Gita Gutawa hingga Vadi Akbar Meriahkan Opening Kastil Burg Welterode di Jerman

Kistin Septiyani | Selasa, 17 September 2019 22:01 WIB
Gita Gutawa hingga Vadi Akbar Meriahkan Opening Kastil Burg Welterode di Jerman

Kapanlagi.com - Dalam rangka pembukaan Kastil Burg Welterode di Jerman sejumlah musisi Indonesia dan Jerman berkolaborasi dalam sebuah pagelaran musik. Sebanyak 21 musisi Indonesia berada di bawah naungan konduktor Erwin Gutawa, sedangkan 53 musisi Jerman di bawah konduktor Bern Fugelsang.

Dituturkan Erwin Gutawa, pagelaran musik orkes dan etnik tersebut diawali dengan Panggung Budaya Indonesia yang menampilkan Tari Bali dan Tari Saman Aceh yang mendapatkan sambutan luar biasa dari masyarakat kota Eitorf. Hadir di acara tersebut Walikota Eitorf dan Konjen RI untuk Jerman, Toeferi.

1 dari 3 halaman

1. Dimeriahkan Sederet Penyanyi Tanah Air

Dimeriahkan Sederet Penyanyi Tanah Air ©KapanLagi.com/Dadan Deva
Penyanyi Vadi Akbar, Gita Gutawa dan Sandhy Sondoro yang turut serta, juga sukses menghibur. Vadi membawakan Karya Guruh Soekarno Putra, Chopin Larung dan Cinta Negriku. Vadi Akbar juga duet dengan Gita Gutawa membawakan lagu Cloud and Seagul karya Harry Kiss.

Setelah itu Vadi Akbar duet dengan suara almarhum Eyang Darsih menampilkan lagu klasik Juwita Malam yang diaransemen dalam format orkestra jazz yang dikonduktori oleh Erwin Gutawa.

"Jumlah musisi ada 74 orang di panggung outdoor di halaman kastil yang menampung sekitar 750 undangan masyarakat kota Eitorf dan komunitas Indonesia yang bermukim di Jerman. Angka 74 sengaja melambangkan HUT RI 74 tahun," ujar Erwin Gutawa dalam keterangan tertulis yang diterima Kapanlagi.com.

2 dari 3 halaman

2. Tampilkan Karya Klasik

Tampilkan Karya Klasik ©KapanLagi.com/Dadan Deva
Sementara itu, 53 personel Orkestra Jerman juga tampil memukau membawakan karya klasik dari Antonin Leopold Dvorak, composer asal Ceko.

"Kami menyiapkan produksi acara dengan standar Internasional, Alhamdulillah malam itu cerah sehingga acara berjalan sangat baik dan sangat mengesankan" kata Vadi Akbar.

3 dari 3 halaman

3. Kastil Burg Welterode

Kastil Burg Welterode secara resmi dibuka kembali pada 15 September 2019. Kastil seluas 3 hektar itu dibangun pada tahun 1249. Namun, sekarang kastil tersebut dimiliki oleh Harry Kiss, pengusaha tata suara yang juga ayah dari musisi Vidi Aldiano dan Vadi Akbar.

"Di kota Eitorf Jerman pada tahun 1249 dibangun sebuah kastil seluas 3 Ha yang bernama Burg Welterode. Kastil ini dibangun setahun setelah Catedral Dome of Koln yang terkenal itu. Kini 770 tahun kemudian, setelah melalui sejarah dalam kurun waktu yang panjang, kastil ini akhirnya pada Januari 2019 menjadi milik kami. Kastil ini rencananya akan dijadikan basis perusahaan yang menjual produk-produk Indonesia ke Jerman," jelas Harry Kiss.

(kpl/dan/TIN)


Reporter:  

Dadan Deva

↑