Dea Dalila Ungkap Awal Kolaborasinya Dengan Kenny Gabriel di Lagu 'Kau Pun Tau'

Natanael Sepaya | Senin, 03 September 2018 11:22 WIB
Dea Dalila Ungkap Awal Kolaborasinya Dengan Kenny Gabriel di Lagu 'Kau Pun Tau'

Kapanlagi.com - Sejak memutuskan mundur dari HiVi, Dea Dalila tak lantas berhenti menggeluti hal yang paling disenanginya, musik. Karena itu beberapa waktu lalu Dea Dalila pun menggandeng Kenny Gabriel untuk berkolaborasi bersama dalam single terbarunya yang berjudul Kau Pun Tau.

"Jadi awalnya belum pernah kenal, terus lewat managernya, Kenny hubungin aku. Dia tuh punya lagu, tapi cuma musiknya aja, terus dia ajak kolab, aku dengerin lagunya. Kebetulan untuk single kedua aku juga nyari yang upbeat kan, ya udah akhirnya workshop dulu. Pas hari pertama kami punya referensi musik yang sama. Aku juga sebenernya ada konsep single per single tuh punya story line yang berhubungan. Ternyata kami satu garis dan nyatu, prosesnya cepet, dua jam udah jadi demo, lamanya di revisi per part lagu," terang Dea Dalila, saat bermain ke kantor KapanLagi Youniverse, Rabu (29/8).

Menariknya, meski segera mendapat chemistry dalam bermusik, Dea mengaku kalau lagu Kau Pun Tau ia kerjakan bersama Kenny selama sekitar 1 tahun. Selain karena revisi di berbagai bagian lagu, Dea mengaku kalau ada lagu lain yang sempat membuatnya harus memutuskan mana yang akan ia kerjakan lebih dulu.

1 dari 3 halaman

1. Dea Dalila dan Kenny Gabriel Butuh Waktu Satu Tahun

Dea Dalila dan Kenny Gabriel Butuh Waktu Satu Tahun © KapanLagi.com/Budy Santoso
"Setahun sih. Kenapa setahun? Karena sebenernya ada lagu pilihan lain, aku ada lagu tapi ballad gitu, tapi karena ini kaya lanjutan dan jawaban dari single aku sebelumnya yang Cinta 99%, aku mikirnya harus dibikin upbeat gitu. Terus aku maunya setiap karya yang dikeluarin menggambarkan apa yang aku rasakan saat itu," lanjutnya.

Lebih jauh, Dea juga menjelaskan kalau pengalaman jadi bahan dasar untuknya menulis lagu Kau Pun Tau. Sedangkan ketika ditanya perubahan imej dan gaya bermusik, Dea mengungkapkan kalau dirinya akan terus tampil berbeda untuk menyesuaikan dengan isi pesan dari setiap lagunya.

"Semua karya yang aku keluarin adalah pengalaman yang pernah dilalui. Ada beberapa yang bisa tersampaikan, ada beberapa yang enggak, tapi yang jelas si partner-nya ini tau, cuma ada yang terbalas ada yang enggak. (Kalau perubahan imej sama musik) Gak pernah batasin sih, semua tergantung dari apa yang akan disampaikan, jadi akan berubah terus," pungkas Dea.

2 dari 3 halaman

2. Dea Dalila Kolaborasi dengan Penyanyi Malaysia

Dea Dalila Kolaborasi dengan Penyanyi Malaysia © KapanLagi/Akbar Prabowo
Juga sebelumnya mantan vokalis HiVi itu sempat menyiapkan gebrakan besar untuk dunia musik Tanah Air dengan berkolaborasi bersama penyanyi asal Malaysia, Alvin Chong. Bukan cuma itu saja, mereka juga menyiapkan sebuah video klip untuk proyek kolaborasinya yang berjudul Mencintaimu 99%.

Ada yang unik dari lagu Mencintaimu 99%. Lagu ini sejatinya adalah gabungan dari single milik Alvin, Mencintaimu dan juga hits milik Dea, Cinta 99%. Tentunya ini adalah sebuah konsep yang tak biasa di industri musik.

"Hari ini mau bikin video klip dari kolaborasi lagu Alvin Chong dan aku, Mencintaimu 99%. Sebenernya ini menggabungkan lagunya Alvin, Mencintaimu dan lagu aku, Cinta 99%," ungkap Dea saat ditemui di Kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (23/5).

Diungkapkan Dea, ide penggabungan lagunya dengan Alvin ini berawal dari adanya kerjasama antara Universal Music Malaysia dengan Musica Studio. Dan kebetulan kali ini, Alvin lah yang terpilih.

"Alvin kan dari Malaysia (Universal Music Malaysia) mau ada kerja sama dengan Musica Studio. Kebetulan cocoknya sama Alvin. Akhirnya terbentuklah kerja sama ini dengan lagu Mencintaimu 99%, " ujar Dea Dalila.

Menurut Dea, lagu kolaborasinya dengan Alvin ini dibuat lebih romantis dibandingkan singlenya tersebut. Ia juga menegaskan lagunya dengan Alvin ini memang saling berkaitan satu sama lain.

3 dari 3 halaman

3. Curi-Curi Waktu Untuk Selesaikan Proyek Kolaborasinya

Curi-Curi Waktu Untuk Selesaikan Proyek Kolaborasinya © KapanLagi/Akbar Prabowo
"Cara kolerasinya untuk musiknya kita kepikirnya untuk membuat yang lebih romantis ya. Makanya kita pilih genrenya lebih ke bossa. Tapi untuk liriknya nyambung sih. Ada beberapa reff aku bisa untuk disambungin. Jadi kayak bertanya dan menjawab," tutur gadis berusia 26 tahun itu.

Untuk video klipnya, Dea akan menghadirkan konsep story telling. Ia pun menceritakan bahwa lagu yang berisikan bahasa Melayu, Malaysia dan Indonesia ini menjelaskan tentang cinta yang terpendam.

"A quite interesting ya. Karena ini lebih ke story telling. Tentang cinta yang sebenernya terpendam. Sudah sama-sama tau tapi emang nggak bisa saja," ungkap Dea.

Memiliki waktu yang padat dengan beberapa pekerjaan di Malaysia, membuat Alvin harus pulang pergi Indonesia-Malaysia untuk penggarapan video klip bersama Dea Dalila ini. Ditambahkan Dea Alvin bukan hanya seorang musisi saja namun juga aktor di negeri Jiran tersebut.

"Alvin akan pulang pergi sih. Alvin juga di Malaysia ada kegiatan kan. Selain musisi, di sana juga dia Aktor. Jadi memang tight schedule. Gimana kitanya nyuri-nyuri di sela-sela schedule kita untuk bikin proyek ini. Dan ini cukup long term," jelas Dea Dalila.

Video klip Mencintaimu 99% rencananya akan rilis pada Juli mendatang. Tak cuma sampai situ saja, bakal ada 'sequel' dari lagu ini loh nantinya. Wajib ditunggu!

(kpl/pur/ntn)


Reporter:  

Mathias Purwanto.

↑