Cookin Nanta, Melanglang Dunia dengan Peralatan Dapur

Editor KapanLagi.com | 01 Desember 2005, 14:03 WIB
Kapanlagi.com - Apa jadinya jika alat dapur digebuki? Pastinya akan peyot, namun hal berbeda terjadi pada grup asal Korea, Cookin Nanta. Mereka melalang dunia, bahkan hingga manggung di Broadway lantaran pukul-memukul alat dapur ini. Dalam mengekpresikan seni, mereka menggunakan peralatan mulai dari pisau, piring, gelas sampai panci.

Cookin Nanta adalah grup teater asal Korea. Nanta sendiri merupakan sebuah nama pertunjukan berbentuk plot drama musikal non verbal dengan rasa humor tinggi, dan disampaikan melalui suara dan gerakan. Sedang Cookin Nanta diartikan menggebuki tanpa henti.

Keunikan mereka adalah menapilkan bebunyian yang berasal

dari segala macam peralatan seperti pisau yang tajam untuk memotong dan mengiris seikat sayuran. Disertai gerak tubuh dan ritme musik yang merupakan gabungan dari unsur barat dan timur, membuat pertunjukan mereka aktraktif dan menghibur.

Penampilan Nanta yang universal membuat mereka mampu melintas batas dunia dan menembus belenggu dimensi bahasa. Bahkan mereka telah melakukan tur di 150 kota dari 25 negara di dunia. Lompatan dimensi bahasa ini membuat mereka yang kurang mempunyai kemampuan bahasanya dapat menangkap dan mencerna maksud mereka.

Cookin Nanta didirikan sejak 1997, oleh Song Shung Hwan, salah satu artis terkenal di negeri ginseng, Korea. Grup ini didukung 40 orang anggota dan dibagi dalam 7 tim. Ke 40 orang ini direkrut dari lulusan akademi akting dengan kualitas terbaik, mereka terpilih dari ratusan pelamar setelah melewati interview dan training ketat selama 3 bulan. Mereka berlatih selama 12 jam perhari dan dibimbing 3 trainer dibidang beat musik, dance dan memotong.

Saat ditemui di MU Café, Rabu (30/11) siang, Wong Hae Kim mengatakan bahwa pengalaman yang fantastik ketika mereka tampil di Broadway.

"Bisa tampil disana merupakan penghargaan tertinggi bagi kami tapi hal yang terburuk bagi kami adalah kesulitan berbahasa Inggris yang terkadang sulit untuk interaksi dengan penonton," ungkap anggota paling senior di Nanta ini.

Penampilan mereka di Jakarta atas prakarsa Nepathya bekerjasama dengan Merah Putih Showbiz, Tims Entertainment dan Mangga Dua Square. Bertempat di JITEC Mangga Dua Square mereka manggung pada tanggal 2,3 dan 4 Desember 2005. Dan penampilan unik mereka memang patut ditonton. (kl/ww)

Lihat foto: Dari Dapur Ke Broadway