Album Sempat Tak Laku, Inilah Yang Membuat Wayang Bangkit Lagi

Girindra Permana Cahya | 20 Oktober 2015, 17:22 WIB
Album Sempat Tak Laku, Inilah Yang Membuat Wayang Bangkit Lagi

Kapanlagi.com - Beberapa waktu yang lalu, tepatnya di tahun 2008, grup musik yang booming di tahun 90-an Wayang sempat mengeluarkan sebuah album. Sayangnya album bertajuk PERBEDAAN ini kurang diminati oleh pasar.

Materi-materi yang diciptakan oleh band yang ikonik dengan drummer cilik pada masanya diungkapkan Ramdan sang vokalis sangat baik. Ternyata karya mereka yang buat tak sesuai dengan permintaan pasar.

"Sebenarnya kalau dari materi sih bagus banget. Karena kita memang pertama kalinya menyelesaikan album dengan konsep sendiri, tanpa bantuan orang lain. Terus cara promosinya juga udah mateng di pikiran. Memang kondisi pasar pada saat itu mungkin terlalu jauh kali ya (materinya) untuk diterima masyarakat pada tahun 2008,"  ujar Ramdan Wahyu, vokalis sekaligus gitaris Wayang saat kunjungi kantor KapanLagi.com®, Tebet, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Wayang saat mengunjungi kantor KapanLagi.com © KapanLagi.com®/Bayu HerdiantoWayang saat mengunjungi kantor KapanLagi.com © KapanLagi.com®/Bayu Herdianto

Meskipun industri musik sempat anjlok, Ramdan mewakili Wayang tetap optimis akan tetap eksis untuk berkarya. Satu pandangan yang sangat idealis diutarakannya yaitu 'Musik nggak akan ada matinya'.

"Musik nggak akan ada matinya, cuma pasarnya itu udah beda sekali sama yang dulu. Cara promosi kita aja udah beda sama yang dulu. Sekarang sih kita yang penting eksis di media sosial, kayak kesibukan kita lagi ngapain. Itu yang penting," ungkap Ramdan tentang alasan Wayang eksis hingga kini.

Kondisi ini membuat grup yang kini beranggotakan Ramdan (vokal & gitar) serta Ahmad Fauzi (bass) lebih aktif memainkan sosial media mereka. "Kalau dulu kan nggak, kita keluar album langsung keluar juga di TV. Sekarang lebih ke sosial media,kebetulan Wayangku juga kebanyakan aktif di media sosial. Di situlah kita akan gencar untuk promosi," ujar Ramdan.

Hal penting lainnya yang masih mengobarkan semangat Wayang band dalam bermusik adalah dukungan para Wayangku, nama fans setia mereka. Fans meminta grup musik yang populer dengan lagu Damai ini tetap eksis sampai kapanpun.

Wayang berencana akan membuat satu album yang berisi lagu-lagu ngehits mereka, namun masih belum pasti kapan mereka akan merilis karya tersebut. "Saya belum yakin (untuk keluarkan album), karena selain sayang budget, kita sempet down saat ngeluarin album kedelapan, materinya bagus tapi hasilnya nggak banget," pungkasnya.


(kpl/far/otx)

Reporter:   Fikri Alfi Rosyadi