'Hymn For The Weekend' Coldplay Disebut Meremehkan Agama Hindu

Girindra Permana Cahya | 01 Februari 2016, 12:22 WIB
'Hymn For The Weekend' Coldplay Disebut Meremehkan Agama Hindu

Kapanlagi.com - Kaum hindu mengkritisi video musik terbaru dari Coldplay yang dibawakan bersama Beyonce Knowles. Berjudul Hymn For The Weekend, dikatakan klip ini meremehkan agama Hindu.

Lewat sebuah press release, diwakili oleh Rajan Zed, ia mengatakan bahwa lagu bergenre party anthem memasukkan simbol dan konsep sakral dari agama Hindu yang tidak ada hubungannya dengan lirik dan jalan cerita klip. Semua diungkapkan oleh Rajan di Nevada, beberapa waktu silam.

Ia mengatakan bahwa tak ada koneksi antara Dewa Siwa yang membawa trisula dan penempatannya dalam video klip untuk duduk di trotoar, tiga orang yang berpenampilan seperti Hanoman yang berdiri membawa gada di atas pundaknya. Selain itu ada sadhus yang berpakaian safron (dengan posisi satu di tanah dan yang lain duduk lebih tinggi di tongkat bambu sembari memegang mala) di pinggir jalan, seolah-olah sedang bermeditasi dengan membakar dupa di depan mereka-dengan diiringi lirik yang menurut Zed kurang sesuai yakni "drink from me".

Rajan Zed mengutarakan bahwa para penganut umat Hindu sebenarnya paham dengan kasus Coldplay dan Beyonce ini tidak berniat untuk menurunkan derajat Hinduisme. Tapi, hal semacam ini bisa menyakiti hati orang-orang yang memeluk keyakinana tersebut

Zed menyatakan bahwa, "Hindu adalah agama paling lawas dan merupakan agama dengan penganut terbesar ketiga di dunia yakni satu miliar orang dan banyak pemikir filosofis yang juga kaya. Sebenarnya hal seperti ini tidak harus diambil sembrono. Simbol iman apapun, besar atau lebih kecil, tidak boleh salah pengartian."
 
Rajan Zed mencatat bahwa penggunaan yang tidak pantas atas simbol / konsep Hindu terjadi jika hal tersebut digunakan untuk dikomersilkan atau agenda lain yang dapat menyakiti umat. Selain itu, seharusnya Coldplay tidak perlu memberikan karikatur atau stereotip Hindu dalam klip tersebut.
 
Sebenarnya agama Hindu sangat bebas untuk diekspresikan atau disebarkan oleh semua orang. Tetapi Zed mengatakan bahwa sangat berbahaya jika nantinya ekspresi tersebut mengganggu iman para pengikut.
 
Hymn For The Weekend sendiri merupakan vide klip yang berdurasi 4 menit 18 detik yang diproduseri oleh Simpson-Stargate-DD dan disutradarai oleh Ben Mor. Lagu tersebut merupakan single ketiga dari album terbaru band Coldplay yang berjudul A HEAD FULL OF DREAMS.

Nah, bagi kalian yang penasaran dengan video klip Coldplay tersebut, bisa kalian cek pada link di bawah ini.


Video by: Coldplay

(kpl/otx)

Editor:   Girindra Permana Cahya

Topik Terkait