Dea Dalila Mengaku Tak Menemui Kesulitan Dalam Bersolo Karir

Natanael Sepaya | Selasa, 04 September 2018 13:22 WIB
Dea Dalila Mengaku Tak Menemui Kesulitan Dalam Bersolo Karir

Kapanlagi.com - Nama Dea Dalila tentu lebih banyak dikenal kala ia masih berstatus sebagai vokalis HiVi. Setelah memutuskan untuk mundur, kali ini Dea Dalila kembali ke industri musik sebagai seorang soloist yang baru-baru ini meretas single dan video klip untuk kolaborasi terbarunya bersama Kenny Gabriel, Kau Pun Tau.

"(Kalau soal video klip) Banyak unexpected item yang dimunculkan. Contohnya, pas on the set ada tengkorak gitu duduk sendirian. Terus penyampaiannya akan lebih asik kalau ada tengkorak itu. Jadi ini ceritanya kan cinta yang lama, jadi ceritanya si orang ini nunggu balasan cintanya udah lama banget dan baru dibales pas jadi tengkorak. Ada adegan di mana aku megang tangan tengkoraknya. (Ceritanya) Ya aku pernah alamin. Terus gue survey juga ke temen-temen. Ada yang pdkt sampe dua tahun. Itu gak tau tuh hubungannya temen atau apa nih," ujar Dea, saat bermain ke kantor KapanLagi Youniverse, Jakarta Pusat, Rabu (29/8).

Lebih jauh, Dea Dalila juga mengungkapkan kalau saat ini dirinya sudah selesai merampungkan materi untuk album debutnya. Walau begitu jalan cerita hingga dinamika yang ingin diciptakan dalam album jadi kendala tersendiri yang diakui oleh Dea.

1 dari 3 halaman

1. Materi Album Debut Sudah Selesai

Materi Album Debut Sudah Selesai © KapanLagi.com/Budy Santoso
"Lagu udah ada semua. Yang bikin lama untuk menentukan jalan cerita akan ke mana, terus dinamikanya gimana. (Kalau progress dalam bermusik itu) Bahwa setiap proses dan progress akan bisa diliat ketika udah dilakukan berkali-kali. Aku gak mau batesin diri aku dalam hal karya. Gak mau trademark karakter aku sebagai penyanyi solo yang gimana. Aku selalu terbuka untuk segala hal yang jelas itu cocok untuk berkarya di situ," terang pelantun Cinta 99% itu.

Namun tetap saja tidak bisa dipungkiri walaupun memiliki jam terbang tinggi dan segudang pengalaman, tampil bersama band dan sebagai soloist tentu memberikan sedikit perbedaan. Hanya saja Dea mengaku kalau hal tersebut sama sekali tidak memberikan kesulitan yang berarti untuknya yang sekarang tampil sebagai soloist.

"Gak ada kesulitan (bersolo karir), sebelum di band itu aku udah tau mau ke mana. Sebelum band itu aku ada band lain dengan karakter yang beda. (Kalau soal aku terbuka dengan musik lain ya) Seterbuka itu, aku mau bikin beberapa project musik, udah sempet main juga. Kaya musik techno gue selamin. David Bowie gue juga suka," terang Dea.

2 dari 3 halaman

2. Harapan Dea Dalila Untuk Para Pendengar Lagu 'Kau Pun Tau'

Harapan Dea Dalila Untuk Para Pendengar Lagu 'Kau Pun Tau' © KapanLagi.com/Budy Santoso
Setelah perkenalan lewat single debut Cinta 99% dan kolaborasi bersama Alvin Chong, baru-baru ini Dea Dalila juga menggandeng Kenny Gabriel untuk berkolaborasi di single Kau Pun Tau. Lalu, apa yang menjadi harapan Dea untuk para pendengarnya di lagu ini?

"(Kalau harapannya) Ada beberapa norma atau stigma yang kadang orang lain harus melakukan lebih dulu. Kadang ada beberapa hal yang gak bisa diungkapkan, akhirnya pesannya gak sampe. Gak usah gengsi untuk hal yang lebih baik," ujar Dea Dalila, saat bermain ke kantor KapanLagi Youniverse (KLY), Jakarta Pusat, Rabu (29/8).

Tentunya hal tersebut seakan melirik pada pakem di mana pria lah yang harus menyatakan cinta lebih dulu pada perempuan. Nyatanya hal senada juga diungkapkan Dea, di mana ia berharap agar para pendengar perempuan pun tak perlu malu untuk mengungkapkan apa yang memang ia rasakan terhadap sosok pria yang disukainya.

3 dari 3 halaman

3. Tak Ingin Membatasi Diri Dalam Bermusik

Tak Ingin Membatasi Diri Dalam Bermusik © KapanLagi.com/Budy Santoso
"Iya, termasuk itu. Karena kebanyakan cewek rempong hehe. Kadang cewek mau disetarain dengan lelaki tapi gak memposisikan dirinya sama (dengan laki-laki), ketika emang lu mau disetarakan lu bisa juga mengungkapkan lebih dulu. Bukan murah ya, tapi ada momentum yang kadang harus kita duluan yang bergerak. Jangan nantinya salah paham trus akhirnya nyesel," lanjutnya.

Sedangkan untuk musikalitas, Dea mengaku kalau ia tak mau membatasi diri untuk berkarya ataupun membuat imej sendiri sebagai seorang penyanyi solo. Ingin tetap terbuka dan terus berinovasi dalam bermusik, tidak heran jika gaya Dea terkesan berubah-ubah di setiap lagunya, namun tetap dijahit secara rapih oleh benang pop.

"Bahwa setiap proses dan progres akan bisa diliat ketika udah dilakukan berkali-kali. Aku gak mau batesin diri aku dalam hal karya. Gak mau trademark karakter aku sebagai penyanyi solo yang gimana. Aku selalu terbuka untuk segala hal yang jelas itu cocok untuk berkarya di situ," pungkas Dea.

(kpl/pur/ntn)


Reporter:  

Mathias Purwanto.

↑