Inilah Fakta di Balik Misteri Lagu-lagu Populer Tanah Air, dari 'Tinggal Kenangan' sampai 'Lingsir Wengi'

Kamis, 04 Juni 2020 19:01 WIB
Inilah Fakta di Balik Misteri Lagu-lagu Populer Tanah Air, dari 'Tinggal Kenangan' sampai 'Lingsir Wengi'

Kapanlagi.com - KLovers masih ingat dengan lagu Tinggal Kenangan yang dulu sempat populer karena cerita mistis di baliknya? Selain lagu yang disebut-sebut diciptakan oleh seorang gadis bernama Gaby itu, ada beberapa lagu milik musisi tanah air yang juga dikenal mempunyai misteri-misteri dan kisah mistis loh.

Nah, berikut ini adalah sederet lagu-lagu populer tanah air yang dipercaya memiliki cerita misteri di baliknya dan fakta sebenarnya dari lagu tersebut.

1 dari 7 halaman

1. Gaby - 'Tinggal Kenangan'

Lagu Tinggal Kenangan sendiri sangat populer dan booming sekitar tahun 2005 silam. Lagu ini popular setelah cerita tragis di balik terciptanya lagu tersebut mencuat ke permukaan.

Lagu ini konon diciptakan oleh seseorang bernama Gaby setelah ditinggal sang kekasih untuk selama-lamanya. Setelah menciptakan lagu ini, Gaby konon mengakhiri hidupnya sendiri karena tak kuat menahan kesedihan atas meninggalnya sang kekasih. Dahulu, banyak orang percaya jika mendengarkan Tinggal Kenangan seorang diri di malam hari, hantu Gaby akan mendatangimu.

Mengutip Brillio.net pada Kamis (4/6/2020), setelah lagu ini menjadi semakin viral ada beberapa orang yang muncul dan mengakui bahwa lagu tersebut adalah ciptaannya. Salah satunya adalah grup musik bernama Caramel. Mereka menyatakan bahwa lagu tersebut diciptakan gitaris mereka pada tahun 2003 silam dengan judul asli Jauh.

 

2 dari 7 halaman

2. Sheila On 7 - 'Sephia'

Jika bicara tentang cerita mistis dari sebuah lagu, tidak akan lengkap rasanya jika tak membahas lagu milik Sheila On 7 yang satu ini. Sephia konon diambil dari nama seorang penggemar yang meninggal dalam perjalanan menunju konser Sheila On 7. Sang gitaris, Eros kabarnya membuat lagu tersebut sebagai bentuk penghargaan terhadap sang penggemar setelah 'didatangi' pada suatu malam.

Namun cerita mistis ini dibantah oleh Eros. Ia mengungkapkan bahwa lagu itu tak memiliki cerita mistis atau tragis di baliknya. Lagu Sephia hanya menceritakan tentang beratnya seseorang meninggalkan kekasih gelapnya. Nama Sephia sendiri dipilih karena menurut eros sosok kekasih gelap ini perlu sebuah nama.

3 dari 7 halaman

3. Peterpan - Kukatakan Dengan Indah

Cerita mistis dari lagu Kukatakan Dengan Indah ini bermula ketika studio yang digunakan Peterpan untuk rekaman lagu tersebut adalah studio yang sama dengan studio yang biasa digunakan Nike Ardilla. Sejak saat itu cerita mistis dari lagu tersebut pun beredar.

Banyak penggemar yang mengaku mendengar suara wanita pada menit ke 4:42 samapi 4:52. Suara tersebut dipercayai banyak orang sebagai suara dari mendiang Nike Ardilla. Hingga saat ini belum ada konfirmasi lebih lanjut dari pihak Peterpan terkait hal tersebut.

4 dari 7 halaman

4. Laluna - 'Selepas Kau Pergi'

Mengutip Brillio, pada Kamis (4/6/2020), banyak penggemar yang mengklaim mendengarkan instrumental jawa di tengah-tengah lagu Selepas Kau Pergi milik Laluna tersebut. Hal ini membuat banyak pendengar merasa merinding saat mendengar bagian tersebut.

Yang membuat banyak pendengar curiga adalah musik tersebut tidak sesuai dengan tempo dari lagu Selepas Kau Pergi. Instrumen tersebut semakin jelas terdengar saat jelas saat ada jeda musik. Sayangnya, hingga saat ini tidak ada keterangan dari pihak Laluna terkait hal tersebut.

5 dari 7 halaman

5. Dewa 19 - 'Kamulah Satu-satunya'

Misteri dari lagu yang satu ini tak ada kaitannya dengan hal-hal mistis, melainkan lirik dari lagu Kamulah Satu-satunya. Di menit terakhir lagu yang dibawakan oleh Dewa 19 ini ada kata-kata yang tak bisa dimengerti. Ari Lasso yang saat itu masih menjadi vokalis dari band tersebut mengucapkan sebuah kalimat yang tak tercatat di naskah lirik.

Setelah hampir 10 tahun sejak lagu tersebut dirilis, misteri dari kata tersebut pun akhirnya terungkap. Sebuah akun Twitter mengunggah jawaban dari pertanyaan sebagian besar Baladewa. Ternyata kalimat tersebut berbunyi 'Cek Dan'.

Ari Lasso mengungkapkan bahwa itu adalah ucapannya yang meminta Ahmad Dhani untuk memeriksa hasil rekaman suaranya setelah take vocal. Sayangnya, suara tersebut lupa dihapus ketika proses editting.

6 dari 7 halaman

6. Payung Teduh - 'Resah'

Lagu milik Payung Teduh yang satu ini memang terkenal dengan ceritanya yang tragis dan membuat merinding. Pasalnya berkembang cerita di antara para penggemar yang mengatakan bahwa lirik lagu Resah ini diambil dari puisi karya salah satu rekan personilnya yang meninggal karena bunuh diri.

Sang penulis puisi ini diceritakan putus asa setelah ditinggal sang kekasih untuk selama-lamanya. Ia pun memutuskan untuk mengakhiri hidup dengan gantung diri saat melakukan pendakian bersama teman-temannya.

Namun cerita ini dibantah oleh para personil. Mengutip dari hasil interview yang diunggah di channel YouTube Kalaumood Project pada Februari 2017 silam, para personil mengungkapkan bahwa cerita ini tidaklah benar. Menurut mereka cerita tersebut awalnya berkembang di creepy pasta dan sebatas hasil interpretasi dari pendengar saja.

7 dari 7 halaman

7. 'Lingsir Wengi'

Lagu Lingsir Wengi selalu dikaitkan dengan sosok hantu kuntilanak. Banyak orang percaya lagu ini digunakan untuk memanggil makhluk astral.

Persepsi ini muncul setelah lagu tersebut digunakan dalam film horor KUNTILANAK awal tahun 2000-an silam. Dalam film tersebut, lagu Lingsir Wengi digunakan untuk memanggil sosok kuntilanak.

Mengutip Brillio.net, pada Kamis (4/6/2020), lagu ini sebenarnya diciptakan oleh Sunan Kalijaga untuk menangkal hal buruk dan gangguan makhluk halus. Lagu ini justru berarti doa yang meminta perlindungan dari sang maha pencipta.

(kpl/sep)