6 Penyanyi Ini Ada di Balik Bayangan Nike Ardilla, Sudah Tahu?

Natanael Sepaya   | Selasa, 24 Maret 2015 20:22 WIB
6 Penyanyi Ini Ada di Balik Bayangan Nike Ardilla, Sudah Tahu?
Bayangan Nike Ardilla ©Istimewa

Kapanlagi.com - Butuh lebih dari satu kata untuk menggambarkan sosok penyanyi slow-rock Indonesia paling fenomenal, Nike Ardilla. Bahkan kematiannya pun seolah membuka jalan luas bagi para penyanyi Indonesia lain yang mengikuti jejaknya.

Coba saja lihat nama seperti Dike Ardilla yang dengan berani mengaku sebagai pengganti sosok paling fenomenal tersebut. Atau kita bisa menggali kembali ingatan saat sosok Ratna Dilla yang digandeng Deddy Dores diplot sebagai pribadi yang paling pas untuk melanjutkan sepak terjang Nike Ardilla di Indonesia.

Nah, kali ini kanal m.kapanlagi.com/musik mencoba menguak siapa saja penyanyi yang ada di balik sosok fenomenal Nike Ardilla dan seolah menjadi bayangan sang penyanyi slow rock tersebut. Sudah siap? Yuk kita cek di sini sama-sama.

(kpl/ntn)

1. Ratna Dilla, Sosok Pengganti Paling Pas?

Pasca kematian Nike Ardilla, Indonesia rasanya belum mampu menemukan kembali sosok penyanyi yang bisa menggantikannya. Tapi pada 8 Agustus 2012 silam, penyanyi senior, Deddy Dores mengumumkan kalau dia telah menemukan sosok pengganti Nike Ardilla yang begitu fenomenal.

Dialah Ratna Dilla, seorang penyanyi yang memang mengagumi Nike Ardilla. Bahkan, dia pun sampai membawakan salah satu hits single yang pernah dibawakan Nike Ardilla, Cintaku Tak Akan Berubah.

2. Dike Ardilla, Mengaku Mampu Gantikan Nike

Meski banyak yang berusaha mengikuti jejak sukses Nike Ardilla, tidak ada satupun penyanyi yang berani mengukuhkan diri sebagai sosok penggantinya. Namun, cuma nama Dike Ardilla yang berhasil melejit karena pengakuannya yang menghebohkan di dunia musik tanah air sebagai pengganti Nike Ardilla.

Ya, berani memproklamirkan dirinya sebagai pengganti sosok almarhumah Nike Ardilla, karir Dike pun langsung melejit sekaligus menuai cemooh dari publik. Ya, ini karena sensasi, penampilan, dan gaya vokalnya yang saat itu dinilai sangat mirip dengan Nike Ardilla.

3. Ketua Fans Nike Ardilla, Lia Nathalia

Lia Nathalia memang adalah salah satu sosok kuat yang diharapkan bisa menjadi pengganti Nike Ardilla. Ketertarikannya dengan sosok yang melegenda di dunia musik tanah air itu terbukti sebagai salah satu fans dan penyanyi yang sempat menjadi ketua dari NAFC (Nike Ardilla Fans Club).

Walau begitu, karirnya sebagai penyanyi tak bisa lepas dari bayang-bayang Nike Ardilla. Semua komentar dan anggapan itu muncul karena nuansa Nike Ardilla yang hadir lewat suara Lia Nathalia di album perdananya, SELAMAT TINGGAL KEKASIH.

4. Istri Ahmad Dhani, Wulan Ardina

Mungkin masih ada yang belum tahu kalau Wulan Ardina adalah nama pertama Mulan Kwok yang kini sudah berganti kembali menjadi Mulan Jameela. Jika kembali menilik album perdananya, KEKAL, yang rilis tahun 2000 silam, musik di dalam album ini hadir dengan warna slow rock yang cukup mirip dengan Nike Ardilla.

Bukan cuma itu saja, suara Mulan Jameela yang saat itu masih bernama Wulan Ardina pun dianggap mirip dengan suara Nike. Namun, ada juga yang beranggapan kalau semua ini karena tipikal suara Mulan yang cocok membawakan berbagai jenis musik rock. Karena album ini tidak terlalu terlacak, banyak orang mengenal pribadi Wulan Ardina saat namanya sudah menjadi Mulan Kwok dan bergabung bersama Maia Estianty di Duo Ratu.

5. Penyanyi Asuhan Deddy Dores, Elisa

Memang sosok Nike Ardilla di zamannya begitu fenomenal dan membuat dunia musik tanah air seolah terasa kurang greget. Mungkin inilah yang membuat Deddy Dores mencari sosok penyanyi yang bisa menggantikan Nike.

Karena pada saat itu nama Nike Ardilla masih jadi sorotan utama, banyak ajang pencarian bakat muncul dan melahirkan Elisa sebagai salah satu jawaranya. Melihat kualitas yang dimiliki Elisa, Deddy Dores pun merasa bisa memberikan sentuhan dan warna musik Nike Ardilla pada penyanyi ini. Sayang, namanya masih tetap tertutup di balik bayangan Nike Ardilla.

6. Nafa Urbach, Titisan Nike Ardilla

Setelah Nike Ardilla wafat secara tragis pada 19 Maret 1995 silam, perhatian publik pun langsung tertuju pada sosok penyanyi yang saat itu masih berumur 14 tahun, Nafa Urbach. Lewat lagunya yang berjudul Bagai Lilin Kecil, nama Nafa Urbach pun seketika melejit.

Lagu yang dibawakan dengan warna musik slow rock tersebut memang terasa seperti nuansa musik Nike Ardilla. Banyak yang beranggapan hal tersebut terjadi karena pencipta lagu-lagu Nafa Urbach diciptakan oleh Deddy Dores.

Karena itu, sampai hari ini pun banyak penikmat musik yang dengan mentah mengatakan kalau Nafa urbach adalah titisan Nike Ardilla.

Editor:   Natanael Sepaya