Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Gelar Konser Ulang Tahun Secara Virtual NTRL, Libatkan Musisi Lintas Genre

Rabu, 16 Desember 2020 19:57 WIB
Gelar Konser Ulang Tahun Secara Virtual NTRL, Libatkan Musisi Lintas Genre
Youtube

Kapanlagi.com - Dalam rangka merayakan hari ulang tahunnya ke-28, grup musik NTRL menggelar konser secara virtual bertajuk "Konser Virtual NTRL 28 Tahun" di kanal YouTube NTRL Official TV pada pada Selasa (15/12/2020).

Sejumlah musisi lintas genre ikut meramaikan konser "Konser Virtual NTRL 28 Tahun" seperti Gusti Hendy (drummer GIGI), Fourtwnty, Gerald Situmorang (bassis Barasuara), Endah N Rhesa, dan Tuan13. Tentu saja, dengan kehadiran mereka konser ini makin menarik dan seru.

"Kita undanng beberapa bintang tamu, sesama musisi yang akan ikut merayakan ulang tahun NTRL ke 28 tahun. Ada Hendi GIGi, Gerald, Fourtwnty, Tuan13. Masing-masing beda genre, jadi biar seru semua. Biar temen-temen di rumah terhibur," kata kata Bagus, vokali sekaligus bassis NTRL.

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

"Konser Virtual NTRL 28 Tahun" berlangsung dalam waktu kurang lebih dua jam. Dalam aksinya, Bagus, Coki, dan Eno membawakan sejumlah lagu hitsnya, seperti Lintang, Pertempuaran Hati, Hujan Dihatiku, Cahaya Bulan (Feat Gusti Hendy), Sorry (Feat Gerald Situmorang), Terbang Tenggelam (Endah N Rhesa), Sakit Jiwa, Walah, dan Bacot (Feat Tuan13).

1. Ceritakan Perjalanan Karir

Gambar

Di sela-sela pergantian lagu, Bagus menceritakan perjalanan karir bandnya tersebut dari awal sampai di titik ini. Awalnya, NTRL yang sebelumnya bernama Netral ini dibentuk Bagus dari teman-teman SMA. Dari situlah, mereka mulai serius membuat demo lagu dan akhirnya rekaman.

"Perjalanannya cukup panjang, NTRL itu dimulai dari band SMA. Waktu itu gua, Bimo (mantan drummer NTRL), dan alm. Miten (mantan gitaris NTRL) latihan bareng-bareng. Abis itu setelah lulus SMA, kita bikin demo, kita tawarin, akhirnya Indosemar Sakti menerima Netral (NTRL)," kata Bagus.

2. Beberapa Kali Ganti Personel

NTRL sudah mengalami beberapa kali pergantian personel, terutama pada posisi gitaris dan drummer. Di awal tahun 2000-an, formasi NTRL makin solid yang masih bertahan dari awal terbentuk sampai sekarang, yakni Bagus (basss), Coki (gitar), dan Eno (drum)

"Kita bikin album pertama di tahun 95 judulnya Walah, abis itu belanjut album Tidak Enak, dan Album Minggu Ini. Di Album Minggu Ini, Bimo keluar, gua cari drummer, ketemu lah Eno. Eno disahkan di tahun 98 album Paten. Setelah itu miren cabut. Kita berdua bikin The Best dibantu additional. Kita bikin album Oke Deh.

Dalam formasi ini, NTRL makin produktif. Mereka berhasil mengeluarkan sejumlah album, seperti Kancut, Hitam, Putih, 9th, The Story Of, Unity, 11/12, dan XXV. Selain itu, sejak beberapa tahun belakangan NTRL juga sudah tidak masuk perusahaan label rekaman lagi, melainkan mereka membuat label rekaman sendiri yang diberi nama Kancut Record.

"Om Cok masuk, bikin album Kancut, Hitam, Putih. Kita keluar dari label kita bikin label sendiri Kancut Record," tutup bagus.