Album Band Aid Terjual 72.000 Keping dalam Sehari

Darmadi Sasongko | 01 Desember 2004, 20:12 WIB
Kapanlagi.com - Nada optimisnya kembali menyeruak menyusul suksesnya penjualan album tunggal Band Aid, 'Do They Know It's Christmas?. Baru sehari diluncurkan album mampu terjual 72.000 keping dan diperkirakan dalam pekan ini akan terjual sekitar 600.000 keping.

Sebelumnya album ini hanya ditargetkan mampu terjual sekitar 500.000 keping yang setidaknya bisa menuai pemasukan sebesar dua juta pounds. Namun perkembangan saat diluncurkan Selasa (30/11) kemarin menunjukan hasil yang diluar dugaan.

Juru bicacara Band Aid mengatakan bahwa hasil penjualan dihari pertama itu telah membuat mereka sangat bergembira.

Sejauh ini menurut catatan HMV, jika benar album tunggal 'Do They Know It's Chrismast' mampu menjual sekitar 72.000 keping dalam sehari maka itu merupakan penjualan tercepat sebuah album atau lagu tunggal tahun 2004 ini.

Pencapaian Band Aid untuk meraih penjualan sampai 72.000 keping itu tidaklah mengherankan. Lantaran ada sejumlah nama besar seperti Dido, Robbie Williams dan Chris Martin yang tergabung dalam Band ini.

Perusahaan rekaman seperti HMV, Virgin dan Woolwoths melakukan perhitungan. Jika saja terjual 500,000 keping maka akan lebih dari 1 juta pound yang akan didapat oleh yayasan untuk membantu penyakit AIDS dan kaum papa di Afrika.

"Saya fikir album tunggal ini akan terus diburu pekan ini," ujar juru bicara HMV Gennaro Castaldo.

Versi asli dari lagu ini pernah dibawakan oleh George Michael, Phil Collins dan Duran Duran dengan menjual 750,000 keping dan pencapaian 3.5 juta pound.

Album tunggal tercepat yang pernah diraih adalah Candle in the Wind pada 1997 silam yang dilantukan oleh Sir Elton John.

Penjuaalan album 'Do They Know It's Christmast ini juga menuai protes lantaran album ini hanya bisa dinikmati melalui format media player dari sistem operasi Windows. (jak/dar)

Editor:  

Darmadi Sasongko