Kendala Bahasa Tak Halangi Keseruan Saya Kawamoto Bersama Team T JKT48

Guntur Merdekawan | Kamis, 04 Oktober 2018 21:22 WIB
Kendala Bahasa Tak Halangi Keseruan Saya Kawamoto Bersama Team T JKT48

Kapanlagi.com - Sebagai member project pertukaran pelajar antara AKB48 dan JKT48 dari Jepang, bahasa menjadi salah satu kendala bagi Saya Kawamoto untuk berkomunikasi. Walaupun begitu, hal ini tak menghalangi Sayaya untuk meraih hati fans Indonesia, seperti saat show setlist Dewi Theater (3/10) di sesi MC. Sayaya melakukan Jikoshoukai (perkenalan) dengan mempergunakan Bahasa Indonesia.

Saat berinteraksi dengan member team T, biasanya Sayaya dibantu oleh Ayana. Namun selain itu, si cantik ini juga sering menggunakan jasa google translate untuk berkomunikasi dengan cara menujukkan layar pada teman ngobrolnya.

"Iya sih ini jadi salah satu kendala buat aku komunikasi sama anak-anak team T yang lain. Walau bagaimanapun aku juga pengen ngobrol, tapi terbatas dengan bahasa. Sebenarnya aku juga sedang belajar Bahasa Indonesia, tapi ya sedikit-sedikit. Pas MC aku juga berusaha (dengan Bahasa Indonesia), selama ini kalau komunikasi sama team T selain dibantu sama Ayana, aku juga pakai Google Translate, kita ngomong apa nih.. nah itu pakai Google Translate, anak T baik-baik," tutur Sayaya.

1 dari 3 halaman

1. Diajari Bahasa Gaul

Member team T sendiri selalu berusaha mendobrak barrier bahasa dengan cara terus mengajak Sayaya ngobrol. Tak berhenti di situ, member yang mayoritas diisi oleh generasi 5 JKT48 ini juga sering kali mengajari Sayaya bahasa gaul yang lagi hits di kalangan netizen Indonesia.

"Sebenarnya dari keseluruhannya anak-anak team T itu semua pada suka ngajak ngomong, dan aku seneng banget. Cuman yang sering ngajarin yang lucu-lucu dan seru itu Melati-chan sama Pucchi-chan. Pucchi-chan ini memang suka culture Jepang dan dia sedikit-sedikit bisa Bahasa Jepang. Kadang-kadang aku dapat hal baru dari dua anak ini," jelasnya lagi.

2 dari 3 halaman

2. Sering Diajakin Main Game dan Challenge

Sering Diajakin Main Game dan Challenge KapanLagi - Djoko Poerwanto
Demi lebih mempererat pertemanan dan chemistry, Sayaya juga sering diajak bermain game atau challenge oleh member Team T, terutama Melati. Namun sejauh ini, Sayaya mengaku belum pernah dikerjain oleh mereka.

"Belum pernah, nggak pernah sampai dikerjain, paling seperti disuruh teriak, 'Bocah kentang!'. Yang ngajarin Melati-chan. Bocah kentang artinya Poteto Kodomo, Melati-chan bilang lagi viral di sini," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

3. Tersenyum Tiap Hari di Jakarta

Tersenyum Tiap Hari di Jakarta KapanLagi - Djoko Poerwanto
Selama bersama JKT48, Sayaya mengaku mendapatkan pengalaman baru yang sangat menyenangkan. Bahkan ada hal-hal yang membuatnya bisa tersenyum setiap hari kala menjalani aktivitasnya bersama team T.

"Haik, (Jakarta) menyenangkan. Walaupun di Jakarta ini belum banyak orang yang tahu siapa aku, tapi setiap orang (fans JKT48) yang aku jumpai selalu menyapa dan tersenyum, itu yang membuatku tersenyum setiap berjumpa dengan fans," pungkas Sayaya.

(kpl/gtr)


Reporter:  

Djoko

↑