Industri Musik Melorot, Bondan Prakoso Jadi Petani?

Editor KapanLagi.com  | 08 Oktober 2012, 20:10 WIB
Industri Musik Melorot, Bondan Prakoso Jadi Petani?
Kapanlagi.com - Semakin ketatnya persaingan dalam industri musik membuat berat Bondan Prakoso turun. Pria yang pernah meraih penghargaan AMI Sharp Awards 2003 kategori Kolaborasi Rock ini terlihat kurus kala ditemui di RCTI, Jakarta Barat, Senin (8/10).

"Kurusan ya? Iya nih, gue mikirin industri musik ini gimana nih. Ke depannya, apa gue masih ingin tetep di musik? Apa bisa hidup? Apa jadi petani? Gue juga nggak tahu. Anak gue bentar lagi mau sekolah ya kan? bingung juga nih makanya," ujarnya lalu tersenyum.

Pernyataan tersebut bukan tanpa bukti. Sebab menurutnya, selain kompetitor kian menggila, industri musik penunjang pun kian terpuruk. Sehingga musisi benar-benar tak berdaya.

"Kalau mau bicara off air juga, persaingan makin ketat. Sekarang susah banget. Mau jualan CD (Compact Disc), kaset juga susah. Kita punya album juga so what? Mau dijual ke mana. Link untuk download secara gratis udah ada," sambungnya.

Padahal ring back tone atau RBT yang sempat cukup membantu para musisi untuk mengenalkan karyanya pada masyarakat. Namun sejak dihilangkan, kondisi industri musik semakin parah dan tak banyak diharapkan.

"Ini sangat sulit yah. Kalau dulu kita masih tertolong RBT, dan pembajakan belum banyak. Sekarang sudah kompleks. RBT ga bisa diharapkan, pembajakan makin menggila, digital nggak naik-naik," imbuh Bondan. (kpl/amr/dis/dew)

 
Join Kapanlagi.com
↑