Cerita Ijoel Dwiyanti, Didik 1000 Siswa Menjadi DJ

Dhimas Wahyu Nugroho   | Rabu, 18 Desember 2019 13:03 WIB
Cerita Ijoel Dwiyanti, Didik 1000 Siswa Menjadi DJ

Kapanlagi.com - Usia Ijoel Dwiyanti memang sudah tidak muda lagi. Namun hingga saat ini Ijoel masih aktif menjadi seorang Disk Jokey (DJ). Dahulu, dia pernah jadi fenomenal lantaran merupakan salah satu dari sedikit wanita yang menjadi DJ pada era 90-an.

Bahkan, DJ Ijoel pernah menyabet juara kedua di festival DJ se Indonesia pada tahun 1986 dan juga juara kedua dj festival se Asean tahun 1987. Setelah itu, namanya pun langsung melambung dan menjadi DJ andalan di Ozone Discotech, Duta Merlin, Jakarta Pusat pada Desember 1987.

Dj asal kota Bandung ini sejak tahun 1986 sudah menjadi resident di Studio East (SE) Bandung, pada tahun 1993 kembali lagi ke SE akhirnya Ijoel mulai merasa kehilangan pasionnya sebagai DJ dan masuk kuliah ambil jurusan hukum sampai S3 di Bandung

"Bosan dengan hiruk pikuk dunia malam eui," ucapnya belum lama ini.

 

1 dari 2 halaman

1. Ijoel DJ School

Ijoel DJ School Ijoel Dwiyanti ©Dokumentasi Pribadi
Pada tahun 2000 lalu profesi sebagai seorang DJ menggeliat hingga akhirnya Ijoel memutuskan membangun sekolah yang diberi nama Ijoel DJ School dan sekarang berganti nama menjadi The Doctor DJ School, sesuai dengan genrenya piawaia meramu berbagai atraksi dan nada melalui piringan hitam serta cdj.

"Hampir 20 tahun aku bangun sekolah dj di Bandung dan sudah sekitar 1000 orang siswa/siswi yang sudah dididik dan sekarang rata-rata sudah menjadi dj," kata perempuan Jawa awal Jogjakarta ini.

2 dari 2 halaman

2. Aktif di Organisasi

Lebih jauh, Ijoel juga aktif bersama para DJ senior yang lain membangun organisasi Persatuan Disc Jockey Indonesia (PDJI) sebagai Ketua Bidang Hukumham dan pernah menjadi Ketua PDJI Pemda Jawa Barat, bahkan masih sering tampil show dalam berbagai event dj di Bandung dan Jakarta.

"Saya ada event bagus nih koloborasi dj Bandung dan Jakarta, ada dj Firman RQ, dj Gatot RQ, dj Yuni Bosman, dj Geti, dj Melz Mo7ito serta dj Catherine bakal show di Beyond Jakarta pada tanggal 28 Desember 2019, catat nama acaranya Disco Pool Party, ditunggu ya," pungkasnya.

(kpl/aal/dim)


Reporter:  

Sahal Fadhli

↑