Balkon Jazz Festival 2019 Digelar, Jatilan Menjadi Sajian Pembuka

Galuh Esti Nugraini | Sabtu, 14 September 2019 17:15 WIB
Balkon Jazz Festival 2019 Digelar, Jatilan Menjadi Sajian Pembuka

Kapanlagi.com - Gelaran Balkon Jazz Festival 2019 telah digelar di Balkondes Tuksongo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (14/9). Acara ini pun dimeriahkan oleh berbagai musisi seperti Yura Yunita, Rio Febrian, Payung Teduh, Dialog Dini Hari, Langit Sore, Tashoora, Nostress dan Frau. Tidak hanya menyajikan pertunjukan musik, gelaran ini juga menampilkan beberapa budaya daerah salah satunya adalah jatilan.

Jatilan merupakan kesenian dari Jawa, khususnya Jawa Tengah dan Yogyakarta. Jatilan juga sering dikenal dengan sebutan 'kuda lumping/jaran kepang'. Disebut kuda lumping karena kesenian ini merupakan seni tari yang dipadukan dengan properti kuda-kudaan yang terbuat dari anyaman bambu.

 

1 dari 2 halaman

1. Ada Flashmob Juga

Tak hanya jatilan, cukup menarik perhatian adalah hadirnya flashmob dan melibatkan anak-anak kecil yang merupakan warga lokal. Dengan diiringi alunan musik daerah, anak-anak kecil terlihat piawai bergerak mengikuti irama.

Di panggung utama, band lokal asal Magelang, Tiga Sisi menjadi penampil pertama. Tetap pukul 15.00 WIB naik pentas dengan diiringi tepuk tangan penonton. Salah satu lagu yang disajikan adalah Emotion milik Mariah Carey.

2 dari 2 halaman

2. Hadirkan Pasar Balkon

Hadirkan Pasar Balkon (credit: Kapanlagi.com/Mathias Purwanto)
Sementara itu, Direktur PT Manajemen CBT Nusantara, Jatmika Budi Santoso selaku pengelola dari Balkondes menjelaskan, selain gelaran musik di Balkon Jazz Festival 2019 ini akan ada sesuatu hal yang berbeda, yakni Pasar Balkon. Pasar Balkon sendiri merupakan ajang di mana masyarakat-masyarakat yang hidup di sekitaran Balkondes akan menunjukan potensi yang mereka miliki terhadap khalayak luas.

"Misalnya seperti produk pertanian masyarakat, produk makanan lokal, kerajinan tangan dan masih banyak lagi akan ada di Pasar Balkon. Seluruh tenant yang kami sediakan di Pasar Balkon sudah penuh semua. Masyarakat bisa berinteraksi secara langsung tentang apa yang mereka miliki kepada pengunjung di Balkonjazz. Semoga ini akan menjadi awal yang baik di mana ekonomi masyarakat lokal bisa lebih terangkat dan terus bertumbuh," jelas Jatmika.

(kpl/pur/gen)


Reporter:  

Mathias Purwanto.

↑