Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Iwan Fals Akui Menyanyikan Lagu Tentang Cinta Lebih Sulit

Senin, 03 Januari 2022 19:05 WIB
Iwan Fals Akui Menyanyikan Lagu Tentang Cinta Lebih Sulit
Iwan Fals merilis single terbarunya berjudul 'Patah' © KapanLagi.com - Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Beberapa waktu lalu Iwan Fals merilis single terbarunya berjudul Patah yang ada di album Pun Aku. Lagu ini merupakan ciptaan Enda Ungu yang memang khusus diciptakan untuk idolanya, Iwan Fals

"Lagunya ciptaan Enda Ungu dia tergerak buat lagu buat saya. Akhirnya terjadi lah lagu itu," ujar Iwan Fals saat wawancara virtual belum lama ini.

Diakui Iwan Fals Menyanyikan lagu bertemakan cinta lebih sulit karena butuh penghayatan dan kejujuran. Walaupun lagu-lagu dengan tema lain juga memiliki cerita tersendiri.

"Ternyata (lagu) cinta lebih berat ya perlu kejuruan ketulusan keihkhlasan apalagi menyangkut diri sendiri. Nggak mau kan dibilang cintanya bohongan makanya butuh penghayatan. Hampir semua lagu sama kayak Umar Bakri punya ini sendiri, cinta punya (cerita) sendiri, (tentang) alam juga, religius masing-masing lagu punya nasibnya sendiri," jelasnya.

1. Gandeng Reza Rahadian dan Marsha Timothy

Gambar

Menurut Iwan Fals lagu ciptaan Enda Ungu ini cukup unik karena bercerita tentang ketergantungan seseorang terhadap pasangannya.

"Enda itu lagunya unik temanya karena (tentang) ketergantungan itu lagu yang membuat orang menjadi hatinya patah. Takut kehilangan, apa daya kalau nggak ada dia. Wah saya pikir iya juga sih kalau kita kan selalu ketergantungan, selalu mengalami kekecewaan, bukan cuma manusia tapi hal-hal lain," paparnya.

2. Kagum Bakat Akting Mereka

Gambar

Spesialnya video klip 'Patah' ini digarap layaknya film pendek dengan melibatkan Reza Rahadian dan Marsha Timothy sebagai model video klipnya. Iwan Fals pun mengaku sangat kagum dengan akting keduanya yang membuat video klip ini menjadi sangat luar biasa.

"Kebetulan saya lihat prosesnya wah saya lihat cepat masuknya, nggak kesulitan, begitu jadi gambar saya kaget juga waduh luar biasa. Lebih dari ekspektasi saya. Terima kasih sama tim yang menggarap dengan serius luar biasa," ucap Iwan Fals.

3. Selalu Bersyukur

Gambar

Sudah puluhan tahun bermusik, Iwan Fals pun sempat ditanya apa yang dilakukannya ketika sedang bosan bermusik? Ia pun menjawab yang hanya bisa dilakukannya adalah bersyukur dengan apa yang sudah didapatkannya selama ini.

"Pasti pernah (bosan) lah saya. Tapi kembali lagi saya bersyukur karena banyak orang nggak bisa main gitar, saya bisa, banyak yang bisa bikin lagu tapi nggak dikenal, tapi saya dapat kesempatan dipromosikan dan dikenal," ungkap Iwan Fals.

"Itu yang buat saya bersyukur apa yang dikasih Tuhan dalam bermusik. Gimana rasa bersyukur yang membuat rasa bosan itu bukan nggak ada tapi segera sirna dan hilang," pungkasnya.