Digempur Latihan Berat Jadi Tantangan Team T JKT48 Bawakan Setlist 'Seifuku No Me'

Tyssa Madelina | Rabu, 04 September 2019 18:17 WIB
Digempur Latihan Berat Jadi Tantangan Team T JKT48 Bawakan Setlist 'Seifuku No Me'

Kapanlagi.com - Dari awal dibentuk, team T JKT48 selalu mendapatkan setlist bekas dari team J dan KIII. Team paling bontot ini sama sekali belum pernah mendapatkan kesempatan untuk membawakan setlist yang dari awal memang khusus untuk mereka.

Namun saat konser ulang tahun JKT48 yang ke 7 tahun lalu, ada secercah harapan. General Manager Melody Nuramdhani menjanjikan kepada Ayana dan teman-temannya, mereka mendapatkan setlist baru.

Setelah hampir setengah tahun berlalu, janji Melody akhirnya terwujud. Bertempat di Theater JKT48, FX Mall Sudirman, team T menggelar pertunjukan hari pertama untuk setlist baru mereka yang bertajuk Tunas di Balik Seragam (Seifuku No Me), yang merupakan setlist fresh dari SKE48 (01/09/2019). Setlist yang muatannya menceritakan gejolak jiwa gadis remaja yang beranjak dewasa.

"Seifuku No Me atau Tunas di Balik Seragam, ini kan bahasa Indonesianya kan, maksudnya, seragam kan identik dengan anak sekolah, remaja, nah tunasnya ini ibaratnya jiwa kita yang tumbuh dewasa tapi masih dibalik seragam. Kita dalam proses menuju kedewasaan," terang Jinan, member dari team T dari generasi 4 JKT48, menjelaskan pesan apa yang ada di setlist terbaru mereka ini.

1 dari 4 halaman

1. Seifuku No Me Jadi Setlist Paling Menguras Tenaga

Menurut pengakuan dari beberapa member team T, Tunas di Balik Seragam merupakan setlist yang paling menguras tenaga dan sama sekali berbeda dengan image team paling bontot di JKT48 yang identik dengan sugar rush, imut dan ceria.

"Dulu waktu Te wo Tsunaginagara (Sambil Menggandeng Erat Tanganku) kita ngerasa capek banget, udah ngeluh udah nggak kuat, terus pas bawain ini (Seifuku No Me) ternyata lebih dari Sambil Menggandeng Erat Tanganku," ujar Ayana, bersama Zara, Jinan dan Nabila (Lala) saat ditemui seusai pertunjukan setlist terbaru team T.

Terhitung lebih dari 3 bulan, tepatnya dari bulan puasa, team T sudah berlatih keras untuk mempersiapkan setlist ini. Salah satu yang mereka harus jalani adalah latihan fisik, seperti lari keliling stadion GBK, push up, sit up menjadi menu sehari-sehari bagi anak-anak T. Hal ini dibutuhkan karena menampilkan Tunas Di Balik Seragam perlu stamina yang prima.

2 dari 4 halaman

2. Digempur Latihan Berat

Digempur Latihan Berat Credit: KapanLagi.com/Djoko Poerwanto
Latihan ini berlangsung terus menerus sampai mereka telah terbiasa dengan kondisi berat setlist tersebut. Dan setelah semuanya siap, mereka baru latihan untuk koreografi serta vokal. Seperti halnya yang disampaikan oleh Zara, pengalaman SKE48 saat membawakan setlist ini menjadi cerminan bagi team T untuk lebih kerja keras saat latihan

"Saat proses latihan setlist ini kita ada latihan fisik, karena dari SKE48 langsung dulu bener-bener ada yang cedera di sana, dan ini bener-bener butuh fisik yang kuat dan kita harus membiasakan diri juga, kita (ada koreografi yang) loncat-loncat tinggi banget," papar Zara.

"Prosesnya hampir 4 bulan juga, dan persiapan karena kita bener-bener mau yang terbaik, karena ini setlist original untuk team T," Sambung aktor pemeran Euis di film KELUARGA CEMARA ini.

3 dari 4 halaman

3. Pengalaman Zara Ikut Latihan Seifuku No Me

Zara juga mengaku sempat kehabisan nafas saat ikut latihan Seifuku No Me untuk pertama kali, karena ketinggalan banyak untuk latihan fisik yang seharusnya dia jalani. Hal ini terjadi karena saat itu Zara sedang sibuk dengan kegiatannya saat promosi film DUA GARIS BIRU.

"Kalau aku sempat ketinggalan yang latihan fisiknya, begitu nyobain aku yang kayak ngos-ngosan. Waktu itu lagi promo-promo DUA GARIS BIRU, kadang ngejar latihannya. Karena team T sekarang udah beda banget, suasanya beda banget, karena pengen setlist ini bagus kita udah nyatu dan aku sudah kebantu sama teman-teman di team T. Kita nggak mau bagus individual tapi pengennya bagus satu team," ujarnya.

4 dari 4 halaman

4. Jadi Tantangan Tersendiri

Jadi Tantangan Tersendiri Credit: KapanLagi.com/Djoko Poerwanto
Tunas di Balik Seragam (Seifuku No Me) sendiri merupakan setlist milik team S dari SKE48, terdiri dari 13 lagu utama dan 3 lagu encore. Rata-rata lagu di setlist ini beraliran lagu J-pop yang memiliki tone musik rock kuat dengan Koreografi dengan gerakan yang menguras energi.

Bagi team T, walau bagaimanapun sulitnya setlist ini, mereka merasa wajib membawakannya dengan sempurna, karena selain merupakan setlist yang original bagi mereka, Seifuku No Me juga jadi pembuktian kalau team T mampu membawakan setlist yang membutuhkan skill dan tenaga ekstra.

"Di Tunas di Balik Seragam kita (team T) keluar dari zona nyaman, jadi kita biasanya kan yang imut-imut, lucu kalau di sini ini kita semuanya macem-macem, lebih greget," pungkas Zara.

Yang ingin menonton Tunas di Balik Seragam, setlist ini akan tampil reguler di Theater JKT48 FX Mall Sudirman, setiap hari sesuai jadwal.

(kpl/tmd)


Editor:  

Tyssa Madelina

↑