Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

KALEIDOSKOP 2021: 6 Musisi Ini Jadi Newsmaker Music Sepanjang Tahun, Viral di Media Sosial - Puncaki Tangga Lagu Dunia

Dhimas Wahyu Nugroho   | Rabu, 15 Desember 2021 10:00 WIB
KALEIDOSKOP 2021: 6 Musisi Ini Jadi Newsmaker Music Sepanjang Tahun, Viral di Media Sosial - Puncaki Tangga Lagu Dunia
Kaleidoskop KapanLagi 2021 Newsmaker Music

Kapanlagi.com - Tahun 2021 menjadi tahun yang sangat berharga bari deretan musisi, baik di dunia maupun bagi musisi Tanah Air sendiri. Ada yang merilis album baru ada pula yang lagunya viral bahkan sampai mendunia. 

Adele misalnya, di tahun 2021 ini, musisi asal London, Inggirs ini merilis album barunya bertajuk 30. Dan baru beberapa jam dirilis, album yang berisi 12 single ini pun langsung memuncaki top chart musik di banyak negara di dunia. Tak hanya itu saja, Album ini juga menjadi album dengan pembelian terbanyak sepanjang tahun 2021. 

Siapa saja para musisi yang berhasil menjadi newsmaker di sepanjang tahun 2021 ini? Nah, KapanLagi.com® telah merangkumnya dalam list yang ada di bawah ini, dan kalian juga bisa langsung memberikan vote untuk musisi idola kalian.  

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

1. Taylor Swift

Gambar

Taylor Swift merekam lagi 5 album lamanya yang seakran ia beri nama Taylor's Version. Lima album itu yakni, Fearless, Speak Now, Red, 1989, dan Reputation. Dari kelima album, dua album sudah dirilis ke pasaran, yakni Fearless (Taylor's Version) pada tanggal 21 April 2021 dan Red (Taylor's Version) di tanggal 12 November 2021.

Berawal dari perseteruannya dengan label soal hak cipta lagu, Taylor Swift akhirnya merekam lagu-lagu miliknya dengan aransemen baru. Dan menariknya, album barunya ini pun sangat disambut bahagia oleh para swifties (fans Taylor Swift).

Dari kelima album itu, Red (Taylor's Version) menjadi album yang sangat berarti bagi perempuan 32 tahun ini. Sama seperti Fearless (Taylor's Version), album Red (Taylor's Version) ini ada beberapa lagu yang belum dirilis sebelumnya, atau yang dikenal dengan From The Vault.

Di antara lagu From The Vault, terdapat lagu favorit dari para penggemar Swift, yakni All Too Well yang berdurasi asli 10 menit 31 detik. Dan lagu ini pun dirilis pula dalam versi film pendek yang disutradari oleh Taylor Swift. 

Film pendek berjudul ALL TOO WELL: THE SHORT FILM yang dirilis pada tanggal 13 November itu dibintangi oleh Sadie Sink bintang serial STRANGER THINGS dan Dylan O'Brien dari TEEN WOLF. 

Tak lama setelah dirlis, lagu dan film pendek sekaligus curhatan Swift itu langsung viral. Bahkan, nama Jake Gyllenhaal pun ikut terseret. Semua akun media sosial miliknya pun 'diserang' oleh netizen hampir dari seluruh dunia. 

2. Adele

Gambar

Setelah 6 tahun vakum, Adele akhirnya meluncurkan album terbarunya berjudul 30. Album ini sendiri berisi semua curhatan Adele tentang kehidupan percintaannya, terutama perceraiannya Dengan Simon Konecki. Adapun cerainya Adele ini terjadi karena ia sudah merasa tak dihormati lagi dalam pernikahannya. 

Bahkan, selama proses perceraian, wanita 33 tahun ini mengalami serangan kecemasan. Dan dalam wawancaranya dengan Rolling Stones belum lama ini, Adele harus jalani terapi selama 6 jam sebelum menggarap album barunya ini. 

Bekerja sama dengan Greg Kurstin, Max Martin, Inflo, serta komposer dan produser Swedia, Ludwig Goransson, Adele sukses merilis album 30 dengan 12 single di dalamnya. 

Lagu-lagu yang akan dirilis dalam album 30 yaitu Strangers by Nature, Easy on Me, My Little Love, Cry Your Heart Out, Oh My Good, Can I Get It, I Drink Wine, All Night Parking, Woman Like Me, Hold On, To Be Loved, Love Is A Game.

Dan Easy On Me menjadi lagu pertama dari Album 30 yang dirilis oleh Adele. Berselang beberapa jam setelah dirlis, tepatnya pada tanggal 15 Oktober 2021, Easy On Me langsung memuncaki tangga lagu di 25 Negara. Pun begitu dengan albumnya yang dirilis pada 19 November lalu, langsung memuncaki tangga lagu di 22 negara. 

Dan album 30 ini menjadi album dengan penjualan terbanyak di tahun 2021. Bahkan, ini juga menjadi album terbaik setelah album 21 dan 25. Menariknya lagi, album ini juga menjadi helaing bagi Adele, karena di sini ia bisa menemukan ketenangan. 

3. Niki Zefanya dan Rich Brian

Gambar

Publik Indonesia dibuat bangga dengan dua musisi asal Indonesia, yakni Niki Zefanya dan Rich Brian. Penyanyi yang tergabung dalam label 88Rising ini belum lama ini mengisi soundtrack dari film terbaru Marvel Entertainments SHANG-CHI AND THE LEGEND OF THE TEN RINGS

Menariknya, selama penggarapan, lagu berjudul Every Summertime ini diciptakan sendiri oleh pemilik nama asli Nicole Zefanya. Ia mengaku kalau penulisan lagunya itu ia lakukan di ruang tamu rumahnya di Amerika, karena saat itu studio ditutup saat pandemi.

