Cara Jadi Sosok Musisi Yang Menginspirasi

Wuri Anggarini | 21 September 2022, 00:01 WIB
Cara Jadi Sosok Musisi Yang Menginspirasi

Kapanlagi.com - Musik memiliki peran yang cukup besar dalam kehidupan banyak orang. Karena dari musik, kamu bisa mendengarkan kisah dan perasaan yang ditumpahkan oleh sang musisi ke dalam karyanya. Apalagi kalau musik yang didengerin ternyata relatable dengan kisah hidup, jadi ngerasa ada ikatan tersendiri kepada musisi dan musiknya.

Kalau jadi seorang musisi, pasti pengen jadi sosok panutan banyak orang. Menghasilkan karya-karya yang menginspirasi dan bisa dinikmati banyak orang. Kelihatannya mungkin susah, tapi kalo mau bekerja keras dan melewati prosesnya, hal itu bisa direalisasikan kok.

Mungkin awalnya bakal bingung harus mulai dari mana dulu, dan bertanya-tanya prosesnya seperti apa sih? Tenang aja, ada banyak cara yang bisa dilakuin. Intip beberapa cara ini yang bisa membantu untuk menjadi sosok musisi yang menginspirasi banyak orang!

Kuasai Teknik Musik

Menjalani profesi sebagai seorang musisi, emang nggak jauh-jauh dari alat instrumen, mengaransemen lagu, memproduksi lagu, dan menulis lirik lagu. Untuk mempelajari berbagai macam alat instrumen, kamu bisa mencoba untuk luangin waktu untuk belajar instrumen yang kamu mau, bisa dengan mencari caranya dari internet atau mungkin belajar dari rekan yang juga seorang musisi.

Untuk mengaransemen, produksi, atau menulis lagu, harus berani bereksperimen sendiri. Dengan terjun langsung dan mencoba hal-hal tersebut, sedikit demi sedikit pasti bisa menguasainya. Dari sini kamu pun bisa berkreasi sesuka hati.

Ceritain Kisahmu Ke Dalam Karya

Selain melodi lagu, banyak orang nikmatin musik karena liriknya yang relatable dengan kejadian atau perjalanan hidup yang udah mereka lewatin. Di lirik lagu yang akan dibuat, kamu bisa mencoba untuk menceritakan kisah hidup atau cerita yang ingin disampaikan. Dengan gini, audiens akan merasakan perasaan yang kamu tumpahkan dalam karya, dan mungkin mereka bisa relate dengan apa yang dituliskan.

Cari Pelajaran Dari Semua Orang

Mulai dari pekerja kantoran sampe musisi, semua orang pasti punya musisi panutannya masing-masing. Di saat udah terjun ke dunia musik, suatu hari nanti pasti akan bertemu mereka. Kalau punya kesempatan itu, jangan pernah merasa berat kepala. Malah ini jadi kesempatan untuk belajar dari mereka. Coba untuk gali pengalaman dan kulik proses mereka membuat karya, dari sini kamu bisa belajar dan menerapkan yang cocok untuk dikembangin ke karya-karya selanjutnya.

Percaya Diri Itu Kunci  

Sebagai seorang musisi, kamu pasti akan memproduksi musik atau lirik lagu sendiri. Kamu pasti akan berusaha sebisa mungkin agar karya sempurna dan bisa dinikmati audiens. Tapi selain itu, jangan pernah lupa untuk selalu mengapresiasi diri di setiap milestones yang udah dicapai. Coba untuk percaya diri dengan setiap karya yang udah dihasilkan.

Jika percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki, audiens pun akan lebih mendapatkan kesan dan pengalaman yang lebih dari karya kamu. Kalo punya pondasi kepercayaan diri yang kuat, nantinya akan memudahkan untuk melangkah lebih jauh lagi sebagai musisi. Coba untuk pede dulu aja, tapi jangan sampe kelewatan.

Ini dia beberapa cara yang bisa kamu coba lakuin untuk bikin karya-karya yang menginspirasi banyak orang. Pokoknya jangan pernah lupa untuk mengeksplor dan bereksperimen di dalam karya. Kalau kamu punya aspirasi, pasti bisa menginspirasi!

(kpl/wri)

Editor:   Wuri Anggarini