Bono U2 Dapat Penghargaan 'Women of the Year', Kok Bisa?

Natanael Sepaya | 02 November 2016, 11:22 WIB
Bono U2 Dapat Penghargaan 'Women of the Year', Kok Bisa?

Kapanlagi.com - Terus berkarya sejak tahun 1976, wajar rasanya jika Bono dan U2 mendapat sejumlah bentuk apresiasi dalam karir maupun pergerakan mereka. Tentu saja mengingat bagaimana unit rock asal Irlandia ini selalu membawa sejumlah isu dan permasalahan sosial ke dalam lagu-lagunya dengan vokal ketika berada di atas panggung.

Tapi yang menarik, baru-baru ini Bono justru mendapat sebuah apresiasi yang terkesan aneh dan membuat banyak orang bingung. Yap, seperti yang dilansir dari Metro.co.uk, sang frontman pun dianugerahi gelar Women of the Year oleh Glamour Magazine. Kok bisa? Wajar kalau kamu bingung.

Meski berhasil membuat banyak orang bertanya-tanya apa yang membuat sosok seorang pria mendapat gelar Women of the Year, nyatanya Bono memang melakukan sejumlah gerakan nyata bagi kaum perempuan. Vokalis 56 tahun ini mendapat apresiasi mengenai isu Poverty Is Sexiest, di mana Bono membantu kehidupan kaum perempuan yang jauh dari kata layak di seluruh dunia.

Berjuang untuk kesamaan gender untuk kaum perempuan, Bono dianugerahi gelar 'Women of the Year' © SplashnewsBerjuang untuk kesamaan gender untuk kaum perempuan, Bono dianugerahi gelar 'Women of the Year' © Splashnews

Ini termasuk bagaimana Bono membantu para kaum perempuan mendapat akses air bersih, makanan yang layak, sampai edukasi. Bono lalu melontarkan komentarnya ketika menerima penghargaan tersebut.

"Aku yakin kalau sebenarnya aku tidak pantas menerima gelar ini. Tapi aku bersyukur untuk gelar ini atas kesempatan berbicara soal kesamaan gender yang tidak bisa dicapai kecuali pria yang jadi pemimpin dengan perempuan bersamanya. Kita semua bertanggung jawab untuk masalah ini, jadi kita semua harus ikut terlibat untuk mencari solusinya," ujar Bono.

Sedangkan di sisi lain, Cindi Leive selaku kepala editor majalah Glamour memuji sikap Bono dalam mencari solusi untuk isu kesamaan gender. "Kami sudah membicarakannya selama bertahun-tahun untuk menganugerahi pria sebagai Women of the Year dan kami selalu bicara tentang omong kosong. Kamu tahu, pria selalu mendapat banyak gelar dan tidak menjadi masalah bagi kami. Tapi cara seperti itu sudah mulai terlalu basi, dan di luar sana ada banyak pria yang melakukan banyak hal luar biasa dibandingkan perempuan saat ini. Beberapa pria pantas mendapatkannya, dan Bono adalah salah satunya," aku Cindi.

(met/ntn)

Editor:   Natanael Sepaya