Endah N Resha Tampil di Hari Pertama 'Book & Music MocoSik'

Natanael Sepaya | 13 Februari 2017, 09:50 WIB
Endah N Resha Tampil di Hari Pertama 'Book & Music MocoSik'

Kapanlagi.com - Sebuah festival musik besar kembali hadir di Indonesia. Menariknya, dalam festival musik ini dibagungkan dengan sebuah festival buku. Festival ini bertajuk MocoSik: Membaca Musik, Membacakan Buku yang mengambil tempat di Jogja Expo Center (JEC) Jogjakarta pada 12-14 Februari 2017.

Anas Syahrul Alimi selaku CEO Rajawali Indonesia Communication sebagai penyelenggara mengaku acara ini dibuat karena melihat masyarakat sudah mulai meninggalkan untuk membaca buku karena kemajuan teknologi yang makin berkembang dengan hadirnya sosial media dan lainnya. Oleh karena itu, melalui Festival MocoSik ingin mengembalikan ketertarikan masyarakat untuk membeli dan membaca buku.

'MocoSik: Membaca Musik, Membacakan Buku', ingin kembalikan minat masyarakat dalam membeli dan membaca buku © KapanLagi.com/Mathias Purwanto'MocoSik: Membaca Musik, Membacakan Buku', ingin kembalikan minat masyarakat dalam membeli dan membaca buku © KapanLagi.com/Mathias Purwanto

"Konsepnya di sini menarik dan cukup unik orang. Yang mau nonton festival musiknya tiketnya berbentuk buku. Jadi, orang bebas memilih di situ ada 100 judul dari berbagai tema, dari sejarah, fiksi, dan macam-macam. Orang bisa milih dengan harga 50 ribu dan mereka bisa menyaksikan festival musiknya. Kalau pendapatan secara bisnis kita enggak ada semua penjualan buku diberikan kepada penerbit, 100%. Kemudian promotor mendapatkan dari sponsor biaya produksi," ungkap Anas saat ditemui di Jogja Expo Center (JEC), Minggu (12/2) malam.

Tak mau main-main, sejumlah musisi besar Tanah Air didatangkan untuk memberikan hiburan menarik bagi para pengunjung. Di hari pertama, Jogja Hip Hop Foundation, Endah N Resha, dan FSTVLST menghibur pengunjung dengan penampilan menarik mereka.

Nama MocoSik sendiri memiliki artis yang sangat dalam."Moco itu baca (buku) dan Sik itu dari musik, makanya MocoSik. Makanya kalau kita lihat MocoSik itu bahasa Jawa sangat sering disebut oleh orang MocoSik Cah," lanjut Anas.

Endah N Rhesa buka hari pertama 'Festival MocoSik' bersama Jogja Hip Hop Foundation dan FSTVLST © KapanLagi.com/Mathias PurwantoEndah N Rhesa buka hari pertama 'Festival MocoSik' bersama Jogja Hip Hop Foundation dan FSTVLST © KapanLagi.com/Mathias Purwanto

Selain tiga nama musisi besar yang telah disebutkan di atas, beberapa nama besar juga dipastikan bakal menjadi penampil dalam festival ini. Di hari kedua, Senin (13/2) Shaggydog, Tompi, dan Glenn Fredly. Sedangkan sebagai penutup di hari Selasa (14/2) nama besar seperti NDX A.K.A, White Shoes and The Couples Company, dan Raisa bakal hadir menghibur pengunjung.

Tak hanya soal festival buku dan musik, MocoSik juga menghadirkan beberapa talkshow. Yang menarik perhatian adalah hadirnya Najwa Shihab sebagai pembicara dengan tema Buku dan Generasi Millenial di hari kedua nanti.

(kpl/pur/ntn)

Reporter:   Mathias Purwanto.