Joyland Festival Hadir Lagi Setelah Absen 6 Tahun

Sanjaya Ferryanto | Jum'at, 06 Desember 2019 18:22 WIB
Joyland Festival Hadir Lagi Setelah Absen 6 Tahun

Kapanlagi.com - Setelah 6 tahun absen, Joyland Festival segera kembali hadir tahun ini. Rencananya, festival yang diselenggarakan oleh Plainsong Live ini akan berlangsung pada akhir pekan 7-8 Desember 2019 di Lapangan Panahan, Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat.

Menurut Program Director Joyland Festival 2019, Ferry Dermawan, tidak ada alasan tertentu Joyland Festival tidak terselenggara beberapa tahun ini.

"Absennya Joyland Festival selama itu sebenarnya tidak ada alasan yang spesifik, karena ada kesibukan masing-masing dan selama kurang lebih lima tahun itu kami juga buat acara tapi bukan festival," ucapnya di Dia Lo Gue, Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (3-12).

Menariknya, Joyland Festival 2019 memilih kurator yang ahli dari setiap lininya. Ada 3 lini yang akan disajikan, yaitu musik, stand-up comedy, dan film.

"Buat kami di Joyland Festival, merangkai kembali festival ini selalu tentang mengajak kawan-kawan terbaik untuk ikut serta. Tahun ini, kami mengajak Efek Rumah Kaca, Soleh Solihun, dan Anggun Priambodo untuk menjadi kurator di bidang musik, stand-up comedy, dan film," jelas Ferry.

 

1 dari 2 halaman

1. Akan Ada Musisi Internasional

Akan Ada Musisi Internasional Kapanlagi/Akbar Prabowo Triyuwono
Pada lini musik, Efek Rumah Kaca (ERK) sebagai kurator telah memilih berbagai musisi yang dipercaya akan membawa kualitas mutu di sepanjang festival dua hari itu nantinya.

Sir Dandy, Jirapah, Made Mawut, Puti Chitara, Suara, Bayangan, Mad Mad Men, Mondo Gascaro dengan Rien Djamain &Lele Pattiselano, dan lainnya akan ambil bagian. Nama-nama ini pun erat hubungannya dengan Kios Ojo Keos, ruang ruang publik yang dikelola oleh ERK.

"Setelah 1,5 tahun aktif mengadakan Showkeos (di Keos Ojo Keos), kami merasa perlu meng-highlight beberapa penampil yang kamu suka, agar karya mereka semakin teramplifikasi. Dan semoga kita, sepulang dari Joyland Festival, playlist-nya makin yahud," jelas Cholil Mahmud dari Efek Rumah Kaca.

Berbeda dari biasanya, kali ini akan ada musisi-musisi internasional yang akan ikut serta pada Joyland Festival 2019. Nama-nama ini pun sudah lama dinantikan untuk mampir ke Jakarta.

Mereka adalah Hatchie (Australia), Frankie Cosmos (Amerika), Yves Tumor (Amerika), Washed Out (Amerika), Tops (Kanada), dan Anna of the North (Norwegia).

2 dari 2 halaman

2. ini Harga Tiketnya

ini Harga Tiketnya Kapanlagi/Akbar Prabowo Triyuwono
Pada lini stand-up comedy, Soleh Solihun sudah menyiapkan pasukannya. Dirinya pun menunjuk Yusril Ihza Fahriza, Oki Rengga, Ali Akbar, Awwe, Aci Resti, Kiky Saputri, Eka Kuota, dan Nury Zhafira untuk menciptakan luapan tawa di festival ini.

"Nanti akan ada stand-up comedian dengan berbagai macam karakter dan latar belakang yang unik dan berbeda. Ada yang mantan kiper PSMS, mantan guru, sampe mantan presiden (Standupindo)," jelas Soleh.

Sementara sineas sekaligus seniman Anggun Priambodo akan bertanggungjawab untuk Cinerillaz, area yang akan menayangkan sejumlah film pendek. Menariknya, pemutarannya bisa menjadi jeda dari intensitas musik yang bermain.

"Gue janji penonton akan bisa menikmati film pendek fiksi, dokumenter, eksperimental, dan animasi terkini yang diproduksi dua tahun terakhir oleh sineas dan sinema Indonesia," ujar Anggun.

Dengan total 24 musisi, 18 film pendek, dan 8 komika, serta 4 story teller, Joyland Festival 2019 ini diharapkan bisa memberikan pengalaman festival berbeda dari yang lain.

"Lewat Joyland Festival 2019, kami ingin menciptakan sebuah pengalaman yang khas untuk kota Jakarta. Kami ingin orang berkumpul dan merayakan kesenian dengan level yang seru. Jadi pastikan datang dan ambil bagian," ucap Ferry.

Tiket untuk Joyland Festival sudah bisa didapatkan secara luas di Kiostix.com dan Kios Ojo Keos dengan rentang harga mulai dari Rp 200 ribu hingga Rp 2 juta.

(kpl/apt/frs)


TOPIK TERKAIT
 
↑