Khalid: Penyanyi Muda Hits, Populer, dan Ternyata Tak Bisa Main Alat Musik

Dhefa Mauren Roos Mary | 28 Februari 2018, 11:54 WIB
Khalid: Penyanyi Muda Hits, Populer, dan Ternyata Tak Bisa Main Alat Musik

KapanLagi.com – Buat kalian para pecinta musik, terutama musik RnB, kalian pasti tahu penyanyi yang satu ini. Khalid. Meski masih sangat muda, yakni 20 tahun, Khalid bisa dikatakan sebagai salah satu musisi muda berprestasi yang kreatif lho KLovers!

Lahir dengan nama Khalid Donnel Robinson, ia lebih dikenal dengan nama panggung Khalid. Tak banyak orang yang tahu kalau sebenarnya pelafalan nama Khalid adalah Kuh-leed, bukan Kah-leed. Dimana arti dari namanya tersebut adalah eternal alias abadi.

(credit : instagram.com/thegr8khalid)(credit : instagram.com/thegr8khalid)

Mengingat profesi sang ibu, Linda Wolfe, sebagai seorang tentara, masa kecil Khalid sering dihabiskan dengan berpindah-pindah tempat tinggal. Seperti di Kentucky, New York, dan Jerman. Jerman adalah negara yang paling lama ditinggali oleh Khalid, yakni selama 6 tahun. Linda sendiri sangat mencintai musik. Bahkan ia sempat bermimpi untuk menjadi seorang penyanyi.

Namun karena permasalahan keluarga yang menyebabkan ia harus menjaid single parent untuk membesarkan Khalid, ia mengorbankan mimpinya itu dan masuk akademi militer. Hingga pada suatu hari ia diberi kesempatan sebagai salah satu vocalist band pasukan militer Amerika Serikat.

Kecintaan sang ibu akan musik rupanya menular kepada Khalid. Ketika itu mereka pindah ke El Paso, Texas dan Khalid melanjutkan SMAnya di sana dimana ia belajar mengenal musik dan teater musikal. Di sinilah semuanya bermula. Khalid mulai menulis lirik, membuat musik, dan menguploadnya di SoundCloud. Tak disangka-sangka lagunya tersebut disukai banyak orang hingga menembus no.2 Billboard Twitter Emerging Artists Chart pada tahun 2016.

(credit : instagram.com/thegr8khalid)(credit : instagram.com/thegr8khalid)

(credit : instagram.com/thegr8khalid)(credit : instagram.com/thegr8khalid)

Januari 2016 Khalid ditunjuk untuk bernyanyi bersama Alina Baraz dalam single Electric. Dilanjutkan berkolaborasi  dengan Brasstracks dalam Whirldwind yang merupakan bagian dari lagu soundtracks YoursTruly & Adidas Scratch Series. Lagu tersebut telah diputar sebanyak 700 ribu kali di SoundCloud.  Agustus 2016 ia keluarkan debut singlenya Location yang membuat namanya mulai dikenal di seluruh penjuru dunia. Lagu ini ia buat untuk mendekati seorang gadis yang ia suka.

Sayangnya ia tak bisa mendapatkan gadis tersebut. Bahkan mereka tak pernah lagi bicara. Rasa sedihnya terhempas ketika ia mengetahui Kylie Jenner memposting Location pada Instagram dan SnapChatnya. Terlebih lagi Location membawanya masuk no.2 hit US RnB charts dan tiket tour lagu tersebut selalu sold out di 21 kota berbeda selama bulan Januari-Februari 2017. Saking terkenalnya lagu ini juga pernah diremix oleh Kehlani dan Lil Wayne.

Penyanyi yang terkenal dengan suara sengaunya yang khas ini pada 3 Maret 2017 Khalid merilis album perdananya yang bertajuk AMERICAN TEEN. Berisikan belasan lagu yang berhasil memposisikannya pada no.9 US charts. Tak butuh waktu lama, 24 Maret ia dipercaya menjadi salah satu uncredited vocals pada lagu The Heart Part 4  Kendrick Lamar. Begitu pula dalam lagu Rollin  Calvin Harris. Terus berlanjut, satu bulan kemudian ia mengeluarkan lagu kolaborasi 1-800-273-8255 bersama Logic dan Alessia Cara. Dimana lagu ini menjadi no.3 pada Billboard Hot 100. Serta kolaborasi barunya bersama Marshmello dalam lagu Silence.

(credit : instagram.com/thegr8khalid)(credit : instagram.com/thegr8khalid)

(credit : instagram.com/thegr8khalid)(credit : instagram.com/thegr8khalid)

Kesuksesan album ini  membuat Khalid memenangkan VMA Award kategori Best New Artist dan membuatnya diundang pada acara The Tonight Show Starring Jimmy Fallon (15/03/2017). Lagunya yang berjudul Angel menjadi salah satu soundtrack serial drama Grey's Anatomy episode Don't Stop Me Now yang tayang 27 April 2017.

Album American Teen Khalid ini mendapatkan sertifikat platinum dari Recording Industry Association of America (RIAA) sejak terjual sebanyak 1 juta copy di pasaran. Album ini pun masuk sebagai salah satu nominee Best Urban Contemporary Album dan Best RnB Song dalam ajang Grammy Award 2017. Di tahu yang sama Khalid turut berkontribusi menjadi salah satu musisi yang muncul dalam video clip Chari XCX  Boys.

2018 ini Khalid kembali menelurkan sebuah lagu kolaborasi. Kali ini ia berduet dengan Normani Kordei Fifth Harmony dalam lagu Love Lies yang menjadi soundtrack Love, Simon. Lagu ini dirilis bertepatan dengan hari Valentine. Lagu The Waysnya ft Swae Lee dijadikan lagu soundtrack film Marvel Black Panther.  23 Februari 2018 lagu ini  menduduki posisi ke 63 Billboard Hot 100. Meskipun memiliki napas yang tergolong pendek, Khalid tampak berhasil mengatasi kelemahannya tersebut. Bahkan napas pendeknya hampir tak terdeteksi lho di setiap lagu yang ia nyanyikan. 

Sejumlah penyanyi seperti Kendrick LamarA$AP RockyFather John MistyFrank OceanGrizzly BearChance the RapperLordeIndia Arie, dan James Blake menjadi inspirasi Khalid dalam membuat karya-karya apiknya. Memiliki sejumlah karya yang terbilang fenomenal, Khalid ternyata pernah mendapatkan komentar pedas pada akun SoundCloudnya. Di mana ada salah satu pendengar yang mengatakan bahwa ia membenci lagu Khalid tersebut.

Hal ini menjadi pendorong besar bagi karir Khalid dalam bermusik. Satu lagi yang harus kalian tahu. Khalid mengaku sama sekali tidak bisa bermain satu pun alat musik. Yang ia lakukan adalah membuat melodi terlebih dulu, lalu baru membuat lirik. Wah... enggak bisa main alat musik saja bisa sepopuler ini, apalagi kalau jago main musik ya KLovers!

Keren banget kan Khalid! Dari semua lagu yang pernah ia nyanyikan, lagu mana yang jadi favorit kalian KLovers? Kasih tahu kita ya!

(kpl/ren)