Kini Berkarir di Amerika, Peter Jonatan Siapkan Aransemen Orkestra Demi Sambut 17 Agustus dan Sumpah Pemuda

Jum'at, 16 Juli 2021 12:58 WIB
Kini Berkarir di Amerika, Peter Jonatan Siapkan Aransemen Orkestra Demi Sambut 17 Agustus dan Sumpah Pemuda
Peter Jonatan / Credit Foto: Dokumentasi Pribadi

Kapanlagi.com - Peter Jonatan adalah salah satu musisi berdarah Indonesia yang kini tengah berkarir di Amerika Serikat. Peter diketahui berprofesi seabgai seorang komposer, arranger, orkestrator, konduktor, pianis sekaligus dosen Music Theory di New England Conservatory (NEC). Meski sudah lama tinggal di Negeri Paman Sam, hal itu tak lantas membuat Peter lupa akan Indonesia.

Peter saat ini tengah bersiap menyambut 2 momen penting bangsa Indonesia, yakni Hari Kemerdekaan 17 Agustus dan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober mendatang. Demi momen bersejarah itu, Peter bakal mengaransemen beberapa lagu nasional dan daerah dengan sentuhan orkestra.

"Saya ingin lagu-lagu nasional dan daerah itu semakin megah saat dibawakan lewat aransemen orkestra. Dan momennya pas jelang 17 Agustus dan Sumpah Pemuda nanti," ujar Peter via sambungan telepon, Kamis (15/7).

Ini bukanlah kali pertama Peter menunjukkan bentuk cintanya pada Indonesia. Sebelumnya, saat mengenyam pendidikan S3 di NEC, ia sempat ikut serta dalam Konser ‘Legenda' Berklee Indonesian Ensemble di Boston yang digelar pada 2 Oktober 2019. Di konser itu, ia mengarensemen lagu Cendrawasih dari Papua Barat. Selain lagu 'Cendrawasih, ia juga pernah mengaransemen lagu Melati Suci dalam rangka HUT RI ke-73 dan lagu Rayuan Pulau Kelapa dalam rangka HUT RI ke 75 dengan aransemen orkestra.

1. Mimpi Besar Peter Jonatan

Saat ini, Jonatan sedang dalam tahap melakukan seleksi mengenai lagu apa yang akan diaransemen olehnya untuk sambut Hari Kemerdekaan 17 Agustus dan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober mendatang. Tak cuma itu saja, Ia ternyata juga punya sebuah mimpi untuk menggelar konser orkestra di negara kelahirannya ini loh.

“Lagunya masih saya pilih, dan dalam waktu dekat akan saya putuskan. Mimpi saya ke depannya ingin menggelar konser orkestra di Indonesia, konser itu isinya nanti sejumlah lagu-lagu nasional dan daerah yang sudah di aransemen dengan musik orkestra. Mimpi saya bisa gelar konser di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ)," tambah Doctor of Musical Arts in Jazz Studies (Composition) dari NEC ini.

Untuk diketahui, selain berprofesi sebagai seorang komposer, arranger, orkestrator, konduktor dan pianis yang mengkhususkan diri dalam komposisi musik jazz di AS, Peter Jonatan saat ini menjadi dosen Music Theory di New England Conservatory (NEC) setelah menyandang gelar Doctor of Musical Arts in Jazz Studies (Composition) dari NEC pada 2020 lalu. Sebelumya, gelar Master of Music in Jazz Studies (Composition) dari NEC diraihnya di 2014 dan Bachelor of Music in Jazz Composition dari Berklee College of Music pada 2011.

 

Topik Terkait