'Fajar Sang Idola', Team J JKT48 Berikan Setlist yang Warna-Warni

Gogor Subyakto | Jum'at, 08 Maret 2019 18:08 WIB
'Fajar Sang Idola', Team J JKT48 Berikan Setlist yang Warna-Warni

Kapanlagi.com - Setelah kurang lebih dua tahun team J secara reguler menyuguhkan pertunjukan theater bertajuk "Tadaima Renaichuu" atau Sekarang Sedang Jatuh Cinta. Kini team paling senior dan beragam di Idol grup yang bisa kita jumpai sehari-hari di theater JKT48, FX Mall Sudirman resmi memperkenalkan setlist baru dengan judul "Idol no Yoake: atau dalam bahasa Indonesia-ya "Fajar sang Idola".

Dengan pertunjukan hari pertama atau biasa disebut sonichi di theater mereka (3/03). Idol No Yoake sendiri merupakan setlist yang pernah dibawakan oleh team B, AKB48 dari tahun 2009 ke 2010 di Theater mereka.

Pertunjukan setlist "Fajar sang Idola" menyuguhkan 16 lagu plus beberapa saat sesi MC berdurasi kurang lebih 2 jam. Genre lagu di setlist ini pun cukup beragam, dari yang upbeat galak dengan distorsi gitar elektrik sampai dengan lagu ballad yang menyentuh.

Selain itu visual di setlist ini juga cukup berwarna, seakan representasi dari komposisi member team J yang saat ini datang dari lintas angkatan, dari generasi 1 sampai dengan generasi 5. Walaupun colourful dan cerah, namun "Idol No Yoake" tetap menjaga DNA team J yang dewasa dan anggun. Seperti halnya di jelaskan oleh Cindy Yuvia, atau akrab disapa Yupi, kalau lagu di setlist pertunjukan "Fajar sang Idola"banyak variasi.

"Kalau menurut aku setlist ini bagus banget, kayak antara dari lagu ke lagu tuh emosinya beda-beda gitu, yang nonton pasti seneng dan ngga bosen," papar Yupi.

1 dari 3 halaman

1. Komentar Member

Sedangkan bagi Feni, yang merupakan member dari generasi III, menganggap setlist baru team J ini bisa membantu performa team yang membawakan untuk bisa lebih bagus lagi. Karena di setlist ini banyak detail kecil namun penting dan butuh konsentrasi lebih agar tampil baik.

Seperti terlihat di awal pertunjukan, saat lagu pertama yang berjudul sama dengan setlist ini, penonton diberikan kan kejutan dengan penampilan sebagian dari team J membawa dan memainkan alat musik marching band, hal yang pertama kali ada di JKT48 dan saat pergantian lagu bersamaan itu, mereka pun harus berganti seragam dengan waktu yang cukup singkat.

Senada dengan Feni, Shania sebagai kapten JKT48 yang sebentar lagi akan lulus berpendapat di Idol no Yoake, anak-anak team J dituntut memiliki usaha lebih untuk menguasai materi setlist.

"Di sini (Fajar sang Idola) kita dituntut untuk menguasai segala hal, maksudnya, dibilangnya kan (karena) team J itu team yang paling senior (oleh fans), walaupun anggotanya udah banyak yang berubah nih, banyak anak baru (tetap aja di anggap team senior), di sini (setlist baru ini) kita kayak ditantang, dari awal aja harus bisa main alat musik, terus (dari awal) sampai yang terakhir (membawakan) ada lagu yang semangat, ceria ada yang serius, ada juga lagu sedih, jadi semua genre masuk (dan kita harus kuasai)," jelasnya.

2 dari 3 halaman

2. Kata Kapten Team J

Namun bagi Gaby, kapten team J, pertunjukan hari pertama setlist Idol no Yoake punya arti tersendiri buat sejarah team J , selain merupakan setlist pengantar kelulusan untuk Shania, Saktia dan Della, untuk separuh dari member team J sekarang yang cukup beragam dari lintas generasi, Fajar sang Idola merupakan setlist pecah telor hari pertama mereka (sonichi).

Dipertunjukkan hari pertama, buat member JKT48, adalah hari yang spesial, mereka akan berusaha sekuat tenaga untuk tampil paling keren di depan fans, sekaligus pembuktian kalau selama ini mereka telah berlatih keras untuk setlist yang ditunggu-tunggu banyak orang.

"Mungkin setlist ini jadi cerita tersendiri gitu, karena ada beberapa member team J yang pertama kali ini sonichi (hari pertama setlist dibawakan), ada setengah dari member team J yang baru pertama kali ikut sonichi, juga ini setlist yang terakhir buat tiga member Shania, Della dan Saktia," papar Gaby.

3 dari 3 halaman

3. Pakai Seragam

Pakai Seragam © KapanLagi.com/Djoko Poerwanto
Satu lagi detail yang menjadi perhatian di setlist Fajar sang Idola adalah saat penampilan lagu Berandalan di Surga (Tengoku Yarou). Alih-alih menampilkan seragam yang khas Idol , khusus di lagu ini member yang perform mengenakan berbagai seragam yang dikenakan oleh para pekerja di Indonesia, dari Satpam, Polisi, Tentara, Suster sampai Ojek Online pun ada

"Itu kayak gambaran profesi umum di sini, dan ajakan ayo kita hidup bahagia gitu, kayak ngga peduli, lu ngapain mikirin yang lain kalau di dunia itu masih bisa happy", pungkas Feni menceritakan pesan apa yang ingin disampaikan di balik lagu tersebut

Setlist Fajar sang Idola (Idol No Yoake) tampil reguler di Theater JKT48, FX mall Sudirman sesuai jadwal setiap hari lengkapnya bisa lihat situs Official JKT48.

(kpl/djo/ssm)


Reporter:  

Djoko

↑