Efek Rumah Kaca Ungkap Alasan Tampil Bersama Orkestra di 'Soundrenaline 2017'

Natanael Sepaya | 11 September 2017, 13:22 WIB
Efek Rumah Kaca Ungkap Alasan Tampil Bersama Orkestra di 'Soundrenaline 2017'

Kapanlagi.com - Setelah mengadakan konser di sejumlah kota, Efek Rumah Kaca pun didaulat sebagai salah satu performer di Soundrenaline 2017. Menariknya, penampilan mereka kali ini pun diiringi oleh Cognatio Orchestra. Lalu, apa alasan Efek Rumah Kaca untuk tampil bersama iringan orkestra?

"Sebelumnya kami konser di Semarang, terus tiba-tiba EO-nya bilang ada orkestra yang ngajuin diri untuk ikut iringin konser kami. Terus kami komunikasi via WA dan kirim-kirim video. Pas konser di Semarang terus gantian, kami yang offer ke mereka mau nggak tampil sama kami di Soundrenaline, dan kebetulan cocok (dengan) tema Soundrenaline, mau lebih loud. Kami mau tampil beda," aku Cholil saat ditemui di Garuda Wisnu Kencana, Bali, Sabtu (9/9/2017).

Semarang, jadi titik awal kolaborasi Efek Rumah Kaca dan Cognatio Orchestra © KapanLagi.com/Fikri Alfi RosiyadiSemarang, jadi titik awal kolaborasi Efek Rumah Kaca dan Cognatio Orchestra © KapanLagi.com/Fikri Alfi Rosiyadi

"Karena di Semarang orkes yang format seperti kami, genre pop alternatif baru kami. Kenapa ERK, karena panitia menawarkan. Setelah kolaborasi, baru kami mengenal jauh ERK," tambah Deon Abhiyoga selaku founder dari Cognatio Orchestra.

Mengingat tema yang diusung Soundrenaline tahun ini, Cholil lalu menjelaskan kalau mereka memang sengaja menambahkan lagu pada setlist-nya untuk penampilan bersama orchestra. Namun tetap, Cholil sendiri tidak menepis adanya kesulitan yang mereka temui saat meracik aransemen musik bersama orkestra.

"Kolaborasi dengan orkes lebih panjang hari ini dibanding Semarang. Kami tambah 2 lagu untuk perform dengan orkes, total 2 lagu tanpa orkes. Dua kali SINESTESIA pernah pake orkes, tapi open air baru kali ini. Tantangannya angin. Akustik ketemu angin, lumayan sulit menaklukkan itu. Panggung outdoor lebih hingar-bingar. Mereka perlu fokus konsentrasi," lanjut sang frontman.

Angin jadi tantangan tersendiri bagi Efek Rumah Kaca dan Cognatio Orchestra saat tampil di 'Soundrenaline 2017' © KapanLagi.com/Fikri Alfi RosiyadiAngin jadi tantangan tersendiri bagi Efek Rumah Kaca dan Cognatio Orchestra saat tampil di 'Soundrenaline 2017' © KapanLagi.com/Fikri Alfi Rosiyadi

Tapi Efek Rumah Kaca tetap bersyukur mampu memberikan penampilan yang berbeda dan meninggalkan kesan kuat pada para penikmat musik di Soundrenaline 2017. Karena itu, Cholil dan Efek Rumah Kaca pun memberikan saran untuk gelaran Soundrenaline di tahun-tahun berikutnya.

"Potensi musik lain selain pop, rock layak mendapat tempat. Misal eksperimental, menarik dapat panggung. Senyawa talent mendunia kenapa gak dapat tempat. Cocok sebagai sebuah alternatif tontonan. Supaya lebih kaya musiknya," pungkas Cholil.

(kpl/far/ntn)

Reporter:  

Fikri Alfi Rosyadi