Beragam Aliran Tampil di Jazz Traffic Festival

Darmadi Sasongko | 25 November 2011, 17:39 WIB
Beragam Aliran Tampil di Jazz Traffic Festival
Kapanlagi.com - Beragam aliran musik jazz akan tampil dalam Djarum Super Mild Jazz Traffic Festival 2011 yang digelar Suara Surabaya Media di Grand City, Surabaya, Minggu (27/11).

Ketua Panitia Penyelenggara, Wahyu Widodo dalam jumpa pers di Surabaya, Jumat (25/11/2011), mengatakan seluruh artis dengan aliran masing-masing telah siap menghibur masyarakat Surabaya.

Artis dan grup musik yang akan tampil dalam festival adalah Tompi, RAN, Maliq and D Essentials, Barry Likumahuwa Project dan LLW (Indra Lesmana - Barry Likumahuwa - Sandy Winarta) feat Dira Sugandi.

Selain itu, Bubi Chen feat Sandy Winarta and Siera Soetedjo, Idang Rasjidi, Endah and Rhesa, Balawan, Nita Artsen, LIGRO, Yudi Barlean, Gondho and Friend, Surabaya All Star, Van Java Band, serta Indonesia Jazz Community.

Aliran musik jazz yang akan mereka bawakan seperti jazz rock, fusion, acid jazz, serta ethnic jazz yang memadukan unsur-unsur petatonis musik tradisional.

Menurut dia, Kota Surabaya sejatinya merupakan embrio masuknya musik jazz di Indonesia. Musik jenis ini dibawa oleh para pelaut Belanda dan berkembang menjadi bagian dari budaya kota ini. Pada era 1970-an lahir legenda-legenda Jazz Indonesia di kota ini, seperti Bubi Chen, klan Pattiselano dan (alm) Maryono.

Musik jazz di Indonesia kemudian berkembang sesuai tuntutan pasar, sehingga muncul banyak aliran. (antara/dar)

Editor:  

Darmadi Sasongko