Kisah Inspiratif Seorang Fans Asal Indonesia Dinotice dan Dipuji oleh Hayley Williams

Selasa, 07 April 2020 07:22 WIB
Kisah Inspiratif Seorang Fans Asal Indonesia Dinotice dan Dipuji oleh Hayley Williams

Kapanlagi.com - Usaha tak akan mengkhianati hasil. Ungkapan itulah yang paling pas untuk menggambarkan sosok Abel Risang, seorang pemuda asal Malang, Jawa Timur. Sejak puluhan tahun lamanya Ia telah mengidolakan Hayley Williams, penyanyi dan penulis lagu asal Amerika yang juga dikenal sebagai frontman dari band rock Paramore.

Jika boleh membandingkan, rasa cinta Abel pada Hayley itu levelnya nggak kalah dari kehaluan para fans K-Pop pada para boyband atau girlband idolanya. Mungkin terdengar berlebihan, namun apapun bakal dilakukannya untuk bisa sekedar mendapat perhatian dari Hayley.

Dan pada akhirnya, setelah penantian panjang, impian Abel terwujud juga. Hari Minggu, 5 April 2020 bakal jadi salah satu hari paling bersejarah dalam hidup pria yang kini bekerja sebagai salah satu editor video di KapanLagi.com tersebut.

 

 

 

 

1 dari 6 halaman

1. 'Comeback'-nya Hayley Williams

'Comeback'-nya Hayley Williams Credit: Instagram/yelyahwilliams
Sebelum membahas mengenai 'prestasi' yang dicapai Abel, kita bahas sedikit dulu tentang Hayley agar semuanya relate.

Seperti diketahui, di tengah 'vakum'-nya Paramore, Hayley menyiapkan sebuah proyek solo. Februari lalu, wanita berusia 32 tahun itu merilis mini album (EP) bertajuk Petals For Armor I dengan 2 single hits Simmer dan Leave It Alone.

Nah Bulan April ini, Hayley bakal mengenalkan EP keduanya yang diberi judul Petals For Armor II, sebelum akhirnya merilis album debut solonya, PETALS FOR ARMOR pada 8 Mei 2020 mendatang di bawah label Atlantic Records.

Tentu saja 'comeback'-nya Hayley ini jadi sebuah kabar yang begitu membahagiakan bagi Abel, pun seluruh fans Hayley Williams di seluruh dunia. Meski secara musikalitas karya-karya solo Hayley memiliki warna yang jauh berbeda dari Paramore, namun setidaknya mereka kembali bisa menikmati suara magis dari sang vokalis kelahiran Mississippi, Amerika itu.

2 dari 6 halaman

2. Sebuah Persembahan untuk Hayley Williams

Sebuah Persembahan untuk Hayley Williams Koleksi merchandise Paramore milik Abel/ Credit: Dokumentasi Pribadi
Suatu hari, Abel mendengarkan single terbaru dari Hayley yang bertajuk Over Yet. Dalam sekali dua kali putar, rupanya telinga, otak dan hati Abel langsung click dengan single tersebut. Terlebih lagi, potongan liriknya dirasa cukup pas menggambarkan keadaan dunia yang kini tengah 'berperang' melawan pandemi Covid-19.

Berbekal kemampuannya dalam editing video, Abel pun berinisiatif untuk membuat sebuah karya persembahan pada Hayley. Ditambah lagi masa-masa lockdown membuat dirinya jadi lebih punya banyak waktu luang untuk memutar otak dan menuangkan ide-ide liar ke dalam karya videonya.

Singkat cerita, Abel membuat sebuah video motion graphic berdurasi 24 detik yang begitu artsy dan colorful. Lantunan lagu Over Yet milik Hayley menyatu dengan begitu sempurna pada visual dari video yang dibuatnya selama 2 hari itu.

"Motivasinya (bikin video) karena suka Paramore dan Hayley Williams dari awal SMA. Kebetulan sekarang Hayley punya project solo di luar Paramore. Lagunya doyan juga. Lagu yang terakhir dirilis itu judulnya Over Yet. Kebetulan lagunya memang doyan banget dan liriknya oke. Jadi ya bikin aja videonya," ungkap Abel kepada KapanLagi.com, Senin (6/4).

3 dari 6 halaman

3. Berharap Dinotice Hayley Williams

Abel lantas mengunggah karyanya itu ke akun Twitter pribadinya. Tentunya Ia juga tak lupa untuk menautkan nama Hayley di sana, dengan harapan karyanya bisa dinotice sang idola.

"Lets try! No offense, but getting notice from Hayley Williams through this video actually sucks @yelyahwilliams," tulis Abel pada caption cuitan postingannya.