Sama halnya dengan Niki, pemilik nama asli Brian Imanuel Soewarno ini juga menjadi salah satu pengisi lagu di film yang sama. Beberapa kali Brian mengunggah proses pembuatan lagu di studio bersama rekan dan produser. 

Di album ini, Rich Brian dan Niki, bersama penyanyi asia lainnya, bernama Warren Hue menyanyikan lagu berjudul Always Rising. Tak hanya satu lagu, Brian juga berkolaborasi dengan Guapdad 4000 dalam lagu Foolish.

Tak hanya itu saja, Rich Brian juga berkolaborasi bersama musisi dunia yang namanya sudah dikenal, seperti lagu Act Up yang ia nyanyikan bersama Earthgang dan lagu berjudul Run It yang berkolaborasi dengan DJ Snake. 

4. Pamungkas

Gambar

Bagi para penikmat senja dan musik indie, tentunya sudah tak asing lagi dengan nama Pamungkas. Ya, musisi yang kin baru berusia 28 tahun ini namanya kian melambung sejak merilis lagu To The Bone. Selama berkarier di dunia musik, Pamungkas sendiri sudah menelurkan tiga album, dan semuanya sukses di pasaran. 

Lagu To The Bone sendiri berhasil memecahkan rekor paling lama di tangga lagu Indonesia Top 50 di Spotify. Lagu itu pun memuncaki tTop 50 selama 7 pekan, bahkan mengalahkan lagu Lathi milik Wird Genius yang bertanya hanya selama empat pekan. 

Menariknya, lagu To The Bone sendiri sebenarnya sudah dirilis sejak tahun 2019. Lagu itu pun kemudian viral di Tik Tok hingga akhirnya dirlis di Spotify di tanggal 9 Maret dan bertahan sampai 27 April 2021. 

To The Bone sendiri adalah salah satu lagu yang terdapat dalam album solo kedua Pamungkas yang bertajuk Flyin Solo. Dan sampai saat ini, lagu To The Bone sudah didengarkan lebih dari 50 juta kali di Spotify dan 183 juta view di youtube.

Sampai saat ini, Pamungkas sudah merilis empat album, yakni Walk The Talk (2018), Flyin Solo (2019), Solipsism (2020), dan Solopsism 0.2 yang rilis pada Februari 2021 lalu. 

5. Sezairi

Gambar

Bagi para pengguna Tik Tok tentunya sudah tak asing lagi dengan lagu It's You. Ya, lagu yang dinyanyikan oleh penyanyi asal Singapura, Sezairi ini viral di Tik Tok sepanjang tahun 2021. 

Menariknya lagi, yang punya lirik romantis dan alunan nada merdu ini dirilis tiga tahun sebelumnya, yakni tahun 2018. Dan setiap video-video romantis, banyak yang memakai lagu ini sebagai latar, jadi tak salah kalau lagu ini kembali viral di 2021. 

Bernama asli Sezairi Sezali, penyanyi kelahiran 6 Agustus 1987 ini merupakan musisi keturunan Melayu yang lahir di Bukit Timah, Singapura. Nama Sezairi mulai dikenal sejak ia keluar menjadi juara di ajang Singapore Idol musim ketiga tahun 2009. 

Satu tahun berselang, di tahun 2010, Sizairi merilis album perdananya bertajuk Take Two. Dan namanya pun semakin dikenal sejak merilis single It's You di tahun 2018. 

Bahkan, meskipun baru viral di tahun 2021, lagu Sezairi ini sukses memuncaki beberapa tangga lagu. Dan sampai saat ini, Sezairi sendiri sudah menelurkan 2 EP yaitu, SEZAIRI di tahun 2016 dan Undetones yang ia rilis tahun 2020. 

6. Raisa dan Sam Kim

Gambar

Di penghujung tahun 2021, Raisa mengeluarkan karya terbarunya. Gak tanggung-tanggung, kali ini, pelantun tembang Kali Kedua ini berkolaborasi dengan penyanyi asal Korea Selatan, Sam Kim. Seperti yang sudah banyak diketahui, Sam Kim sendiri dikenal sebagai salah satu penyanyi yang banyak mengisi OST (Original Soundtrack) drama korea.

Lagu duet mereka yang berjudul Someday ini pun sudah dirilis pada tanggal 12 November 2021. Dan sejak dirilis satu pekan lalu, lagu ini sudah ditonton lebih dari 1,5 juta penonton di youtube. 

Alasan Raisa mengajak Sam Kim berkolaborasi karena dirinya memang ngefans dengan pelantun Love Me Like That itu. Ia pun memberanikan diri untuk kontak Sam Kim lebih dulu lewat DM Instagram. Raisa tidak menyangka langsung mendapat respon yang positif dari Sam Kim.

Tak cuma mengidolakan, Raisa juga sangat yakin kalau kolaborasinya dengan Sam Kim akan menghasilkan lagu dan musik yang bagus. Ia pun sangat bersyukur kolaborasinya dengan Sam Kim berjalan lancar. 

Dalam wawancara virtual belum lama ini, Sam Kim sendiri mengungkapkan bahwa ia sangat kagum dengan Raisa. Ia juga menceritakan bagaimana ia dan Raisa sering sharing dan diskusi soal musik, hingga akhirnya terciptalah lagu Someday.  

Nah, dari beberapa nominasi yang sudah dirangkum oleh KapanLagi.com® KLovers pasti punya idola dan jagoan sendiri. Jangan lupa untuk langsung vote jagoan kalian di SINI atau bisa juga lewat tombol di bawah..

https://www.newshub.id/interactive2/2790

Editor:   Dhimas Wahyu Nugroho