Dwiki Dharmawan Diundang Tampil di Festival Jazz Bergengsi Afrika Selatan

Guntur Merdekawan | Selasa, 24 September 2019 10:35 WIB
Dwiki Dharmawan Diundang Tampil di Festival Jazz Bergengsi Afrika Selatan

Kapanlagi.com - Tahun ini, Festival Musik Jazz 'Standard Bank Joy of Jazz' memasuki penyelenggaraan yang ke-22. Festival Jazz tertua di Afrika ini bakal digelar selama 3 hari berturut-turut dari tanggal 26 hingga 28 September 2019 di Sandton Convention Center, Johannesburg.

Ada yang istimewa pada penyelenggaraan kali ini, yakni keterlibatan musisi Indonesia, Dwiki Dharmawan. Dwiki merupakan satu di antara 350 artis mancanegara yang nantinya bakal mengisi 4 panggung berbeda. Beberapa nama musisi jazz kondang yang terlibat antara lain Wynton Marsalis (USA), Moreira Chonguiça (Mozambique), Roberto Fonsesca (Cuba), Manu Katché (Perancis), Ken Peplowski (USA), Etuk Ubong (Nigeria), Lady Smith Black Mambazo (Afrika Selatan) dan masih banyak lainnya.

Credit: KapanLagi/Akrom SukaryaCredit: KapanLagi/Akrom Sukarya

Tak sendirian, Dwiki bakal tampil dibantu oleh Cucu Kurnia (Kendang Sunda), Rudi Zulkarnaen (Akustik dan Elektrik Bass) dan Ita Purnamasari (vocal). Sementara itu, Dwiki bakal mengisi peran sebagai pemain piano akustik dan juga synthesizer. Dwiki CS nantinya juga bakal berkolaborasi dengan bintang jazz Afrika Selatan, saxophonist Sisonke Xonti.

"Tampil pada perhelatan musik di Mancanegara tidak hanya sebagai ekspresi diri melalui karya musik, tapi lebih dari itu merupakan ajang merayakan cinta, perdamaian dan toleransi melalui balutan diplomasi budaya," ungkap Dwiki yang tahun 2018 yang lalu baru saja mendapat penghargaan 'Gold Medal for Creativity' dari WIPO (World Intelectual Property Organization).

 

1 dari 1 halaman

1. Kenalkan Musik Tradisional Indonesia

Kenalkan Musik Tradisional Indonesia Credit: KapanLagi/Akrom Sukarya
Dwiki akan mencoba mengenalkan musik tradisional Indonesia lewat kendang Sunda pada tiap penampilannya. Rencananya, suami dari Ita Purnamasari itu akan membawakan lagu-lagu hits-nya dari album SO FAR SO CLOSE, PASAR KLEWER, RUMAH BATU hingga album terbar, HARI KETIGA.

"Sudah saatnya Indonesia untuk selalu hadir pada berbagai perhelatan musik terbaik di dunia sebagai bagian dari eksistensi dan pergaulan Indonesia di kancah global," sambung pria berusia 53 tahun itu.

Credit: KapanLagi/Akrom SukaryaCredit: KapanLagi/Akrom Sukarya

Kehadiran Dwiki Dharmawan 'Standard Bank Joy Of Jazz 2019' juga tak lepas dari dukungan dan kerjasama dengan kedutaan Besar Republik Indonesia di Pretoria Afrika Selatan, Pemda Provinsi Jawa Barat dan juga Bank Jabar Banten.

(kpl/gtr)


Editor:  

Guntur Merdekawan

↑