David Bowie Raih Penghargaan Tertinggi di 'Brit Awards 2017'

Natanael Sepaya | 23 Februari 2017, 15:22 WIB
David Bowie Raih Penghargaan Tertinggi di 'Brit Awards 2017'

Kapanlagi.com - Awal tahun 2016, dunia musik internasional harus menundukkan kepala ketika David Bowie menghembuskan napas terakhirnya. Namun meski telah tiada, Bowie berhasil meraih penghargaan British Male Solo Artist dan gelar tertinggi untuk British Album of the Year pada ajang penganugerahan Brit Awards 2017.

"Aku kehilangan Ayahku tahun lalu, tapi aku juga menjadi Ayah pada saat yang sama dan aku menghabiskan banyak waktu untuk mengerjakan apa yang anakku harus tahu tentang kakeknya," ujar Duncan Jones, putra David Bowie yang hadir sebagai wakil untuk menerima penghargaan British Best Album.

Lebih jauh, Duncan Jones juga menjelaskan kalau penghargaan tersebut ia alamatkan pada orang-orang yang dianggap aneh maupun nyentrik. Pasalnya, Jones melihat sosok Ayahnya sebagai pribadi yang selalu ada untuk orang-orang yang sering dianggap ataupun dipandang aneh.

David Bowie raih 2 penghargaan di 'Brit Awards 2017' © TPG ImagesDavid Bowie raih 2 penghargaan di 'Brit Awards 2017' © TPG Images

"Menurutku rasanya akan sama seperti apa yang para fans Ayahku lakukan selama 50 tahun lebih ini. Dia selalu ada untuk mendukung orang-orang yang menganggap dirinya cukup aneh atau asing. Sedikit berbeda. Dia selalu ada untuk mereka. Jadi gelar ini aku alamatkan untuk orang-orang aneh dan semua orang yang membuat mereka menjadi aneh," ujar Jones, seperti dilansir dari Billboard.

Penghargaan tersebut diraih mendiang Ziggy Stardust untuk album terakhirnya yang dirilis tepat, sebelum ia meninggal, BLACKSTAR. Sedangkan untuk gelar British Male Solo Artist, Michael C. Hall pun mewakilkan sang legenda untuk menerima penghargaan tersebut.

"Seandainya David Bowie bisa hadir di sini malam ini, dia mungkin tetap tidak akan ada di sini. Tapi sejak kepergiannya, aku ada di sini untuk kepentingannya dan kepentingan keluarganya untuk menerima penghargaan yang ditujukan pada pria dengan imajinasinya yang tak terbatas dan keberaniannya. Seorang pria yang membuat seni terus berkembang dan selalu menenangkan juga membuat kita takjub. Mungkin Bowie ada di sini? Aku tidak tahu," ucap Hall.

(bil/ntn)

Editor:  

Natanael Sepaya