Kalimat yang ditulis Abel di atas mungkin terdengar agak 'sombong', namun jangan salah sangka dulu. Ia hanya mengutip kalimat atau frase yang kini tengah ngetrend di media sosial. Konon katanya, siapa yang menuliskan frase tersebut, maka keinginannya bakal terwujud. Dan pada case ini, Abel berharap agar cuitannya dinotice oleh Hayley.

4 dari 6 halaman

4. Akhirnya Dinotice Hayley Williams

Akhirnya Dinotice Hayley Williams Credit: Twitter/yelyahwilliams
And the magic works! Karya video Abel benar-benar dinotice oleh the one and only, Hayley Williams. Tak sekedar mendapatkan like, video itu juga diretweet dan dikomentari oleh akun Twitter resmi Hayley (@yelyahwilliams) yang saat ini telah diikuti oleh 5,1 juta orang!

"It (the phrase) worked. Also, all the Petals For Armor inspired art that people have shared had been so encouraging during the weird rollercoaster days. Thankful for creative people doing their thing," tulis Hayley sambil meretweet video Abel.

Tak perlu ditanya bagaimana senangnya hati Abel ketika karyanya dinotice langsung oleh sang idola. Pria kelahiran Malang itu bahkan mengaku sampai tak bisa tidur karena kepikiran dan senang bukan kepalang. Ia sampai tak peduli ketika ponselnya tak henti-hentinya bergetar karena kebanjiran notifikasi yang berasal dari komentar, like, maupun retweet dari fans-fans Hayley lainnya.

"Ya namanya fans pasti karyanya pengen dinotice. Terus sempet viral kata-kata di Twitter 'No offence but blablabla', akhirnya iseng-iseng coba aja pake itu siapa tau dibales. Gak ada ekspektasi dibales tapi ternyata bener dinotice," sambung pria berkumis tipis itu.

5 dari 6 halaman

5. Pengalaman Gagal Nonton Paramore

Pengalaman Gagal Nonton Paramore Instagram/abelrisang
Sedikit flashback ke Februari 2018 silam. Paramore sempat mampir ke Indonesia dalam rangkaian tur konser bertajuk AFTER LAUGHTER. Tanpa pikir panjang, Abel pun langsung menggunakan uang tabungannya untuk membeli tiket VIP alias termahal agar bisa menyaksikan idolanya dari dekat. Abel juga rela merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli tiket pesawat pulang-pergi dari Malang ke Jakarta.

Nahas, sebuah insiden yang tak diinginkan terjadi ketika Abel sudah tiba di Jakarta dan bersiap untuk nonton konser band idolanya tersebut. Seperti diketahui, 4 jam sebelum konser, Paramore mengeluarkan sebuah pengumuman pedih, di mana mereka terpaksa harus menunda konser karena sang vokalis, Hayley Williams jatuh sakit.

Bak disambar petir, hati dan pikiran Abel langsung kalut. Dalam pikirannya, Ia tak peduli berapa uang yang telah dihabiskan untuk nonton konser tersebut. Yang lebih menyakitkan baginya adalah kegagalan nonton band yang telah diidolakannya sejak SMA tersebut. Padahal, itu seharusnya jadi pengalaman pertamanya.

"Jadi, Paramore itu sempat ngadakan konser di Jakarta bulan Februari 2018 kemarin. Udah beli tiket konser, transport, penginapan. Berangkat dari Malang ke Jakarta naik pesawat. Pas hari H tinggal berangkat menuju lokasi, konser tiba-tiba ditunda karena Hayley sakit. Daripada nggak dapet apa-apa, akhirnya tetep berangkat ke venue lihat keadaan di sana," kenang Abel menceritakan pengalamannya.

6 dari 6 halaman

6. Pelajaran yang Bisa Dipetik

Pelajaran yang Bisa Dipetik Paramore / Credit: KapanLagi - Mathias Purwanto
Tak lama setelah membatalkan konsernya, Paramore kembali mengeluarkan pengumuman resmi jika penampilan mereka bakal digantikan pada Bulan Agustus 2018. Meski harus rugi ongkos PP pesawat, namun Abel tetap mengukuhkan niatnya untuk berangkat lagi. Dan untuk kali ini, usahanya tak sia-sia.

"Untungnya, konser diadakan lagi bulan Agustus 2018. Rugi di ongkos transport sama penginapan tapi yaweslah daripada gak nonton," tutup Abel.

Sekali lagi selamat buat Abel Risang. Suatu saat nanti ceritakan pencapaian besarmu ini pada anak dan istrimu dengan penuh kebanggaan. You totally deserve it.

Hal ini sekaligus bisa jadi contoh buat kita semua agar tidak pernah menyerah dalam mengejar impian, tak peduli sereceh apapun impian itu. Mungkin bagi beberapa orang terdengar sepele, namun bisa dinotice oleh artis yang telah lama kita idolakan itu sungguh perasaan yang tak bisa digambarkan dengan kata-kata.

(kpl/gtr)