Joey Alexander Main di Grammy Awards, Dira Sugandi Speechless

Fitrah Ardiyanti | 17 Februari 2016, 11:22 WIB
Joey Alexander Main di Grammy Awards, Dira Sugandi Speechless

Kapanlagi.com - Ajang 58th Grammy Awards yang sukses dihelat di Staples Center, Los Angeles, Amerika Serikat kemarin (16/2) menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh sebagian masyarakat Indonesia. Mengapa? Karena salah satu pianis cilik asal Indonesia, Joey Alexander, tampil memukau di ajang bergengsi bagi musisi dunia ini.

Nggak cuma tampil ditemani oleh musisi Common dan CEO Recording Acdemy, Neil Portnow, Joey juga sukses masuk ke dalam dua nominasi. Pertama, Best Improvised Jazz Solo. Joey berhasil masuk karena permainan pianonya saat membawakan lagu Giant Steps dari album My Favorite Things sangat keren.

Nominasi kedua Joey adalah Best Jazz Instrumental Album. Album My Favorite Things yang dirilis di bawah bendera Motema Record, sukses bersaing dengan musisi sekelas John Scofield dan Terence Blanchard, Sayang Joey belum bisa membawa pulang satu piala pun.

Namun, musisi jazz tanah air Dira Sugandi tak memandang hal itu sebagai sebuah kegagalan. Ia bahkan tak bisa berkata-kata saat Joey perform di Grammy.

Performance Joey di Grammy, bikin Dira Sugandi terharu/©TPG ImagesPerformance Joey di Grammy, bikin Dira Sugandi terharu/©TPG Images

"Terharu, bikin speechless, pokoknya membahagiakan luar biasa. Senang juga karena mudah-mudahan ini menjadi awal dari harapan baru untuk Indonesia supaya bisa lebih terekspos lagi. Bisa lebih memberikan kesempatan lagi kepada talenta lain untuk bisa dikenal dunia," tutur penyanyi yang punya suara luar biasa menggelegar ini saat ditemui usai nonton bareng live Grammy Awards di kawasan Gunawarman, Jakarta Selatan, Selasa (16/2).

Dira pun salut atas kerja keras Joey selama menetap di Amerika Serikat hingga mampu masuk dalam ajang besar seperti ini. "Menurut saya dia udah masuk dua nominasi yang lawannya gila-gila banget, apalagi dia perform solo, udah berhasil sih. Udah berhasil artinya dalam sejarah Indonesia itu pertama kali dan mungkin akan menjadi satu-satunya," jelasnya.

"Bukannya saya pesimis, tapi susah lho dapat spot di Grammy kayak gitu. Ya mungkin kalau nominasi masih bisalah kita. Cuma untuk perform dan di-announce langsung ama presiden Recording Academy, dapat spotlight, itu susah banget. Jadi bagi kami, bagi kita semua, Joey udah menang," tandasnya.

(kpl/abs/tch)

Reporter:   Adi Abbas Nugroho