Digawangi Penyanyi Top Indonesia, 7 Bintang + Rilis Single Baru Buatlah Dunia Tersenyum Kembali

Canda Dian Permana   | Kamis, 28 Mei 2020 15:00 WIB
Digawangi Penyanyi Top Indonesia, 7 Bintang + Rilis Single Baru Buatlah Dunia Tersenyum Kembali

Kapanlagi.com - Setelah sekitar 31 tahun, akhirnya grup vokal 7 Bintang kembali ke dapur rekaman untuk sebuah single berjudul Buatlah Dunia Tersenyum Kembali. 7 Bintang merupakan grup vokal di era 70-80an yang diisi oleh penyanyi-penyanyi top Tanah Air.

Awalnya 7 Bintang digawangi oleh Atiek CB, Deddy Dhukun, Dian Pramana Poetra, Malyda, Mus Mujiono, Trie Utami, dan Yopie Latul. Setelah itu, Fariz RM pun ikut bergabung dengan 7 Bintang. Tahun 2020 menjadi tahun kebangkitan 7 Bintang. Dengan tiga personil baru, Yuni Shara, Ita Purnamasari, dan Memes, 7 Bintang tampil di ajang Java Jazz Festival 2020 lalu. Disebut-sebut, tampilnya mereka di ajang Java Jazz Festival 2020 sebagai warming up sebelum merilis single baru.

Hadirnya Yuni Shara, Ita Purnamasari, dan Memes sebagai personil baru pun melengkapi 4 personil lama, yakni Deddy Dhukun, Fariz RM, Mus Mujiono, dan Trie Utami. Dalam single ini pun, mereka berkolaborasi dengan penyanyi Vina Panduwinata. Kolaborasi ini pun diberita tajuk 7 Bintang + (plus)

Dalam lagu ini, Deddy Dhukun pun ambil persn sebagai produser eksekutif bersama dengan Glenn Rotty. Deddy Dhukun menuturkan, bahwa dalam proses rekaman, Trie Utami dengan sangat baik membagi atau memecah suara penyanyi-penyanyi top Tanah Air ini dengan sangat apik.

"Trie Utami telah mempersiapkan pembagian vokal. Di lembar lirik lagu sudah ditulis untuk penyanyi-penyanyi dengan bagiannya masing-masing. Kecuali di dua bagian reff, kami bernyanyi bersama-sama plus Vina Panduwinata sampai akhir lirik," tutur Deddy Dhukun dalam press release yang diterima Kapanlagi.com.

1 dari 3 halaman

1. Mengaku Tak Kesulitan

Mengaku Tak Kesulitan © KapanLagi.com/Matias Purwanto
Sebagai vocal arranger, Trie Utami mengaku tak memiliki kesulitan untuk membagi peran anggotanya dalam lagu ini. Pasalnya, ia telah lama bekerja sama dengan sebagian besar anggota 7 Bintang sejak lama.

"Aransemen lagu diarahkan pada range vokal pria dan wanita. Kemudian dibagi berdasarkan ambitus vokla masing-masing. Porsinya kami plot sesuai karakternya. Misalnya, bagian melodi paling cocok untuk siapa. Sebagai vocal arranger, saya harus kenal betul karakter masing-masing bintang ini, sehingga karakter masing-masihg bintang ini menonjol pada setiap baris melodi yang dinyanyikan secara solo," terang Trie Utami.

2 dari 3 halaman

2. Berharap Lagunya Bisa Diterima dan Menghibur

Berharap Lagunya Bisa Diterima dan Menghibur © KapanLagi.com/Matias Purwanto
Sebagai salah satu produser eksekutif, Glenn Rotty pun tak punya harapan yang muluk-muluk untuk lagu ini. Ia berharap paling tidak lagu ini bisa diterima dan menghibur khalayak di tengah pandemi covid-19 ini.

"Melalui lagu ini 7 Bintang + mengajak kita semua bersama-sama untuk memohon ampunan kepada Yang Maha Kuasa agar dunia dapat tersenyum kembali dan kehidupan kembali normal," harap Glenn.

3 dari 3 halaman

3. Sudah Bisa Dinikmati

Sejak 27 Mei 2020, lagu Buatlah Dunia Tersenyum Kembali sudah bisa dinikmati di berbagai platform musik digital. Video klip pun akan dirilis pada 7 Juni 2020 bersamaan dengan konser live streaming DSS Music bertajuk "7 Ruang Bersama 7 Bintang + Vina Panduwinata" pada pukul 19.00 WIB.

Pertunjukan live tersebut juga akan dimanfaatkan untuk mengumpulkan donasi yang berguna untuk meringankan beban para musisi dan pekerja cafe atau resto yang kehilangan pemasukan karena wabah covid-19. Konser amal berdurasi 60 menit itu akan disiarkan melalui kanal youtube DSS Music dan JavaJazzFestival, dan live di akun instagram @legendamusikindo.

(kpl/pur/nda)

Reporter:  

Mathias Purwanto.