Diponegoro War Terus Berproses

Fajar Adhityo | 11 November 2011, 18:42 WIB
Diponegoro War Terus Berproses
Kapanlagi.com - Maestro tari Sardono W. Kusumo mengaku terus berproses bersama Iwan Fals dan Happy Salma ketika mementaskan Diponegoro War di TIM, Kamis 10/11. Pementasan khusus untuk media dan undangan itu merupakan pementasan pertama sebelum dilepas untuk masyarakat 11-12 November.

"Sampai saat terakhir masih terus berubah gerak, musik, setting untuk pentas ini. Tapi itu bukan masalah, selama masih saling kolaborasi itu proses sehat. Susah berhenti ketika masing masing memberikan masukan. Agak membingungkan memang," ungkap Sardono usai pentas.

Yang membedakan pada pentas yang lain, sepanjang pertunjukan panggung ditutup layar duplikasi lukisan Penangkapan Diponegoro karya Raden Saleh.

"Pendapatnya sangat bagus, pakai lukisan Raden Saleh. Ingin menghilangkan kesan formal panggung. Begitu dibuka itu kan suasana setting langsung berasa panggung," paparnya.

Dipentaskan secara komersil pada tanggal cantik, Sardono merasa banyak keberutungan. "Kombinasinya macam-macam, tapi ketika diusulkan tanggal 11/11 itu hari lahirnya Diponegoro. Dan malam ini 10/11 itu hari pahlawan. Itu kebetulan yang sangat menyenangkan," lanjutnya.

Sementara, Iwan Fals yang bergabung sebagai narator bertindak layaknya dalang. "Iwan Fals tiba tiba menjadi dalang. Happy Salma juga ngasih gerakan tambahan yang mengejutkan. Saya merasa benar-benar beruntung," pungkasnya.    (kpl/uji/faj)

Reporter:  

Puji Puput