokowi di beberapa daerah di Indonesia. Dukungan Slank menjadi salah satu kekuatan besar karena Kaka dan kawan-kawan terkenal miliki fans dalam jumlah membludak.

Dalam video kreatif ini, para pendukung yang menamakan Komunitas Revolusi Harmoni tampil apik. Komunitas yang terdiri dari beberapa artis ini satukan suara untuk mendukung mantan gubernur DKI Jakarta.

Dengan menggunakan lirik yang catchy, klip ini begitu melekat dan mudah terekam dalam benak setiap orang. Simak videonya di bawah ini ya.

2 dari 6 halaman

2. We Will Rock You (Prabowo-Hatta) - Ahmad Dhani feat Trio Idol

We Will Rock You (Prabowo-Hatta) - Ahmad Dhani feat Trio Idol foto-video: youtube.com/IndoPop
Ahmad Dhani selaku pendukung Prabowo tak ingin tinggal diam. Bos RCM ini pun turut membuat video dukungan untuk Prabowo-Hatta melalui YouTube.

Dengan menggandeng ketiga finalis Indonesian Idol yaitu Virzha, Husein, dan Nowela, Dhani tampilkan kesan tegas. Dengan mengcover lagu Queen, We Will Rock You, komposer handal ini gabungkan suara rock dan metal milik ketiga jebolan Idol.

Berbeda dari klip Jokowi, Dhani mencoba tonjolkan ketegasan seperti sikap Prabowo. Menurutnya, Indonesia harus bangkit, dengan peran Prabowo sebagai pemimpin.

Namun sayang video ini sempat menuai kontroversi karena kostum yang dipakai Dhani. Meski begitu, para pendukung Prabowo-Hatta cukup terwakili semangatnya oleh klip ini.

3 dari 6 halaman

3. Bersatu padu Coblos No. 2 - Kill The DJ

Bersatu padu Coblos No. 2 - Kill The DJ foto-video: youtube.com/Marzuki Mohamad
Miliki wajah dan perawakan mirip Jokowi, rapper Kill The DJ cukup sukses jadi buah bibir di dunia maya. Lagu kreatif ini diaransemen dengan unsur musik tradisional jawa, menggambarkan kekaleman Jokowi.

Video yang diunggah pada 7 Juni lalu ini mendapat berbagai respon positif dari para pendukung setia Jokowi. Tak heran jika lagu ini juga sering terdengar di kampanye Jokowi.

Rapper bernama Marzuki Mohamad ini menilai Jokowi lah yang pantas jadi presiden. Indonesia membutuhkan sosok jujur, sederhana, dan bekerja.

Dalam lagu tersebut ia juga menyampaikan yang menang tak harus jumawa, dan yang kalah mestinya lapang dada. Salam damai untuk Indonesia, katanya.

4 dari 6 halaman

4. Happy - Sahabat Prabowo

Happy - Sahabat Prabowo foto-video: youtube.com/Sahabat Prabowo
Di daftar berikutnya ada klip yang diprakarsai oleh Sahabat Prabowo. Video unik ini juga merupakan salah satu cara kampanye yang positif dan berbudi.

Video tersebut menggambarkan semangat muda-mudi Sahabat Prabowo untuk bersatu padu membentuk Indonesia yang lebih baik. Niat tulus dan cara yang baik menjadi kunci mereka memperbaiki Indonesia.

Dengan mengusung lagu Happy milik Pharrell Williams, klip ini menggambarkan kekompakan dan kebebasan berekspresi para pendukung. Ini menjadi salah satu tepisan bahwa jika Prabowo tak menghendaki sebuah kebebasan untuk berkreasi.

Tak hanya memuat para muda-mudi, klip ini juga melibatkan berbagai usia dan profesi. Rasanya senang melihat rakyat Indonesia dari berbagai kalangan bisa tersenyum dan pancarkan keceriaan.

5 dari 6 halaman

5. Presiden Impian - Saykoji feat. Umbu Kaborang

Presiden Impian - Saykoji feat. Umbu Kaborang foto-video: youtube.com/Project Slingshot
Jika video-video di atas menyatakan dukungan kepada calon presiden tertentu, Saykoji ingin tampil beda. Dengan menggaet Umbu Kaborang, mereka berdua membahas kekuatan masing-masing presiden secara seimbang.

Igor beberkan seperti apa presiden impian yang diinginkan Indonesia. Presiden yang tegas berlatar belakang militer, atau yang merakyat terserah kita yang memilih.

Pesan Saykoji dalam lagu ini juga disampaikan untuk calon presiden yang akan terpilih. Ia ingin pemimpin nanti bisa memberantas korupsi dan memimpin Indonesia dengan terobosan-terobosan untuk selamatkan negeri ini.

Pada intinya, klip ini ingin agar kita memilih dengan alasan yang kuat. Kita harus tau siapa yang kita pilih, bukan sekedar ikut-ikutan.

6 dari 6 halaman

6. Lagu Pilpres Jokowi Prabowo - Eka Gustiwana

Lagu Pilpres Jokowi Prabowo - Eka Gustiwana foto-video: youtube.com/Eka Gustiwana
Kita simpan yang paling unik di belakang. Siapa lagi yang bisa membuat video speech composing sehebat Eka Gustiwana?

Pria satu ini berhasil mencuri perhatian publik dengan membuat video yang mengolah tutur kata seseorang sehingga bisa mencapai nada tertentu. Karyanya terdahulu sangat populer, salah satunya yaitu Demi Tuhan yang ia buat saat kasus Eyang Subur dan Arya Wiguna sedang ramai-ramainya.

Kali ini, Eka hadir dengan mengusung tema pilpres. Masih dengan sikap netral, Eka merangkai kata demi kata dan gerakan menjadi sebuah karya yang unik.

Dengan mengambil tema debat capres, Eka sukses menelurkan lagu yang kocak dan sangat menghibur. Persaingan tak harus dengan emosi dan baku hantam, bukan?

(kpl/niz)


Editor:  

Nizar Zulmi

↑