Beatles Tak Kalahkan Pamor Yesus

Editor KapanLagi.com | 23 November 2008, 09:09 WIB
Kapanlagi.com - Surat kabar Vatikan akhirnya memaafkan John Lennon karena menyatakan bahwa Beatles lebih terkenal ketimbang Yesus Kristus, dengan mengatakan ucapan itu hanya "bualan" oleh seorang pria muda yang berjuang dengan keterkenalan mendadak.

Komentar Lennon pada sebuah surat kabar London pada 1966 itu telah membuat marah umat Kristiani, khususnya di AS, beberapa dari mereka telah membakar album Beatles dalam tumpukan sangat besar.

Namun waktu tampaknya telah menyembuhkan semua luka.

"Ucapan oleh John Lennon, yang telah memicu kemarahan mendalam sebagian besar di AS, setelah banyak tahun menyuarakan hanya seperti bualan oleh seorang pemuda kelas-pekerja Inggris dengan keberhasilan yang belum pernah terjadi sebelumnya, setelah tumbuh dalam legenda Elvis dan rock and roll," harian Vatikan Osservatore Romano mengatakan.

Tulisan itu, yang menandai ulang tahun ke 40 WHITE ALBUM Beatles, dikeluarkan untuk memuji band pop itu.

"Kenyataannya tetap bahwa 38 tahun setelah bubar, lagu-lagu cap Lennon-McCartney telah menunjukkan perlawanan luar biasa pada berlalunya waktu, menjadi sumber inspirasi selama lebih dari satu generasi musisi pop," katanya. (kpl/bee)