Album Terbaru Taylor Swift 'FOLKLORE' Terjual Lebih Dari Setengah Juta di AS Dalam Waktu Singkat

Editor KapanLagi.com  | 28 Juli 2020, 14:08 WIB
Album Terbaru Taylor Swift 'FOLKLORE' Terjual Lebih Dari Setengah Juta di AS Dalam Waktu Singkat

Kapanlagi.com - Taylor Swift mengejutkan para penggemarnya dengan mengumumkan akan merilis album terbarunya. Album terbarunya yang berjudul FOLKLORE resmi dirilis 13 jam setelah pernyataannya pada Instagram pribadinya. Album FOLKLORE terdiri dari 16 lagu dengan title track 'Cardigan', dimana video klip nya juga telah dirilis bersamaan dengan albumnya. Video klip yang dirilis oleh official YouTube Taylor Swift itu telah ditonton sebanyak 28 juta kali penayangan hingga saat ini.

https://www.youtube.com/watch?v=K-a8s8OLBSE

Dalam pembuatan video klip 'Cardigan' Taylor Swift sendiri turun tangan menjadi sutradaranya. Taylor Swift sendiri berkata bahwa video klip tersebut diawasi oleh petugas medis dan semua orang menggunakan masker serta menerapkan social distancing. Bahkan Taylor Swift sendiri juga bertindak sebagai penata rambut, penata rias, dan penata busana dalam video klipnya sendiri.

"Seluruh lagu dalam album ini kutulis berdasarkan keinginanku, mimpiku, ketakutan ku, dan renungan ku. Perasaanku mengatakan jika kau mencintai sesuatu, kau harus menunjukkannya pada dunia. Itulah sisi ketidakpastian yang kudapatkan. Aku sangat mencintai kalian semua" ungkapnya dalam sebuah caption Instagram saat pengumuman perilisan album terbarunya. Taylor Swift juga mengatakan dalam albumnya ini, ia berkolaborasi dengan banyak musisi seperti Aaron Dessner, Bon Iver, William Bowey dan Jack Antonoff.

Taylor Swift mengungkapkan bahwa banyak rencana yang ia buat pada musim panas ini tak dapat ia lakukan karena pandemi saat ini, salah satunya adalah lanjutan tur untuk album LOVER. Namun, ia sendiri berkata bahwa peluncuran album ini juga tidak ada dalam rencananya. Ia ingin merilis album ini di waktu yang tepat, tapi dengan keadaan seperti ini tak ada yang bisa menjaminnya. Ia juga berkata seluruh lagu pada album ini ia buat saat masa pandemi.

Album FOLKLORE telah terjual lebih dari 500.000 unit di Amerika Serikat sejak 3 hari peresmian rilisnya berdasarkan laporan Nielsen Music / MRC Data. Jumlah ini dihitung lebih awal yakni sejak Jumat, 24 Juli. Hal ini membuat album terbaru penyanyi berusia 30 tahun ini menyaingi pencapaian album rapper Amerika Juice WRLD. Album LEGENDS NEVER DIE milik Juice WRLD sendiri berhasil menjual 517.800 kopi dalam minggu pertama. Bukan tidak mungkin album FOLKLORE akan menggeser rekor yang telah dicapai oleh album LEGENDS NEVER DIE.

Secara global, album FOLKLORE telah terjual sebanyak lebih dari 1,3 juta kopi hanya dalam kurun waktu 24 jam. Pengumuman ini diungkapkan sendiri oleh label Republic Records yang merilis album tersebut. Selain itu album ini juga memecahkan rekor global untuk streaming album di hari pertama oleh musisi perempuan pada platform Spotify, yakni diputar sebanyak 80,6 juta kali di Spotify. Selain Spotify, album ini juga menjadi album pop paling banyak diputar di Apple Music secara streaming, yakni sebanyak 35,47 juta stream dalam waktu 24 jam.

Penulis: Erina Agustin

 

 

(kpl/mag)

Join Kapanlagi.com
↑