Ad-Rock Jadi Saksi Sidang Kasus Hak Cipta Beastie Boys

Editor KapanLagi.com | 29 Mei 2014, 07:21 WIB
Ad-Rock Jadi Saksi Sidang Kasus Hak Cipta Beastie Boys

Kapanlagi.com - Siapa yang tak kenal dengan grup hip hop, satu ini? The Beastie Boys adalah satu dari sekian grup hip hop yang terbentuk tahun 80-an dan masih produktif hingga awal 2000-an.

Sampai akhirnya mereka meredup setelah kepergian salah satu anggotanya, MCA (Adam Yauch) yang meninggal pada 4 Mei 2012 silam. Hingga saat ini tertinggal dua rapper, Mike D dan Ad-Rock.

Adam Horovitz aka Ad-Rock ©SplashNewsAdam Horovitz aka Ad-Rock ©SplashNews

Selasa (27/5) kemarin, Adam Horovitz atau biasa dikenal dengan sebutan Ad-Rock menjadi saksi pertama di pengadilan dalam persidangan perihal hak cipta yang dilayangkan Beastie Boys kepada Monster Energy Co.

Beastie Boys sendiri meluncurkan gugatan pada Monster Energy Co sejak tahun 2012 silam. Grup beranggotakan tiga rapper ini mengklaim bahwa lagunya digunakan secara ilegal untuk iklan perusahaan tersebut.

Akibat penggunaan lagu mereka tanpa izin, Beastie Boys mengaku rugi sekitar US$ 1 juta yang ditampilkan dalam video Monster. Sementara itu menurut Billboard, perusahaan yakin bahwa kerugian bahkan tidak akan melebihi US$ 125 ribu.

Sebenarnya Monster bukan satu-satunya perusahaan yang telah digugat Beastie Boys atas pelanggaran hak cipta. Tahun lalu, GoldieBlox juga telah dituntut setelah menggunakan lagu berjudul Girls dalam video iklan perusahaan mainan tersebut.

 

(ace/ang)

Editor:   Editor KapanLagi.com